Ruang Lingkup Administrasi Kepegawaian

Daftar Isi

    LancangKuning -  Administrasi kepegawaian merupakan keseluruhan aktivitas ataupun kegiatan yang juga berkaitan dengan masalah penggunaan pegawai “tenaga kerja” agar dapat mencapai tujuan. Terdapat tujuan yang ada pada administrator ini adalah untuk dapat menyusun dan juga sekaligus mengendalikan sesuatu dari keseluruhan aktivitas agar bisa dapat memelihara, dapat mengembangkan, dapat mendapatkan dan juga menggunakan para – para pegawai yang sesuai dari beban kerjanya sehingga bisa dapat mencapai tujuan dari sebuah atau suatu organisasi ataupun perusahaan yang sudah dapat ditentukan sebelumnya.

    Tujuan Administrasi Kepegawaian

    Tujuannya adalah bisa membuat sesuatu menjadi efisien, efektif dan produktivitas dari sebuah organisasi untuk mencapai tingkat yang begitu tinggi merupakan tujuan administrasi. Agar tercapainya tujuan administrasi ini diperlukan peran dari sumber daya manusia dan peran dari sumber daya yang bukan manusia, yaitu seperti berikut :

    1. Memperkuat sebuah sistem yang melakukan perencanaan dan pengembangan pegawai dan juga sekaligus melakukan pemenuhan atau rekruitmen yang sesuai dengan tingkat dari kebutuhan dan yang ada tersedia.
    2. Mengembangkan sebuah sistem manajemen informasi dari suatu bentuk kepegawaian.
    3. Meningkatkan kualitas dari sebuah sistem sumber daya aparatur untuk meningkatkan kompetensi yang begitu cocok dengan tugas pokok dan fungsi yang dilakukan melalui pendidikan dan latihan, peningkatan sebuah pendidikan formal dan ada juga melakukan peningkatan dari keterampilan teknik dan fungsional aparatur pemerintahan.
    4. Peningkatan kinerja pelayanan pegawai ini dalam rangka meningkatkan kapasitas pemerintah daerah guna mewujudkan tata pemerintahan yang baik ”Good Governance”.

    Sistem Administrasi Kepegawaian

    Sistem administrasi kepegawaian ini merupakan bagian dari administrasi negara yang kebijaksanaannya ditentukan dari tujuan yang ingin dicapai. Pola kebijaksanaannya juga tergantung pada bentuk negara yang dianut suatu negara apakah federal ataukah kesatuan.

    Kebijaksanaan dasar sebuah sistem administrasi dari kepegawaian di negara kita ini bertujuan pada undang-undang nomor 43 tahun 1974 tentang pokok-pokok kepegawaian. Di dalam undang-undang itu menyatakan bahwa dalam rangka usaha agar tercapainya tujuan nasional untuk mewujudkan masyarakat yang madani yang taat pada hukum yang berlaku di negaranya, berperadaban modern, demokratis, adil, dan bermoral tinggi, dan diperlukan pegawai negeri yang merupakan sebuah unsur dari aparatur sebuah negara yang mempunyai tugas untuk mengabdi masyarakat yang menyelenggarakan pelayanan persatuan dan kesatuan dari suatu bangsa dengan penuh rasa setia kepada Pancasila dan undang-undang dasar 1945.

    Fungsi Administrasi Kepegawaian Perencanaan Pegawai

    Perencanaan seorang pegawai ini dapat didefinisikan atau dijelaskan sebagai proses untuk penentuan kebutuhan pegawai pada masa yang akan datang yang mengikuti perubahan-perubahan yang akan mungkin terjadi di masa sekarang dan terdapat persediaan tenaga kerja yang ada di negara kita ini. Perencanaan pegawai ini adalah bagian yang terpenting dan sebagai alat penyambung pada sebuah proses perencanaan yang mempunyai strategi karena dengan membantu sebuah organisasi dalam menentukan sumber-sumber yang diperlukan dan juga bisa untuk membantu menentukan apa yang memang benar-benar dapat kita capai dengan sebuah sumber-sumber yang ada tersedia saat ini.

    Pengorganisasian Kepegawaian

    Pengorganisasian yang dimaksud ini adalah suatu langkah untuk dapat menetapkan, menentukan dan sekaligus bisa mengatur dari berbagai macam kegiatan yang mungkin perlu, penetapan tugas dan wewenang seseorang. Pengorganisasian yang dimaksud ini bisa mengantarkan ke semua sumber dasar (manusia dan non-manusia) menuju suatu pola tertentu yang sedemikian rupa atau bentuk dan orang-orang yang bekerja di dalamnya bisa melakukan atau membantu bekerja sama guna dan berguna dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya.

    Terdapat sebab akibat dari pengorganisasian ini yaitu terbentuknya struktur dan bentuk organisasi dan juga dalam struktur organisasi akan tampak bentuk dari hubungan antara sebuah unit dengan bentuk unit yang lainnya yang ada disana.(Yafi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ruang Lingkup Administrasi Kepegawaian
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar