Keselamatan Kerja Pertambangan

Daftar Isi

    LancangKuning - Maksud dari sebuah pekerjaan pertambangan adalah setiap tempat pengawakan untuk keperluan atau terkait dengan penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, operasi produksi, pengolahan / pemurnian, dan pengangkutan mineral Kelas A, B, C, termasuk di suatu wilayah atau tempat terpisah. Atau di area proyek, fasilitas pendukung dan fasilitas bawah tanah / akuatik yang tercantum di atas. Yang disebut kecelakaan pertambangan adalah:

    1. Kecelakaan itu memang terjadi
    2. Cedera pada personel pertambangan atau mereka yang diizinkan untuk menambang di puncak 
    3. Karena aktivitas penambangan 
    4. Selama waktu penambangan
    5.  Di area pertambangan

    Klasifikasi kecelakaan pertambangan

    1. Luka ringan (luka ringan) Korban tidak dapat melakukan tugas awal selama lebih dari 1 hari dan kurang dari 3 minggu.
    2. Cedera serius (kecelakaan besar) Korban tidak dapat melakukan tugas awal selama lebih dari 3 minggu.

    Berdasarkan luka yang dialami korban yaitu:

    1. Pecahnya tengkorak, tulang pinggul, lengan bawah / lengan atas, paha / tungkai
    2. Hipoksia selama perdarahan internal atau pingsan
    3. Luka serius, luka
    4. Sendi yang kendor

    96% perilaku berbahaya karyawan berasal dari:

    1. Alat pelindung diri (12%)
    2. Posisi kerja (30%)
    3. Perilaku seseorang (14%)
    4. Alat (perlengkapan) (20%)
    5. Alat berat (8%)
    6. Prosedur kerja (11%)
    7. Perintah kerja (1%)

    Tips Menjaga Keselamatan Kerja Tambang

    1. Hindari Kecerobohan Dan Selalu Waspada

    Tentu saja, bekerja di tempat yang risiko kecelakaannya tinggi membutuhkan tingkat keakuratan dan kehati-hatian yang tinggi. Cobalah untuk menghindari perilaku ceroboh yang dapat membahayakan hidup Anda sendiri dan orang-orang di sekitar Anda. Introspeksi selalu lebih peka terhadap kondisi lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, ketika terjadi sesuatu, tubuh siap untuk bertindak.

    1. Rencanakan Dengan Matang Tugas-tugas Beresiko Tinggi Dan Selalu Jaga Komunikasi

    Mencapai tujuan dan hasil yang maksimal dengan bekerja seefisien mungkin memang menjadi tujuan utama. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan sumber daya dukungan lainnya. Misalnya menambah waktu dan biaya agar pekerja lebih tenang dalam bekerja.

    Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan semua risiko yang terjadi sebelumnya dan memberikan instruksi yang jelas kepada pekerja tambang. Menjalin komunikasi yang erat dapat mencegah risiko serius dalam proses penambangan.

    1. Kasih Pelatihan Profesional Untuk Menunjang Kerja Karyawan

    Untuk menghindari risiko kecelakaan industri dan menjaga keselamatan setiap pekerja tambang, Anda dapat memberikan pelatihan profesional reguler untuk memahami aturan dan metode keselamatan kerja guna menghindari cedera saat masalah muncul. Training tidak hanya untuk karyawan baru, tapi juga untuk anggota tim mining lama yang mungkin terlupa karena terlambat bekerja.

    1. Perintahkan Untuk Menggunakan Pakaian Keamanan Kerja

    Jika pekerja tambang mengabaikan dirinya sendiri tanpa menggunakan peralatan yang disediakan, keselamatan di tempat kerja tidak akan tercapai. Untuk alasan ini, selalu instruksikan anggota tim untuk mengenakan pakaian keselamatan untuk menghindari kecelakaan.

    1. Berikan Pengintaian Tim Yang Intens

    Meski tim tersebut sudah lama bekerja di area pertambangan, mereka masih bisa merugikan banyak orang karena kelalaiannya. Untuk melakukan ini, berikan pengawasan ketat dan selalu pantau cara kerja anggota tim. Hal ini untuk mencegah terjadinya hal-hal buruk di kemudian hari.

    Misalnya, sebagian pekerja tidak fokus pada pekerjaan. Jika tidak ada supervisor, pekerja akan terus mempertahankan kondisi ini hingga pada akhirnya dapat menyebabkan kecelakaan kerja yang merugikan anggota tim lainnya. Pada saat yang sama, jika ada supervisor, supervisor dapat bertindak lebih cepat dengan mengutuk pekerja dan memberikan instruksi bagaimana melakukannya. Dengan cara ini, risiko kecelakaan bisa dihindari.

    1. Ikuti Peraturan Keselamatan Yang Baru

    Selalu perbarui, ini kuncinya. Aturan standar keselamatan pasti akan terus berkembang dari waktu ke waktu untuk beradaptasi dengan apa yang sudah terjadi atau mungkin terjadi di masa depan. Untuk itu pastikan selalu update standar keselamatan anggota tim mining.(Gilang)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keselamatan Kerja Pertambangan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar