Alat Kesehatan Hewan dan Fungsinya

Daftar Isi

    LancangKuning Alat kesehatan hewan merupakan alat yang digunakan untuk memantau kesehatan pada hewan ternak dan juga agar memastikan hewan yang kita ternak selalu dalam kondisi terbaik. Ada 4 jenis tipe alat kesehatan hewan ini, yaitu alat klinik dan laboratorium, ruang operasi, bedah hewan, dan alat diagnostik.

    1. Klinik dan Laboratorium

    Peralatan ini digunakan untuk pemeriksaan kesehatan pada hewan dan juga sebagai alat penelitian pada hewan, seperti analisa darah dan alat untuk pemotongan jaringan hewan yang berguna dalam penelitian, berikut adalah contoh-contoh alatnya:

    1. Urine Analyzer
      Urine Analyzer adalah salah satu alat yang berfungsi untuk menganalisis, menjumlahkan analisis urin yang terdiri dari bilirubin, glukosa, protein, dan lainnya yang ada di dalam darah.
      Alat ini banyak fungsinya, bisa untuk membaca strip tes urine dan bisa menampilkan hasil dengan printer alat tersebut, sehingga sangat praktis untuk digunakan.
      Cara kerja alat ini adalah dengan cara memancarkan cahaya dan pembacaan dilakukan dengan cara elektroskop.
    2. Chemistry Analyzer
      Chemistry Analyzer adalah alat klinik yang berfungsi sebagai alat pemeriksaan dan analisa dari sampel darah yang nantinya akan berguna untuk membantu pengobatan hewan yang memiliki penyakit yang diakibatkan kelainan pada sel darahnya.
      Selain untuk analisis darah, alat ini juga memiliki banyak fungsi lainnya, seperti untuk analisis kandungan air, gas, logam, mineral dan sebagainya.
    3. Microplate Reader
      Microplate Reader atau disebut juga Plate Reader merupakan alat yang digunakan dalam pemeriksaan baik dari segi biologis, kimiawi, dan juga fisik. Alat ini juga biasa dipakai untuk alat klinik hewan, karena alat ini bisa memeriksa dengan sel atau urine atau darah yang nantinya diletakkan diatas pelat kecil yang kemudian akan dimasukkan ke plate reader ini.
    4. Spectrophotometer
      Spectrophotometer merupakan alat yang digunakan untuk mengukur spektrum cahaya pada suatu sampel. Cara penggunaannya adalah memasukkan sumber cahaya ke monokromator dan diuraikan menjadi cahaya monokromatis.
    5. X-Ray
      X-Ray atau dalam Bahasa Indonesianya sinar rontgen merupakan sebuah alat yang berupa gelombang radiasi elektromagnetik yang berguna untuk pemindaian tubuh dan menghasilkan gambar yang memperlihatkan bagian-bagian tubuh dengan warna hitam putih. Alat ini biasa digunakan untuk pemeriksaan lebih lanjut terhadap hewan atau manusia yang memiliki masalah pada tulang, seperti patah tulang, infeksi, atau juga kanker tulang.
    1. Alat Ruang Operasi

    Alat ruang operasi adalah alat yang digunakan untuk sarana melakukan tindakan operasi. Peralatannya hampir sama seperti peralatan operasi untuk manusia.

    1. Meja Operasi
      Meja operasi adalah meja khusus yang digunakan untuk tempat berbaring pasien dan juga tempat pelaksanaan tindakan operasi.
    2. Lampu Operasi
      Lampu operasi adalah alat yang berupa lampu yang berguna untuk membantu pencahayaan saat dokter bedah sedang melakukan pengamatan.
    1. Alat Bedah

    1. Surgical Kit
      Surgical kit atau alat bedah merupakan kumpulan alat-alat yang berfungsi untuk melakukan tindakan bedah (operasi), alat ini sangat penting dan harus lengkap, ada pinset yang berfungsi untuk mengambil organ atau bagian dari hewan yang sedang dibedah, pisau bedah yang berfungsi sebagai alat untuk menguliti kulit hewan yang sedang dibedah dan memotong bagian-bagian tubuh, gunting bedah yang digunakan untuk memotong bagian tubuh yang akan diamati lebih lanjut, biasanya organ-organ dalam tubuh, bisa jantung, usus, dan lainnya, paku bedah berfungsi sebagai alat untuk memakukan bagian tubuh di atas papan bedah, dan juga bisa untuk memisahkan bagian kecil dari tubuh, jarum bertangkai berfungsi dalam pengangkatan bagian tubuh yang terletak di bawah, dan juga untuk mengamati urat.
    2. Minor Set
      Minor set merupakan alat yang berfungsi untuk melakukan tindakan bedah ringan, seperti khitan, alat ini biasanya terdiri dari gunting dan jahit, dan lain-lain.
    3. Hecting set
      Hecting set merupakan peralatan yang berfungsi untuk penjahitan luka pada hewan, baik luka ringan, maupun luka setelah operasi.
    4. Alat Infus
      Alat infus ini berbentuk seperti suntik khusus yang nantinya diisi dengan cairan infus yang berfungsi untuk mengatasi dehidrasi atau kekurangan cairan pada pasien yang sedang dioperasi.
    5. Alat Bius
      Alat bius adalah alat yang berbentuk seperti suntik biasa dan diisi dengan obat bius, bius disebut juga dengan anestesi, bius ini berguna agar mematikan rasa pada bagian tubuh yang dibius dan bahkan bisa membuat pasien tidak sadarkan diri, agar pasien yang sedang dilakukan pembedahan tidak merasakan rasa sakit yang luar biasa.
    1. Alat Diagnostik

    Alat diagnostik adalah alat yang digunakan untuk diagnosa detail untuk mengetahui apa masalah yang diderita pasien/hewan.

    1. Tongue Spatel
      Alat ini berfungsi untuk melihat keadaan pada tenggorokan, cara penggunaannya dengan cara lidah ditekan dengan alat ini.
    2. Laryngeal Mirror
      Alat ini berfungsi untuk melihat kondisi tenggorokan secara lebih detail karena menggunakan kaca pembesar.
    3. Pulse Meter
      Alat ini berfungsi untuk menghitung jumlah denyut pada nadi.
    4. Termometer
      Alat ini berfungsi untuk memeriksa suhu dari tubuh dan biasanya menggunakan satuan celcius.
    5. Stethoscope
      Alat ini biasanya digunakan untuk memeriksa bunyi pada tubuh.
    6. Endoscope
      Alat ini berbentuk kamera kecil yang cara pemakaiannya dengan cara dimasukkan ke dalam rongga pasien, berfungsi untuk memeriksa secara langsung kondisi di dalam tubuh yang nanti hasilnya akan ditampilkan dalam bentuk foto.(Muhammad Khaikal Amri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Alat Kesehatan Hewan dan Fungsinya
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar