Pengertian Uml dan Komponen Uml

Daftar Isi

    LancangKuning - UML (Unified Modeling Language) merupakan bahasa dan aturan dalam spesifikasi standar yang telah disepakati dalam rangka membuat suatu dokumentasi, spesifikasi, kalkulasi, visualisasi, dan proses analisa yang dapat menggunakan UML dan akan di buat untuk mengerjakan suatu pekerjaan anda supaya lebih mudah dalam menjalankan dan menggunakannya.

    Tujuan atau fungsi UML

    • Dapat memberikan bahasa atau pemodelan visual kepada para pengguna dari berbagai macam suatu pemrograman yang akan dijalankan maupun saat proses rekayasa yang akan dibuat dalam menjalankan suatu pekerjaan yang akan dibuat.
    • Dapat menyatukan praktek-praktek terbaik yang ada dalam pemodelan dan akan membuat proyek pemodelan semakin maju dan akan terjalankan dalam pekerjaan yang akan di peroleh oleh siapapun yang berniat dalam mengerjakannya.
    • Dapat memberikan suatu model yang akan siap untuk digunakan, merupakan bahasa pemodelan visual yang akan ekspresif untuk dapat mengembangkan suatu sistem yang akan dibuat dengan sesama pekerja dan saling menukar model dengan mudah dan akan lebih mudah untuk anda dalam mengerjakannya.
    • Dapat berguna sebagai blue print, karena sangat lengkap dan detail dalam perancangannya yang nantinya akan dapat diketahui untuk informasi yang detail dalam mengenai koding suatu program dengan sangat mudah dalam membuatnya.
    • Dapat untuk memodelkan suatu sistem yang akan berkonsep berorientasi objek, jadi tidak hanya digunakan untuk memodelkan perangkat lunak (software) saja, melainkan bisa juga untuk memodelkan perangkat keras (Hardware) yang akan dapat digunakan dengan pemodelan apa saja yang akan diperoleh.
    • Dapat menciptakan suatu bahasa pemodelan yang nantinya akan dapat dipergunakan oleh manusia maupun oleh mesin untuk membuat suatu proyek dan akan lebih mempermudah segala pekerjaan yang akan dibuat dalam UML.

    Jenis-jenis diagram UML

    1. Use Case Diagram

    Salah satu jenis diagram pada UML yang akan menggambarkan suatu interaksi antara sistem dan aktor, use case diagram juga dapat men-deskripsikan suatu tipe interaksi antara pemakai sistem dengan sistemnya yang akan berinteraksi atau kerja sama dalam pembuatan use case diagram.

    1. Activity Diagram

    Salah satu jenis diagram pada UML yang dapat untuk memodelkan suatu proses-proses apa saja yang akan terjadi pada sistem yang telah dibuat atau masih dalam proses pembuatan yang akan diperoleh dalam mengerjakan suatu sistem.

    1. Sequence Diagram

    Salah satu jenis diagram pada UML yang akan dapat menjelaskan suatu interaksi pada objek yang berdasarkan dengan urutan waktu, sequence diagram juga dapat menggambarkan urutan atau tahapan yang harus dilakukan untuk dapat menghasilkan sesuatu pemodelan dan perangkat yang akan digunakan dalam pembuatan proyek seperti pada use case diagram yang akan diperoleh dengan sangat mudah.

    1. Class Diagram

    Salah satu jenis diagram pada UML yang akan dapat digunakan untuk menampilkan suatu kelas-kelas maupun paket-paket yang ada pada suatu sistem yang nantinya akan dapat digunakan dengan baik dan akan membuat anda lebih mudah dalam pembuatannya.

    1. Statemachine Diagram

    Salah satu jenis diagram pada UML yang dapat untuk menggambarkan suatu transisi maupun perubahan keadaan dalam suatu objek pada sistem akan lebih mudah untuk membuat suatu objek dengan menggunakan diagram statemachine.

    1. Communication Diagram

    Salah satu jenis diagram pada UML yang dapat untuk menggambarkan suatu tahapan dengan terjadinya suatu aktivitas, dan diagram ini juga dapat menggambarkan suatu interaksi antara objek yang ada pada sistem untuk di buat dalam mengerjakan proyek dengan lebih mudah.

    1. Composite Structure Diagram

    Salah satu jenis diagram pada UML yang akan dapat menunjukkan struktur internal classifier, termasuk poin yang terdapat suatu interaksinya yang akan berjalan ke bagian lain yang ada pada suatu sistem yang terdapat dalam diagram UML dan akan mengerjakan objek yang lebih baik dan akan mempermudah anda dalam mengerjakannya.

    1. Object Diagram

    Salah satu jenis diagram pada UML yang merupakan sebuah gambaran tentang objek-objek dalam sebuah sistem pada satu titik waktu yang dapat untuk mengerjakan suatu objek dengan sangat mudah dan akan mengurangi tenaga anda dalam pembuatan objek dengan menggunakan object diagram.(Pinta).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Uml dan Komponen Uml
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar