Manfaat Cloud Computing

Daftar Isi

    LancangKuning - Cloud computing berasal dari dua kata adalah cloud dan computing. Cloud atau awan dalam teknologi informasi diartikan sebagai internet dan computing sebagai komputer. Arti dari cloud computing ini sebagai pengelolaan sumber daya dalam hal ini data melalui jaringan internet sehingga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja.

    Cloud computing menjadi sangat penting karena kemampuannya yang mengubah segala aktivitas manual ke dalam sistem digital berbasis internet. Kita tidak perlu khawatir data nya akan hilang karena semua data yang di produksi tersimpan ke dalam sistem cloud milik cloud computing Anda. Internet akan menjadi pusat dalam mengolah data menggunakan cloud computing.

    Hal lain yang mengesankan yaitu Anda bisa melakukannya tanpa perlu install aplikasi. Cukup log in di ruang cloud computing dan siap untuk beraktivitas. Cloud computing juga memungkinkan untuk bekerja sama dengan tim di dalam satu halaman pekerjaan yang sama. Dan semua user akan terintegrasi dan online secara live pada halaman data yang sama.

    Manfaat Cloud Computing

    Jika masih belum yakin dengan cloud computing mungkin penjelasan terhadap manfaat cloud computing dapat meyakinkan untuk beralih menggunakan cloud computing. Ini manfaat cloud computing yang bisa tim Anda rasakan:

    1. Bekerja Kapan Saja dan Dimana Saja
      Bisa bekerja kapan saja dan di mana saja adalah impian banyak orang, Cloud computing akan mewujudkan kemudahan dalam melakukan aktivitas bisnis yang Anda impikan. Cloud computing dapat diakses kapan saja dan di mana saja dengan akses internet yang di miliki. Hanya perlu log in ke akun cloud computing untuk melakukan pengolahan data yang di inginkan.
       
    2. Keamanan Yang Tinggi
      Penyimpanan di cloud tak perlu diragukan lagi keamanannya. Anda tak memerlukan hard file lagi jika menerapkan cloud computing. Segalanya berbentuk digital yang bisa di akses kapan saja dan di mana saja. Cloud computing juga menerapkan teknologi keamanan tinggi, bahkan dari hacker sekalipun dengan berbagai aktivitas yang harus dilakukan. Anda akan memiliki ruang penyimpanan khusus milik Anda sendiri yang bisa di kelola.
       
    3. Penyimpanan Otomatis
      Cloud computing akan otomatis menyimpan semua aktivitas pekerjaan dalam servernya. Internet yang membuatnya dapat menyimpan segala aktivitas secara live dan tentu saja data akan tersimpan dengan aman. Jadi, dapat mengelola data dan menyimpannya sekaligus saat proses pengolahan dilakukan.
       
    4. Pencadangan Otomatis
      Jika Anda takut kehilangan data yang telah di hapus, itu takkan terjadi di cloud computing karena cloud computing akan tetap menyimpan data yang sudah terhapus. Ia memiliki teknologi pencadangan yang luar biasa. Penghapusan file juga tidak semudah itu dilakukan karena akan diyakinkan jika ingin menghapusnya secara permanen.
       
    5. Penyimpanan Luas
      Cloud computing memiliki penyimpanan hingga tak terbatas. Penyimpanannya bahkan bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan budget. Dan besarnya dapat mengikuti kehendak penggunanya sehingga sangat efektif bagi bentuk bisnis apapun.
       
    6. Pembagian Beban Server
      Cloud computing memiliki fasilitas hosting di mana akan menjaga cloud computing terhadap bebannya. Hosting memiliki waktu uptime untuk sebuah website sehingga dapat menyeimbangkan beban servernya. Salah satunya metode yaitu shared hosting yang akan menjadikan server lain sebagai cadangan terhadap server yang mengalami problem. Jadi server pusat cloud computing yang bermasalah tak akan mengganggu server lain.
       
    7. Penyesuaian Jaringan
      Jaringan cloud computing baik itu firewall, virtual router, bandwidth, maupun software manajemen networking yang di-hosting pada platform public cloud maupun private cloud dapat diatur dengan mudah. Anda bahkan juga bisa menyerahkan pengelolaan ini kepada jasa penyedia layanan cloud computingAtau, jika Anda berkenanpun dapat mengelolanya sendiri secara independen.
       
    8. Pilihan Platform Yang Variatif
      Platform yang tersedia di cloud computing cukup beragam yakni PaaS, Iaas, dan SaaS. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan keinginan dan mana yang terbaik bagi bisnis Anda. Entah platform mana yang akan Anda pilih, pastikan untuk mempelajarinya dahulu agar sesuai dengan yang Anda butuhkan.(Yafi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Cloud Computing
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar