Perbedaan logam dan non logam

Daftar Isi

    LancangKuning - Dalam kimia sebuah logam merupakan  suatu material yang biasanya keras dan tidak tembus cahaya berkilau dan memiliki konduktivitas listrik dan termal yang baik dalam logam umumnya liat-yaitu dapat ditempa atau ditekan permanen sehingga berubah bentuk tanpa patah atau retak dan juga fusible dan ulet.

    Logam merupakan konduktor listrik dan panas yang sangat baik sedangkan non logam adalah konduktor listrik yang buruk dan logam fleksibel serta kuat sedangkan non logam bersifat rapuh dalam titik lebur dan titik didih logam lebih tinggi dibandingkan dengan non logam.

    Non logam merupakan unsur kimia yang bersifat elektro negatif yaitu mudah menarik electron valensi dari atom lain dari pada melepaskannya yang termasuk dalam non logam adalah halogen gas mulia dan 7 unsur yaitu hydrogen karbon nitrogen oksigen fosfor belerang dan selenium.

    Logam tidak hancur bila dipukul maka logam dapat ditempa untuk membuat berbagai perkakas barang kerajinan atau perhiasan logam dapat pula diulur menjadi kawat konduktor listrik yang baik.

    Sifat yang ada pada logam

    1. Memiliki tingkat kekuatan dan kekerasan berbeda pada tiap jenis logam umumnya memiliki tingkat kekerasan yang berbeda
    2. Dapat dengan mudah untuk ditempa
    3. Menjadi sebuah konduktor listrik yang baik
    4. Mampu menghantarkan panas
    5. Bersifat mengkilap
    6. Kerapatan relative tinggi

    Kegunaan unsur non logam dalam kehidupan sehari-hari seperti membuat arang pupuk plastic pensil untuk pengolahan air dan banyak barang lainnya.

    Contoh unsur non logam berbentuk padat di antaranya belerang (S) fosforus (P) karbon (C) silicon (SI) dan iodin (I) sementara itu unsur non logam berbentuk gas antara lain fluorin (F) helium (He) hydrogen (H) klorin (Cl) nitrogen (N) oksigen (O) dan neon (Ne).

    Kekurangan bahan logam adalah

    • Dapat berkarat atau teroksidasi dengan oksigen
    • Berat karena massa jenisnya besar
    • Mudah menghantarkan listrik sehingga dapat sehingga dapat menyebabkan sengatan listrik
    • Mudah untuk menghantarkan panas sehingga dapat membakar saat dipegang
    • Beberapa logam berat seperti timbal (pb) dan raksa (Hg) bersifat beracun.

    Logam bermanfaat bagi manusia karena penggunaanya di bidang industry pertanian dan kedokteran pada industry angkasa luar dan profesi kedokteran dibutuhkan bahan yang kuat tahan karat dan bersifat non iritasi seperti aloi titanium.

    Kegunaan logam adalah

    1. Untuk bahan bangunan rumah dan jembatan karena sifatnya sangat kuat keras dan tidak lentur
    2. Dan dapat sebagai perhiasan seperti emas dan perak karena warnanya sangat indah dan tidak bisa berkarat sehingga berharga mahal.

    Keuntungan logam adalah

    • Logam dapat ditempa sehingga dapat dibentuk menjadi berbagai benda misalnya menjadi alat masak sendok paku dan sebagainya
    • Logam bersifat kuat sehingga dapat menopang beban berat
    • Logam merupakan konduktor penghantar listrik yang baik sehingga digunakan pada kabel dan rangkaian listrik.

    Logam terbagi ke dalam logam alkali yang reaktif logam alkali tanah yang kurang reaktif lantanida dan aktinida logam transisi dan logam pasca-transisi dengan sifat fisika dan kimia paling lemah.

    Huruf H merupakan lambing unsur hydrogen sedangkan angka 1.008 melambangkan massa yang dimiliki oleh atom hydrogen karena memiliki nomor atom 1 sehingga electron valensinya juga 1maka atom hydrogen berada pada golongan satu.

    Sifat non logam adalah

    • Penghantar konduktor listrik yang buruk
    • Penghantar panas yang buruk
    • Lunak dan tidak dapat ditempa
    • Menjadi penerima electron atau oksidator dalam reaksi kimia
    • Tidak mengkilap

    Dasarnya logam sangat mudah untuk ditempa sehingga dapat dibentuk menjadi berbagai bahan untuk jenisnya antara lain yaitu aluminium (Al), besi (Fe), emas (Au), barium(Ba), kalsium (Ca), kalium (K), kromium (Cr), nikel (N), natrium (Na), mangan (Mn) dan magnesium (Mg). (Aini)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan logam dan non logam
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar