Elemen Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif

Daftar Isi

    LancangKuning Multimedia merupakan suatu kombinasi dari sebuah teks, foto, seni grafis, suara, animasi dan elemen-elemen dari video yang dapat dimanipulasikan secara digital atau dapat juga dilakukan dengan komponen lainnya. Dari penjelasan tersebut dapat saja didefinisikan bahwa suatu multimedia interaktif dari penggabungan antara teks, foto, seni grafis, suara, animasi dan video serta dapat juga untuk memungkinkan seorang pengguna dalam berinteraksi dan berkomunikasi dengan produk multimedia dengan cara mendekatkan diri dalam pekerjaan yang bersangkutan dengan multimedia.

    Di dalam elemen multimedia ini sudah ada bagian proses input dan output yang tercantum pada produk multimedia interaktif tersebut kedalam bagian yang harus di pahami sebelum anda menjalankannya. Dan suatu proyek multimedia ini juga disebut dengan peranti atau perangkat lunak yang bersifat informasi, pengetahuan, dan hasil untuk di tampilkan di layar komputer yang anda gunakan untuk mengakses elemen-elemen apapun. Sebagian proyek juga dapat untuk dipromosikan atau dijual kepada konsumen dan penggunaan akhir dalam multimedia tersebut.

    Konsep Dasar Multimedia Interaktif

    Produk multimedia yang berdasarkan karakteristiknya terbagi menjadi dua kategori yaitu multimedia linier dan multimedia non linier untuk dapat dipilih di antara keduanya. Multimedia linier merupakan produk multimedia yang telah dimulai dari awal hingga sampai akhir dengan sedikit interaksi atau juga tanpa interaksi dengan pengguna. Contohnya adalah televisi, film ,majalah, koran, sedangkan multimedia non linier merupakan adanya kontrol dengan pengguna dari definisi yang telah dijelaskan sebelumnya, maka kunci utama dari multimedia interaktif akan diurus oleh pengguna yang dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan sistem secara baik untuk lebih baik ke depannya.

    Ada beberapa level interaktivitas agar dapat mempelajari multimedia di dalam komputer

    1. Umpan balik yang merupakan tingkat interaktif yang paling rendah di dalam komputer.
    2. Manipulasi atau dapat meliputi suatu perubahan secara real time atau transformasi informasi sebagai tanggapan atas suatu tindakan seorang pengguna.
    3. Adaptasi juga meliputi suatu tanggapan yang telah disesuaikan dengan kebiasaan pengguna komputer sebelumnya.
    4. Komunikasi yang telah diwujudkan dengan suatu lingkungan dalam pembelajaran online yang bersifat dinamis dan fleksibel.

    Model Multimedia Interaktif

    1. Model drill and practice

    Model yang merupakan suatu model yang tidak dapat memuat sebuah materi tetapi juga bisa langsung praktik sesuai dengan materi yang diperoleh oleh pengguna baru.

    1. Model simulasi

    Merupakan suatu model yang telah di sesuaikan dengan kenyataan yang sebenarnya dan telah dihadapi oleh pengguna dengan bertujuan untuk dapat memperoleh suatu pengertian global tentang proses.

    1. Model instructional games

    Model ini merupakan suatu model yang telah berisikan tentang tata cara dalam menjalakan prosedur dan menjalankan sebuah proyek media interaktif.

    1. Model hybrid

    Model ini merupakan gabungan dari dua atau lebih dari sebuah model dalam multimedia interaktif dengan adanya konsep yang akan dikerjakan dalam multimedia ini.

    1. Model socratic

    Yaitu merupakan suatu model yang berisi tentang percakapan atau dialog antara   pengguna dengan komputer dalam natural language untuk dapat digunakan dalam bentuk komponen.

    1. Model inquiry

    Model ini juga merupakan suatu sistem sebagai penempatan suatu data dan dapat juga untuk dikonsultasikan dengan seorang pengguna.

    1. Model informational

    Yang dapat untuk menyajikan suatu informasi kedalam sebuah bentuk data daftar atau tabel untuk dijalankan dengan efektif dan efisien.

    Keuntungan Multimedia

    • Dapat mengatasi berbagai gaya belajar.

    • Belajar dengan sistem visual.

    • Belajar secara auditori.

    • Kinestetik peserta didik.

    • Bahan lebih menarik dan menyenangkan.

    • Banyak ide-ide yang lebih mudah untuk disampaikan.

    Kekurangan Multimedia

    • Waktu dan biaya pengembangan.

    • Kompatibilitas dan waktu download untuk multimedia berbasis web.(Syaidah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Elemen Multimedia Interaktif Berbasis Halaman Web dan Media Interaktif
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar