Pengertian Penginderaan Jauh

Daftar Isi

    LancangKuning - Pengindera an jauh (disebut indera) adalah pengukuran atau perolehan data dari objek atau fenomena melalui perangkat yang tidak melakukan kontak fisik dengan objek atau menjaga jarak tertentu dari objek, seperti pesawat, pesawat ruang angkasa, satelit, dan kapal [1 ].

    Contoh pengindera an jauh termasuk satelit observasi Bumi, satelit meteorologi, pemantauan ultrasonografi janin, dan probe ruang angkasa yang memantau planet di orbit. Inde raja berasal dari bahasa Inggris pengindera an jauh, tele detection Prancis, Fernerkundung Jerman, sensoriamento remota Portugis, remote control persepsi Spanyol, dan jarak Rusia [2].

    Di zaman modern, istilah "pengindera an jauh" mengacu pada teknologi yang melibatkan instrumen pada pesawat atau pesawat ruang angkasa, yang dibedakan dari pengindera an lain seperti pengindera an medis atau fotogrametri. Padahal segala sesuatu yang berhubungan dengan astronomi sebenarnya adalah aplikasi pengindera an jauh Masyarakat Fotogrametri Amerika

    Pengindera an jauh adalah mengukur atau memperoleh informasi dari beberapa atribut objek atau fenomena dengan menggunakan alat perekam yang tidak bersentuhan secara fisik dengan objek atau fenomena yang diteliti.

    Avery

    Pengindera an jauh adalah suatu pekerjaan yang menggunakan sensor untuk memperoleh, menampilkan (mengenali), dan menganalisis objek pada posisi pengamatan suatu daerah penelitian.

    Campbell

    Pengindera an jauh adalah ilmu yang memperoleh informasi tentang permukaan bumi, seperti tanah dan air, dari gambar yang diperoleh dari kejauhan.

    Cowell

    Pengindera an jauh adalah pengukuran atau pengumpulan data benda-benda di permukaan bumi dari satelit atau instrumen lain yang berada di atas atau jauh dari benda yang diukur.

    Coran

    Pengindera an jauh adalah penggunaan sensor radiasi elektromagnetik untuk merekam gambar lingkungan bumi yang dapat di interpretasi kan untuk menghasilkan informasi yang berguna.

    Lille Sound dan Kiefer

    Pengindera an jauh Ilmu dan teknologi memperoleh informasi tentang objek, area, atau gejala dengan menganalisis data yang menggunakan alat tanpa bersentuhan langsung dengan objek, area, atau fenomena yang diteliti. Lindgren Pengindera an jauh adalah berbagai teknologi yang dikembangkan untuk memperoleh dan menganalisis informasi tentang bumi. Wilson dan Buffon Teknologi pengindera an jauh merupakan suatu ilmu, seni dan teknologi yang dapat memperoleh objek, area dan gejala melalui penggunaan alat tanpa kontak langsung dengan objek, area dan gejala tersebut.

    Suasana Lapisan udara tersusun dari berbagai jenis gas, seperti O2, CO2, nitrogen, hidrogen, dan helium. Molekul gas yang ada di atmosfer dapat menyerap, memantulkan, dan melewatkan radiasi elektromagnetik. Dalam arti tertentu, jendela ke atmosfer adalah bagian dari spektrum elektromagnetik yang dapat mencapai bumi. Kondisi di atmosfer dapat menjadi penghalang energi mencapai permukaan bumi. Kondisi cuaca mendung mencegah sumber listrik mencapai permukaan bumi.

    Dispersi bisa terjadi di atmosfer. Ada tiga jenis hamburan yaitu hamburan Rayleigh, hamburan Mie dan hamburan non selektif. Ketika diameter partikel atmosfer lebih kecil dari panjang gelombang, hamburan Rayleigh terjadi. Ketika diameter partikel atmosfer sama dengan panjang gelombang, hamburan Mie terjadi. Ketika diameter partikel atmosfer lebih besar dari panjang gelombang, terjadi hamburan non-selektif

    Pengumpulan data Akuisisi data adalah metode memperoleh atau mengekstraksi data dari suatu gambar. Pengumpulan data dapat dilakukan secara manual yaitu melalui interpretasi visual. Foto udara biasanya di interpretasi kan dengan cara ini. Anda juga dapat menggunakan komputer untuk memperoleh data secara digital atau digital. Hasil pengindera an jauh elektronik dapat di interpretasi kan secara manual atau digital.

    Pengertian pengindera an jauh menurut para ahli memiliki perbedaan satu sama lain: 1. Lilesand dan Keifer (1990), mendefinisikan pengindera an jauh adalah ilmu dan seni untuk memperoleh informasi tentang suatu objek, daerah atau fenomena melalui analisis data yang diperoleh dengan suatu alat tanpa kontak langsung

     Asosiasi

    Keterkaitan antara objek yang satu dengan yang lain

    Berguna sebagai petunjuk bagi adanya objek lain. (Danil)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Penginderaan Jauh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar