Cara Mengatasi Phising Facebook

Daftar Isi

    LancangKuning  - Kalian Harus waspada untuk kegiatan phising. Saat ini Kejahatan online masih sering terjadi dan akan selalu jadi ancaman untuk aktivitas online. Jika kamu yang menjadi salah satu korbannya, kamu bisa mengalami banyak kerugian, baik itu korban pencurian data bahkan korban penipuan.

    Baiklah,langsung saja pada topik yang ingin kita bahas, Apa sih yang dimaksud phising itu dan seperti apa cara mengatasinya? Langsung aja pada pengertiannya, Phising itu merupakan cara untuk memperoleh data informasi orang dengan teknik mengelabui. Data yang menjadi tujuan phising yaitu data pribadi seperti: nama, usia, alamat, data akun username dan password dan data finansial informasi kartu kredit, rekening.                                                                                   

    Kata phising merupakan kata yang berasal dari kata fishing yaitu memancing. Kegiatan phising memang memiliki tujuan untuk memancing atau mengundang orang untuk memberikan data dan informasi pribadi dengan senang hati tanpa diketahui. Dan sebenarnya informasi yang sudah di beri tersebut akan dipakai untuk tindakan kejahatan.    

    Mengapa orang mau melakukan hal itu? Pelaku phising itu biasanya menyamarkan diri atau berpura-pura sebagai pihak atau institusi yang mempunyai wewenang. Dengan memakai situs palsu dan email yang dibikin si phising itu agar tampak meyakinkan, sudah banyak orang yang berhasil di tipu oleh para phising di dunia ini.                                                                       

    Negara yang terkenal dengan ilmu pemrograman itu merupakan India, jadi banyak hacker atau tukang phising dari Negara itu.di Negara mereka mulai dari kecil ilmu computer sudah di ajarkan namun, mereka di sana tidak salah penggunaan, mereka menggunakan untuk melakukan hal yang baik saja.

    Berikut cara untuk menghindari diri kita agar tidak kena phising dari oknum yang tidak jelas, langsung saja simak cara caranya berikut ini.

    1.     Selalu Update Informasi tentang Phising                                                     

    Selalu mengikuti berita perkembangan phising dengan baik. Yang intinya di sini harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, apabila ada terjadi masalah pada keamanan seperti kebocoran data user Tokopedia atau Bukalapak baru-baru ini.

    2.     Jangan Asal Klik Link yang Diterima                                       

    Di sini yang dimaksud dengan tidak asal klik link yaitu, jangan mau menekan link yang di sebarkan oleh teman atau siapapun itu tanpa mengetahui isi dari link tersebut. Jadi berhati hatilah jika kamu menerima link yang tak jelas, agar kita tidak terkena phising oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Jadi, sebelum menekan link apapun, pastikan link itu aman. Begini Caranya, arahkan mouse kalian ke link itu tanpa diklik atau di diamkan saja di situ. Setelah itu, akan timbul informasi URL dari link tersebut. Kalau mengarah ke website asli, berarti link itu aman. Dan sebaliknya, kalau mengarah ke website lain yang tidak kalian kenali, alangkah baiknya simpan niat kalian untuk mengunjungi situs itu.

    3.     Pastikan Keamanan Website yang Diakses                                         

    Jangan sekali-kali kalian untuk mengunjungi website yang tidak aman, terutama untuk website yang akan memproses data pribadi kalian. Gunakanlah website yang hanya menggunakan  SSL aja, yaitu website yang dikenal dengan menggunakan protokol HTTPS.

    4.     Gunakan Browser Versi Terbaru                                                         

    Langkah ini sangat penting karena setiap browser merilis versi terbaru dan keamanan yang dipakainya pun lebih ketat atau aman alias tidak mudah di hack atau di bobol.

    5.     Waspada Ketika Dimintai Data Pribadi                                               

    Jangan kalian mau memberikan data pribadi kalau itu mencurigakan terhadap dirimu, dan jangan kalian mudah terbuai dengan tampilan dari web yang di buat oleh oknum phising itu.

    6.     Cek Akun Online Anda secara Rutin                                                  

    Di sini maksudnya adalah kita harus rajin untuk mengecek akun, ketika mereka para phisinger ingin merubah data pada akun kalian di gagalkan. Setelah menekan link yang tidak jelas haruslah kalian langsung ganti sandi akun kalian supaya tidak terbaca oleh si pembuat link phising tersebut.(Juseph)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengatasi Phising Facebook
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar