Pemrograman Berorientasi Objek Enkapsulasi

Daftar Isi

    LancangKuning - Enkapsulasi merupakan salah satu yang paling penting di dalam pemrograman berorientasi objek. Karena tahap enkapsulasi inilah yang akan menentukan pemberian hak akses kepada setiap property atau method.

    Enkapsulasi sangat penting untuk keamanan serta untuk menghindari kesalahan dari program, enkapsulasi dimaksudkan untuk menjaga suatu proses program agar tidak dapat di akses secara sembarangan atau di intervensi oleh program lainnya. Konsep enkapsulasi inilah sangat penting dilakukan untuk menjaga kebutuhan dari program agar dapat diakses dalam waktu sekaligus menjaga program tersebut.

    • Information hiding

    Untuk pengaksesan atribut atau method menggunakan dari objek secara langsung. Hal ini karena akses kontrol yang akan diberikan pada atribut dan method di dalam kelas tersebut adalah terdapat suatu public. Untuk menyembunyikan sebuah informasi dari satu kelas sehingga anggota kelas tersebut tidak dapat diakses kelas lain yaitu dengan memberi hak akses private pada atributnya.

    • Assesor dan mutator method

    Method yang akan digunakan untuk membaca sebuah nilai variabel pada class, baik berupa instance maupun static. Sebuah accessor method pada umumnya akan dimulai dengan penulisan get <namainstance variable>.

    Mutator method adalah yang akan digunakan untuk memberi atau mengubah nilai variabel dalam kelas, baik itu berupa instance maupun static variabel. Sebuah mutator method umumnya tertulis set <namainstance variabel>.

    Enkapsulasi tersebut terdiri dari tiga jenis yaitu:

    1. Public

    Merupakan suatu kata kunci yang akan digunakan dalam sebuah java yang memungkinkan di setiap variabel dan method yang akan dideklarasikan dalam sebuah class public yang dapat di akses oleh semua class yang sama, subclass ataupun non subclass yang sama akan di package pada yang sama juga.

    1. Protected

    Merupakan kata kunci yang telah dideklarasikan untuk memproteksi suatu class agar setiap variabel dan method yang dideklarasikan tidak akan dapat di akses oleh non subclass di mana sebuah package yang sama.

    1. Private

    Merupakan kata kunci yang dideklarasikan dalam suatu class agar di setiap variabel dan method yang berada dalam class yang sama.

    Berikut ini sebuah program java tentang enkapsulasi yang terdiri dari 3 jenis yaitu:

    1. Berikut ini berupa class yang dibutuhkan pada sebuah program tersebut, terdiri dari class main. Java dan website java.
    2. Selanjutnya, berikut ini script yang ada pada class main java, disitu terdapat beberapa script yang dibutuhkan untuk memanggil atau bisa juga dikatakan untuk outputnya, biasanya langkah ini dilakukan ketika setelah selesai membuat sebuah script pada intinya dahulu.
    3. Ini adalah script yang ada pada class website java, ini merupakan class intinya, dimana kita bisa mendeklarasikan string yang akan dibutuhkan, serta menentukan jenis enkapsulasi yang akan diperlukan, baik itu public, protected maupun private.
    4. 4. Berikut ini output dari package website tersebut, di outputnya akan tertera dan diberi Nama Nic admin, nama aslinya, serta passwordnya.

    Keuntungan menerapkan encapsulasi

    • Bersifat independen, sebuah modul yang terencapsulasi dengan baik akan bersifat independen, sehingga tidak akan ada yang terikat pada bagian tertentu dari sebuah program.
    • Bersifat transparan, bila melakukan suatu modifikasi pada sebuah modul, maka akan ada perubahan tersebut akan dirasakan juga oleh bagian dari program yang akan menggunakan modul tersebut.
    • Menghindari sebuah efek di luar perencanaan modul yang akan terencapsulasi dengan baik. Dan hanya akan berinteraksi dengan bagian program lainnya saja melalui variabel-variabel input/output yang telah didefinisikan sebelumnya.
    • Melindungi listing program, saat program didistribusikan pada khalayak untuk melindungi listing program anda dapat juga menerapkan suatu prinsip enkaplusi. Disini pengguna hanya bisa dapat menggunakan sebuah program hanya melalui variabel input atau output yang akan didefinisikan tanpa disertai bagaimana proses yang akan terjadi di dalam modul tersebut.(Lisda yani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pemrograman Berorientasi Objek Enkapsulasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar