Fungsi Manajemen Dalam Organisasi

Daftar Isi

    LancangKuning - Dalam panduan ini, kita akan membahas tentang fungsi manajemen, pertama dengan melihat definisi manajemen dan kemudian beralih ke teori-teori populer tentang fungsi-fungsi manajemen. Anda juga akan dapat membaca tentang lima fungsi-fungsi inti - perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian - dan mengapa itu penting dan bagaimana Anda dapat mencapainya dengan manajemen Anda. Untuk itu Simaklah berikut ini sampai akhir agar tidak salah paham!

    Pengertian Manajemen.

    Manajemen merupakan suatu proses dimana seseorang dapat mengatur segala sesuatu yang dikerjakan oleh individu atau kelompok. Dalam manajemen terdapat seseorang yang bertugas untuk melaksanakan manajemen tersebut, seperti tugas mengatur, meng-organisir, dan mengendalikan suatu organisasi atau perusahaan, dan seseorang itu disebut sebagai manager.

    Fungsi Manajemen.

    Secara umum, terdapat 4 fungsi manajemen yaitu, perencanaan (planning), peng-organisasian (organizing), pengarahan (directing) dan pengendalian (controling). Untuk lebih detailnya, berikut kami akan menjelaskan semuanya:

    1. Planning.

    Fungsi manajemen yang pertama adalah perencanaan. Pada langkah ini, manajemen akan membuat rencana tindakan terperinci yang ditujukan untuk beberapa tujuan organisasi. Contohnya, Melissa, manajer pemasaran, memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan selama bulan Februari. Melissa harus meluangkan waktu terlebih dahulu untuk memetakan langkah-langkah yang diperlukan yang harus dia dan tim perwakilan penjualannya lakukan agar mereka dapat meningkatkan jumlah penjualan.

    Langkah-langkah ini mungkin mencakup hal-hal seperti meningkatkan iklan di wilayah tertentu, menempatkan beberapa item untuk dijual, meningkatkan jumlah kontak perwakilan pelanggan-ke-penjualan yang diperlukan, atau menghubungi pelanggan sebelumnya untuk mengetahui apakah mereka tertarik untuk membeli produk tambahan. Langkah-langkah tersebut kemudian disusun menjadi pola logis sehingga Melissa dan timnya dapat mengikutinya.

    Perencanaan adalah langkah berkelanjutan, dan dapat sangat terspesialisasi berdasarkan tujuan organisasi, tujuan divisi, tujuan departemen, dan tujuan tim. Terserah manajemen untuk mengenali tujuan mana yang perlu direncanakan dalam area individualnya.

    1. Organizing.

    Fungsi peng-organisasian atau organizing merupakan fungsi manajemen dalam hal pembagian tugas dan kegiatan besar menjadi kecil untuk dibagikan kepada para anggota sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing. Dalam artian manajemen bertugas untuk mengelompokkan orang, tugas, tanggung jawab, dan wewenang sesuai keahlian mereka sehingga tujuan organisasi di perusahaan tersebut dapat tercapai sendiri secara bersama-sama.

    Tanpa pengorganisasian, sumber daya belum tentu berfungsi untuk mencapai tujuan operasional. Meskipun Anda mungkin memiliki tim yang masih melakukan tugas, tugas tersebut mungkin bukan tugas yang tepat untuk situasi tersebut. Anggaplah Anda adalah manajer tim di kafe. Saat Anda mengatur tim untuk melakukan tugas yang diperlukan untuk meningkatkan penjualan kopi, Anda memiliki setiap orang yang bekerja menuju tujuan. Jerry mungkin menyapa pelanggan dan memberi tahu mereka tentang rasa kopi baru, sementara Dina dan Jack berupaya membuat penjualan dan kopi secepat mungkin.

    1. Pengarahan.

    Fungsi keempat dikenal sebagai pengarahan, terkadang juga disebut sebagai fungsi mempengaruhi atau memimpin manajemen. Mengarahkan adalah tentang pelaksanaan metode untuk bekerja secara efisien untuk mencapai tujuan organisasi yang ditetapkan. Fungsi ini melampaui pengorganisasian karyawan untuk peran khusus mereka dan melibatkan memastikan mereka dapat melakukan tugas melalui berbagai cara. Mengarahkan pada dasarnya adalah menjaga produktivitas dan memastikan produktivitas naik, bukan menurun.

    Fungsi ini menggali lebih dalam interaksi manusia, membuat manajer memotivasi, mengkomunikasikan, dan menginspirasi personelnya. Pada tahap ini, Anda bertemu dan terhubung dengan karyawan Anda untuk mengetahui bagaimana tugas-tugas Anda. Anda akan berbicara dengan mereka tentang program pemasaran baru, mendapatkan umpan balik mereka tentang proyek dan menghabiskan waktu untuk menginspirasi mereka dengan ide-ide baru. Fungsi pengarahan adalah tentang interaksi sehari-hari antara manajemen dan staf.

    1.  Pengendalian.

    Fungsi terakhir dari manajemen adalah fungsi pengendalian. Fungsi tersebut memastikan empat fungsi lainnya diikuti dengan benar dan aliran kerja menggerakkan organisasi menuju tujuan yang telah ditetapkannya sendiri. Seperti yang dikatakan Theo Haimann, mengendalikan adalah Dalam contoh kami yang memiliki tujuan untuk meningkatkan penjualan di bulan tertentu, pengendalian akan menjadi fungsi yang mengukur apakah penjualan meningkat dan membantu memperbaiki situasi jika target yang ditentukan tidak semakin dekat.

    Sebagai seorang manajer, Anda akan memeriksa proses yang Anda tetapkan dan mencatat apakah proses tersebut meningkatkan catatan penjualan Anda. Efektivitas kampanye pemasaran akan dievaluasi dan diukur. Jika Anda merasa pengurangan harga tidak efisien selama proses tersebut, Anda dapat mempertimbangkan untuk menukar produk yang sedang diobral, mengurangi pengurangan, atau membatalkan kampanye diskon sama sekali karena tidak efisien.(Sukri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Manajemen Dalam Organisasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar