Package Dalam Aplikasi

Daftar Isi

    LancangKuning - Package merupakan sarana atau cara untuk pengelompokan dan pengorganisasian kelas-kelas dan interface yang akan di sekelompok menjadi suatu unit tunggal di dalam sebuah library. Package juga mempengaruhi suatu mekanisme dari hak akses ke kelas-kelas di dalamnya.

    Package dan interface dalam sebuah program bahasa java.

    1. Paket

    Package atau paket merupakan koleksi dari beberapa class dan interface yang berhubungan dan menyediakan proteksi dari akses dan pengelolaan nama space. Satu paket adalah satu dari subfolder di file system. Package sangat berguna untuk mengorganisir sebuah file dalam suatu paket atau library.

    1. Interface

    Interface merupakan kumpulan nama method tanpa implementasi actual atau blue print yang maksudnya interface adalah sebuah rancangan dasar untuk sebuah class. Interface akan digunakan ketika kita ingin menentukan apa yang harus dilakukan oleh suatu class akan tetapi kita tidak dapat menentukan bagaimana cara kita akan melakukannya. Interface ini mirip dengan sebuah class tetapi ini memiliki deklarasi method yang berbeda dengan menggunakan method lain tanpa implementasi.

    Package dalam bahasa java

    Package merupakan koleksi dari beberapa class dan interface yang berhubungan dengan java dan menyediakan suatu proteksi akses dan pengelolaan namespace

    Ketentuan

    • 1 package merupakan 1 subfolder di dalam file system
    • Package sangat berguna untuk mengorganisir sebuah file dalam sebuah project atau library
    • Nama package menggunakan lowercase
    • Keyword package name.

    Contoh

    • Menyimpan sebuah program, contohya kita mempunyai 3 buah class menu makanan dimana yang pertama adalah pagi untuk menupagi, yang kedua akan ada class siang untuk menu siang dan yang ketiga ialah class sore untuk menu sore. Yang perlu kita perhatikan pada saat deklarasi package bahwa class tersebut harus disampaikan pada saat direktori yang sama dengan nama package-nya.

    Import class

    Suatu class dapat meng-import class lainnya yang sesuai dengan nama package menupagi dengan deklarasikan kata kunci import.

    Jika kita ingin meng-import semua class yang ada pada package menupagi, maka kita dapat mendeklarasikannya dengan menuliskan tanda import pada menupagi. Pada saat kita ingin meng-import suatu class dalam package pastikan letak package tersebut satu dektori dengan class yang akan meng-import.

    Dalam contoh gambar 1 yang terlihat bahwa program restoran beraksi. Java berada satu diktori dengan folder paket-paket dari yaitu folder projek restoran. Jika letak suatu package tersebut tidak satu direktori dengan suatu class yang ingin kita meng-import maka letak pada direktori package itu haruslah terdaftar dalam suatu classpath.

    Memahami package pada java dan bagaimana cara menggunakannya

    Package digunakan pada java sebenarnya aplikasi ini untuk memudahkan mengorganisir file dari class. Package ini merupakan mekanisme dari encapsulation suatu kelompok ataupun grup yang terdiri dari class-class atau packages dan juga interfaces.

    Ia akan memberi kemudahan karena banyak penerapan dari suatu program java yang akan menggunakan suatu konsep hirarki untuk mengatur semua file-file yang ada dari class dan source. Package akan memfasilitasi suatu pengguna untuk kembali ke aplikasi software dengan sebuah pernyataan dari import package lainnya, inilah lebih baik jika dibandingkan, anda harus menyalin class-class tersebut ke dalamnya setiap program yang akan digunakannya.

    Keuntungan dari package adalah anda bisa menghindari sebuah konflik untuk penamaan suatu class karena package dapat memberikan penamaan yang sangat unik.

    Bagaimana cara memberikan nama pada sebuah package

    Pemberian nama package biasanya tergantung untuk apa anda menggunakan class yang ada di dalamnya. Mungkin saja sebuah package itu memiliki nama seperti nama anda sendiri atau berdasarkan bagian dari sistem pada java seperti graphics atau interface.(Lisdayani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Package Dalam Aplikasi
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar