Segmentasi Pemasaran

Daftar Isi

    LancangKuning - Segmentasi pasar merupakan sebuah bentuk dari pembagian kelompok pembeli/konsumen yang mempunyai kebutuhan, perilaku dan karakteristik yang berbeda-beda (heterogen) dalam pasar khusus sehingga nantinya sebagai satuan pasar yang homogeny serta dijadikan sasaran pasar menggunakan strategi marketing mixnya tersendiri. Segmentasi pasar yang dilakukan oleh perusahaan ini sangat berperan penting dalam usaha meningkatkan pemasaran produk secara terarah. Selain itu, sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien.

    Pengertian Segmentasi Pasar Menurut Para Ahli

    1. Pride & Ferrel (1995)
      Segmentasi pasar juga sebagai satu sistem pembagian pasar menyeluruh dan menjadi kelompok–kelompok pasar yang terdiri dari orang-orang yang relatif memiliki kepentingan product yang sama.
    2. Swasta dan Handoko
      Berdasarkan pendapat darinya kalau segmentasi pasar ialah kegiatan membagi-bagi pasar yang mempunyai sifat heterogen menuju dalam satuan pasar yang bersifat homogeny.
    3. Kolter, Bowen Serta Makens (2002, p. 254)
      Pasar ini terdiri dari konsumen yang berbeda-beda dan beragam hal yang dapat di beli.
    4. Philip Kolter & Gary Amstrong
      Berdasarkan pendapatnya pengertian segmentasi pasar ialah pembagian dari sebuah pasar sehingga menjadi sejumlah kelompok pembeli yang berbeda beda. Tujuan dari pengelompokan pasar ini untuk membagi pasar berbeda tersebut dan menjadi sekelompok pasar homogeny dimana setiap kelompok ini dapat ditargetkan untuk memasarkan sebuah produk sesuai keperluan, keinginan dan karakteristik pembeli yang terdapat di pasar.
    5. Saladin (2012: 83)
      Saladin memberikan pengertian pasar ini berdasarkan konsumen yang potensial. Oleh itu, segmentasi pasar ini merupakan suatu proses pengelompokan pasar ke dalam kelompok pembeli yang potensial dengan kebutuhan yang sama atau karakteristik yang disukai serta memperlihatkan hubungan yang sama pula.

    Tujuan Segmentasi Pasar

    Berikut ini ada beberapa tujuan segmentasi pasar, yaitu:

    1. Memudahkan dalam membedakan pasar karena mengelompokkan konsumen dengan sifat homogenya hal ini akan mempermudah perusahaan untuk memahami kebutuhan dan juga minat konsumen, sehingga pasar lebih mudah untuk membedakan dengan pasar lainnya.
    2. Pelayanan konsumen yang lebih baik hal ini harus diperhatikan konsumen dalam memenuhi kebutuhannya ialah kualitas, harga, pelayanan serta ketepatan waktu. Dengan pelayanan yang baik menjadi hal krusial yang sangat penting bagi konsumen. Dilakukan segmen ini untuk memudahkan perusahaan dalam memenuhi kebutuhan konsumen.
    3. Strategi pemasaran lebih mengarah ke homogeny ini menjadi lebih mengarah, termasuk pula dalam menyusun bauran pemasaran yang mencakup berikut produk/ barang, harga distribusi dan juga promosi. Dengan terdapatnya pengelompokan pasar ini, perusahaan dapat lebih mudah dalam mengarahkan dana serta usahanya menuju yang potensial serta menguntungkan.
    4. Mengenal competitor menggunakan segmen yang sama sesudah kalian memahami pembeli yang ada di suatu segmen pasar, pastinya perusahaan pun akan bisa mengetahui siapa saja yang menjadi competitor pada segmen yang sama juga kegiatan pasar saja yang sudah dilakukan competitor tersebut. Oleh itu, perusahaan bisa mempelajari dan juga meniru strategi pemasaran dari competitor ini sehingga bisa merebut perhatian para konsumen.
    5. Evaluasi target sesudah kalian memahami pasar serta karakteristiknya, maka hal ini akan memudahkan perusahaan dalam mengevaluasi aktivitas pemasaran yang sudah pernah dilakukan saat sebelumnya. Dari sinilah maka perusahaan dapat mengetahui apakah strategi pemasaran ini sudah sesuai dengan ciri pasar tersebut sehingga dapat dijadikan sebagai acuan dalam membuat sebuah perencanaan bisnis berikutnya.

    Segmentasi pasar dijalankan bukan tidak ada alasan. Ada beberapa manfaat yang ingin dicapai atau diperoleh pada perusahaan, antara lain :

    • Perusahaan bisa terbantu dalam hal pengaturan produk sehingga dapat menjadi lebih baik
    • Perusahaan mengetahui serta bisa membandingkan peluang pasar baru
    • Perusahaan dapat menyusun dan juga memakai budget yang sudah ada dengan efektif dan efisien
    • Perusahaan bisa terbantu dalam hal menciptakan sebuah daya tarik di bidang pemasaran
    • Perusahaan bisa berada di situasi yang bahkan lebih menguntungkan.

    Manfaat Segmentasi Pasar

    Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh perusahaan karena adanya segmentasi pasar tersebut yaitu:

    1. Memungkinkan sebuah perusahaan untuk memperoleh dan menerapkan pemasaran dengan secara lebih jelas dan terarah.
    2. Memberikan potensi yang lebih untung kepada pihak perusahaan di pasar.
    3. Membantu perusahaan dalam mengatur produk yang diolah sehingga dapat menjadi lebih baik.
    4. Membantu pihak perusahaan untuk mengetahui dan membandingkan peluang pasar yang baru.
    5. Membantu menyusun dan menggunakan biaya yang ada dengan lebih efektif serta efesien.
    6. Membantu perusahaan dalam menciptakan daya tarik pada bidang pemasaran.(Yafi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Segmentasi Pemasaran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar