Komponen Pendukung Komunikasi Daring

Daftar Isi

    LancangKuning - Komunikasi daring sudah tidak asing lagi karena di zaman sekarang seluruh orang sudah menggunakan komunikasi daring sebagai alat yang membantu mempermudah suatu pekerjaan tersebut.

    Komunikasi daring merupakan sebuah komunikasi yang dimana dalam jaringan untuk menyampaikan sebuah pesan atau informasi antara dua pihak yang berjauhan dengan menggunakan sebuah alat bantuan atau alat penghubung dengan disertai koneksi internet, tapi kemungkinan apabila tidak tersambung atau terhubung dengan internet pesan yang mau anda kirimkan tidak akan terkirim atau sampai kepada tujuan yang ingin anda kirim pesan.

    Fungsi dari komunikasi daring ini ialah untuk mempermudah orang – orang untuk melakukan komunikasi dimana saja, siapa saja, dan kapan saja .

    Adapun tujuan dari komunikasi daring ini sangatlah baik dan berguna bagi kehidupan manusia, akan tetapi komunikasi daring ini membutuhkan koneksi internet , maka kita juga harus dapat memahami dampak positif negatifnya  dari internet tersebut.

    Dalam komunikasi daring ini dapat terbagi 2 bagian, meskipun ada 2 bagian tetapi cara penggunaanya atau penerapannya ditentukan dari jenis aplikasi yang dipakai.

    • Komunikasi Daring Sinkron
      Jenis komunikasi yang berlangsung secara real time atau nyata dalam satu jaringan dengan menggunakan media komputer.
       
    • Komunikasi Daring Asinkron
      Komunikasi ini dilakukan dengan secara tidak langsung atau tidak serempak.

    Beberapa komponen pendukung komunikasi daring, dimana omunikasi daring terbagi dalam 3 kelompok, yaitu :

    1. Perangkat Keras (Hardware)
       Perangkat yang berhubungan dengan bagian luar seperti komputer, headset, microphone, serta perangkat pendukung koneksi internet.
    2. Komponen Perangkat Lunak (Software)
      Seperti perangkat yang digunakan dalam komunikasi daring seperti google , video call , chat , forum, dan lain sebagainya.
    3. Komponen Perangkat Nalar (Brainware )
      Dimana perangkat ini adalah manusia yang melakukan atau menjalankan komunikasi daring tersebut.

    Dari ketiga komponen di atas , komponen komunikasi daring dapat terbagi kedalam beberapa bagian, bagian – bagian komponen pendukung komunikasi daring antara lain :

    1. Modem atau Perangkat Penghubung Jaringan Internet
      Bagian ini merupakan alat yang paling berguna dan paling penting untuk dapat mensukseskan dalam komunikasi daring, dan modem perangkat penghubung jaringan ini akan bekerja dengan menghubungkan internet kedalam sebuah komputer.
       
    2. Kabel Hub
      Kabel hub merupakan komponen yang membantu sebuah modem untuk membangun jaringan dengan metode topologi star, dan kabel ini memiliki fungsi sebagai penghubung modem dengan komputer dengan menggunakan jenis kabel twisted pair yang ujungnya tersambung dengan konektor RJ- 45.
       
    3. Repeater
      Repeater ini berfungsi sebagai alat untuk memperkuat sinyal sebuah jaringan internet dengan menggunakan metode topologi bus.
       
    4. Brigde
      Komponen yang satu ini memiliki fungsi sebagai jembatan untuk dapat menyampaikan sebuah paket dan meninggalkan performa jaringan.
       
    5. Router
      Bagian komponen ini bekerja dengan melakukan routing dari satu LAN ke LAN lainnya dengan menentukan rute yang terbaik untuk pengiriman data dalam jaringan yang digunakan.
       
    6. Transmitter / Receiver
      Fungsi utama dari sebuah transmitter ini adalah mentransmisikan atau menerima jaringan.
       
    7. Wireless Access Point (WAP)
      Bagian ini merupakan sebuah perangkat yang bekerja untuk member izin kepada perangkat nirkabel agar dapat terhubung ke jaringan komputer.
       
    8. Local Area Network (LAN)
      Sebuah program data komputer yang akan mentransmisikan jaringan yang tersedia melalui media transmisi dan diterima kembali oleh komputer.
       
    9. Wireless LAN (WLAN) Adaptor
      Perangkat ini yang memungkinkan alat atau media komunikasi tersebut untuk memanfaatkan akses jaringan yang sering disebut hot spot.
       
    10. Sistem Operasi
      Sistem ini merupakan suatu perangkat lunak yang membuat sebuah media atau perangkat komunikasi daring dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.
       
    11. Penggunaan Jaringan
      Komunikasi daring tidak akan berjalan tanpa adanya pengguna yang menggunakan aplikasi atau program .Fungsi dari ini ialah sebagai alat pemantau atau pengawas.
       
    12. Penyedia Jaringan
      Ketika semua komponen sudah dirancang dengan sebaik mungkin dan pengguna jaringan juga telah siap untuk menggunakannya, dan apabila tidak adanya penyedia jaringan maka semua akan berantakan.

    Kesimpulan

    Bahwa apabila sebuah komunikasi dalam jaringan atau biasa di sebut komunikasi daring tidak akan berjalan jika suatu komponen pendukung tersebut tidak ada. Oleh karena itu apabila kita mau melakukan komunikasi daring maka kita harus persiapkan semua dengan sebaik mungkin agar nantinya tidak ada hambatan.(Syaidah )

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komponen Pendukung Komunikasi Daring
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar