Searching Pada Sistem Pakar

Daftar Isi

    LancangKuning - Sistem Pakar ini merupakan sebuah program komputer yang akan mencoba meniru atau mencoba mensimulasikan sebuah pengetahuan dan juga sebuah keterampilan dari seorang pakar yang berada di area tertentu. Sistem ini akan mencoba memecahkan suatu permasalahan sesuai dengan seseorang yang telah menjadi pakarnya.

    • Sistem Pakar itu adalah salah satu aplikasi yang dibuat untuk sebuah kecerdasan buatan (artificial intelegence).
    • Artificial Intelegence sendiri terdapat sebuah akar dari keinginan manusia untuk sebuah mesin cerdas.
    • Sistem pakar ini telah diaplikasikan pada semua bidang yang ada dan yang diketahui, seperti : pada bidang industri manufaktur, bidang pertanian, bidang kesehatan, dan ada juga pada bidang militer, dan lain sebagainya masih banyak lagi.

    Sejarah yang diketahui Pada Sistem Pakar

    Pada tahun 1943, terdapat Post E.L. telah membuktikan bahwa suatu permasalahan komputasi yang dapat diselesaikan dengan aturan dari IF-THEN. Pada tahun 1961, ada General Problem Solver (GPS) yang didirikan oleh A. Newell and H. Simon. Adalah sebuah program yang telah dibangun untuk bisa menyelesaikan sebuah permasalahan yang ada dan telah diketahui mulai dari permainan sampai kepada matematika integral.

    Dan berlanjut sampai pada tahun 1970an, MCYN dibuat untuk sebuah proses diagnosa medis oleh Buchanan dan Shortlife. Menuju di tahun 1982 yang terdapat ada R1/XCON adalah sebuah sistem pakar yang pertama dibuat oleh para para orang peneliti yang berada di Carnegie Melon University (CMU).

    Contoh Permasalahan yang Ada Pada Sistem Pakar

    Terdapat contoh suatu permasalahan yang ada pada sistem pakar itu adalah masalah dua ember air. Kita memiliki dua ember air yang bermuatan 8 liter dan 6 liter yang ada di penampungan. Kita dapat mengisi satu ember itu dari ember yang lain yang tidak digunakan dan dan proses penakaran yang hanya bisa memakai dua ember itu saja. Bagaimana kita bisa mendapatkan bisa sesuai dengan 4 liter dalam ember 8 liter. Asumsikan tidak terdapat air yang tumpah atau hilang pada saat proses penakaran.

    Penyelesaian :

    1. Menentukan sebuah aksi atau sebuah problem space yang dapat mengubah suatu kondisi pada kedua ember yang ada dalam bentuk rule atau diagram pohon yang telah diketahui. Contohnya kemungkinan :
    1. Terdapat air berisi 8 liter.
    2. Terdapat air berisi 6 liter.
    3. Kosongkan dahulu isi dari ember yang 8 liter.
    4. Kosongkan juga isi ember yang 6 liter.
    5. Isi seluruh air ke dalam ember 8 liter dan 6 liter yang sudah disediakan.
    6. Isikan seluruh air yang ada pada ember 6 liter ke ember 8 liter.
    7. Isikan seluruh air yang ada pada ember 8 liter ke ember yang 6 liter.
    8. Penuhkan ember 8 liter tersebut dari ember yang 6 liter.
    9. Penuhkan ember 6 liter tersebut dri ember 8 liter.

    Langkah selanjutnya adalah menentukan urutan aksi yang bisa menghasilkan sebuah solusi.

    Ada sistem Depth-First Search (DFS)

    Metode ini adalah metode pencarian yang begitu mendalam. pada metode ini sistem pakar akan melakukan sebuah penelusuran yang dilakukan secara intensif dan juga mendalam terhadap nilai atau sebuah variabel yang diberikan. Sistem pakar ini menelusuri atau mengetahui sebuah variabel mulai dari simpul akar dan bisa terus bergerak menurun ke dasar dari tingkatan yang paling bawah.

    Ada sistem Breadth-First Search

    Metode ini yang diketahui merupakan kebalikan dari metode DFS. Metode ini dapat bekerja dengan menganalisa setiap simpul suatu akar untuk kemudian melakukan sebuah pengujian yang akan dilakukan sebelum pindah ke tingkat selanjutnya. BFS menggunakan hasil sebuah analisa setiap tingkat yang ada agar bisa mengetahui apakah analisa ini harus ditindak lanjut atau tidak.(Yazid)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Searching Pada Sistem Pakar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar