Lebih Bagus Administrasi Bisnis Atau Administrasi Negara

Daftar Isi

    LancangKuning Administrasi berasal dari Bahasa inggris yaitu kata dari administration yang diartikan sebagai untuk manage ataupun mengelola dan direct yang artinya menggerakkan. Administrasi dalam arti sempit adalah penyusunan serta pencatatan data dan informasi secara sistematis yang dimaksud untuk menyediakan keterangan dan memudahkan memperolehnya Kembali dengan cara keseluruhan serta di dalam hubungannya satu sama lain.

    Pengertian administrasi secara sempit bisa juga disebut dengan tata usaha. Administrasi dalam arti yang luas yaitu administrasi merupakan proses keseluruhan pelaksanaan kegiatan yang dilakukan dua dengan cara dua orang atau lebih yang terlibat dalam sebuah bentuk kerja sama demi tercapai tujuan Bersama yang telah sudah ditentukan sebelumnya.

    Ilmu administrasi merupakan cabang kesatuan ataupun disiplin ilmu social secara khas dalam mempelajari administrasi sebagai salah satu fenomena masyarakat modern. Administrasi berguna sebagai ilmu yang membahas tentang usaha-usaha manusia dalam meningkatkan efesien serta efektifitas kerja dalam suatu kelompok, untuk mencari metode serta alat kerja yang tepat, pembinaan dengan pengaturan tenaga manusia sebagai unsur pelaksanaan.

    Ada Beberapa fungsi administrasi yaitu:

    1. Planning ataupun perencanaan merupakan proses kegiatan yang menentukan terlebih dahulu dengan apa yang ingin di lakukan.
    2. Organizing ataupun pengorganisasian merupakan suatu proses kegiatan yang menentukan orang-orang untuk menempati jabatan pada organisasi sesuai dengan bakat dan kemampuannya.
    3. Actuating bisa juga disebut dengan pergerakan merupakan proses kegiatan yang memberikan motivasi kepada pegawai agar mau bekerja sama dalam rangka pencapaian tujuan organisasi, melibatkan pembimbingan serta supervisi terhadap usaha-usaha bawahan dalam rangka sasaran organisasi.
    4. Controling  bisa disebut juga dengan pengawasan, pengawasan merupakan penerapan cara atau penilaian pelaksanaan kegiatan sudah sesuai dengan apa yang direncanakan.

    Administrasi negara dalam penerapan ilmu administrasi

    Administrasi negara bukan hanya bersangkutan dengan aktivitas Lembaga eksekutif saja pada sistem penyelenggaraan pemerintah negara, bahkan mencangkup aktivitas seluruh Lembaga negara dalam mencapai tujuan negara.

    Sistem administrasi negara Kesatuan Republik Indonesia atau SANKRI merupakan administrasi negara sebagai sistem yang dipraktekan agar mendukung penyelenggaraan NKRI agar upaya bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita serta tujuan bernegara bisa terlaksanakan secara berdaya guna dan berhasil guna. Sebagai salah satu negara yang ada di dunia mestinya Indonesia juga bagian dari sistem pelaksanaan administrasi global, yang selalu berkembang sesuai dengan perkembangan kontradisi serta saling berhubungan dengan sesama manusia di dunia.

    Pengaruh budaya lama (budaya feodal)

    Dalam memproses sistem administrasi, maka tidak dapat dengan kuat langsung diterapkan di suatu negara ataupun daerah, sebab pasti budaya setempat sangat mempengaruhi dengan kuat ketika akan dipraktekkan. Layanan Publik Baru ataupun tata kelola yang baik sulit untuk di terapkan di Indonesia, sebab budaya masyarakat Indonesia yang biasa melayani kepentingan penguasa, maka aparatur yang seharusnya melayani warga masyarakat, malah sebaliknya agar untuk minta dilayani serta masyarakat pun dengan senang hati melayani kepentingan atau kemauan penguasa dalam hal pengurusan permasalahan administrasi pemerintahan.

    Kurang Efektif dan Efisien

    Tujuan dari administrasi yaitu untuk menggunakan sumber daya manusia maupun sumber daya lainnya secara efektif dan efisien. Dalam melakukan pelaksanaan administrasi negara hal tersebut masih jauh dari tujuan administrasi yang sebenarnya.

    Administrasi Bisnis Dalam Penerapan Ilmu Administrasi

    Dalam Bisnis didefinisikan sebagai usaha yang diproses secara individu atau organisasi dengan teratur serta kontinue untuk memproduksi barang atau jasa sesuai dengan keinginan pelanggan dan memberikan kepuasan serta keuntungan pada pihak yang berkepentingan.
    Dilihat dari aspek produsen ataupun pengusaha sera pengguna sebagai pelanggan maka bisnis merupakan interaksi yang menciptakan komunikasi, pertukaran, dan proses sosialisasi yang saling menguntungkan satu sama lain.

    Dalam organisasi bisnis, administrasi merupakan fungsi industri yang sangat berkaitan dengan penetapan kebijakan pada perusahaan, koordinasi produksi, keuangan dan distribusi, penentuan arah organisasi serta kontrol yang tertinggi eksekutif. Intinya administrasi bertugas menentukan setting pada perusahaan agar bergerak maju.

    Pada penerapan ilmu administrasi di dalam administrasi bisnis, masih ada beberapa permasalahan. Membedakan dulu bisnis yang dikelola sama yang Negara (BUMN) serta yang dikelola sama pihak swasta. Pada penerapan administrasi bisnis yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih sangat jauh melenceng dari penerapan ilmu administrasi, salah satu contoh yang jelas kita ketahui adalah banyak BUMN yang merugikan.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Lebih Bagus Administrasi Bisnis Atau Administrasi Negara
    Sangat Suka

    33%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    33%

    Tidak Peduli

    33%

    Marah

    0%

    Komentar