Fungsi Vertical Stabilizer Pada Pesawat

Daftar Isi

    LancangKuning  - Saat membangun pesawat terbang, perlu untuk memahami dan menggunakan berbagai teori dan akal sehat agar pesawat beroperasi secara normal.

    Berikut ini adalah hal-hal penting yang harus dipahami sebelum merancang dan membuat sebuah pesawat terbang.

    Komponen utama dari pesawat

    Terbang Fuselage Fuselage (fuselage) memiliki fungsi yang bermacam-macam. Selain menjadi titik tambahan umum untuk komponen utama lainnya, badan pesawat juga memiliki kokpit tempat pramugari menerbangkan pesawat dan menyediakan area kabin untuk penumpang atau kargo.

    Sayap

    Sayap di sebuah pesawat 677 adalah pesawat udara yang menghasilkan gaya angkat saat bergerak cepat di udara Konfigurasi sayap tergantung pada karakteristik penerbangan yang dibutuhkan. Ada banyak bentuk dan ukuran sayap.

    Secara garis besar, bentuk desain sayap dibedakan menurut posisi, struktur, spesifikasi, jumlah, perubahan tali dan kemiringan sayap, jenis sayap tergantung pada strukturnya, yaitu ada dua jenis.

    Dihedral

    Dihedral adalah sejenis sayap, ujung sayap lebih tinggi dari sayap bagian bawah. Tujuan pembuatan sayap adalah untuk meningkatkan kecepatan dan memperoleh stabilitas lateral yang baik.

    Anhedral

    Anhedral merupakan sayap pesawat yang mempunyai kedudukan ujung saying lebih rendag dibandingkan dari pangkal sayap ataupun wing.

    Interved gull

    Interved gull wing merupakan sebuah sayap pesawat yang bisa di sebut mirip dengan gull wing, cuman kedudukannya di bawahnya dan terbalik. Tujuan dalam pembuatan sayap ini untuk mendapatkan kecepatan yang cukup.

    Empennage

    Empennage disebut juga tail section, Sebagian besar pesawat dirancang terdiri dari kerucut ekor, permukaan tetap dan permukaan yang dapat digerakkan. Tail cone adalah penutup di bagian belakang badan pesawat, dan strukturnya sama dengan badan pesawat yang berbentuk kerucut. Permukaan tetap horizontal dan yang vertikal adalah stabilizer. Permukaan bergerak berarti kemudi dan lift. Tegangan yang ditimbulkan di lapangan sama dengan yang dialami sayap, seperti tekukan, puntir, dan geser.

    Pemilihan geometri Empire didasarkan pada persyaratan misi, seperti kondisi lepas landas dan pendaratan, penanganan, konfigurasi baling-baling, dan aspek estetika. Berikut ini adalah gambar beberapa jenis ekor yang biasa digunakan pada pesawat terbang.

    Fungsi stabilizer

    Fungsi utama dari stabilizer adalah untuk menjaga pesawat dalam keadaan terbang lurus dan datar. Penstabil vertikal didukung oleh sumbu vertikal untuk menjaga stabilitas pesawat untuk menjaga stabilitas arah. Stabilizer horizontal menjaga stabilitas pesawat melalui dukungan poros lateral untuk menjaga stabilitas longitudinal.

    Stabilizer

    Area dimana stabilizer digunakan untuk menstabilkan pesawat meliputi pesawat bersayap vertikal dan pesawat sayap horizontal, keduanya disebut penstabil vertikal atau penstabil horizontal Findan. Pasang di bidang penstabil vertikal

    Pada bidang kendali yang disebut kemudi dan bidang horizontal stabilizer, dipasang bidang kendali yang disebut elevator.

    Egine

    Mesin: Pesawat dapat terbang karena gaya dorong yang dihasilkan mesin memberikan kecepatan pada pesawat, dan kecepatan ini adalah kecepatan yang diterima sayap dalam bentuk sayap, sehingga pesawat dapat naik / terbang. Pilihan mesin tergantung pada ukuran pesawat. Jenis-jenis mesin pesawat adalah sebagai berikut:

    • Mesin turbojet Mesin turbojet merupakan mesin jet yang paling awal, karena kecepatannya lebih besar dari kecepatan suara, maka banyak digunakan pada jet tempur. Contoh pesawat yang menggunakan mesin turbojet adalah NorthropF-5 milik TNI AU.
    • Turbofan Turbofan merupakan produk turunan dari mesin turbojet, komposisinya sama dengan mesin turbojet, namun yang membedakan adalah mesin turbofan ditambahkan ke fandi intake udara depannya. . Keunggulan mesin ini adalah menghasilkan tenaga yang lebih efisien, karena daya dorong yang dihasilkan tidak hanya dari hasil pembakaran saja, tetapi juga dari dorongan dingin pipa bypass mesin. Dengan kata lain udara bypass adalah udara yang tidak menghasilkan udara dan udara. terbakar di ruang bakar. Pesawat yang menggunakan mesin ini adalah pesawat penumpang seperti Boeing737, AirbusA-320, dll.
    • Turboprop merupakan dari mesin turboket, yang bisa membedakan adalah didepan turboprop ini di beri popular. Kelebihan mesin ini merupakan efisiensi tenaga yang dihasilkan yang sangat tinggi dan pesawat yang menggunakan turboprop tidak memerlukan landasan -landasan Panjang untuk take-off.(Riski)

     

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Vertical Stabilizer Pada Pesawat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar