Tokopedia Vs Bukalapak

Daftar Isi

    LancangKuning - Tokopedia adalah karya anak bangsa yang mulai dirintis di tahun 2014. Sempat diawali dengan melalui bisnisnya ini saat ini menjadi salah satu tujuan belanja online sebagian besar masyarakat Indonesia. Karena Tokopedia selalu tampil tak hanya menarik bagi konsumen Tokopedia juga menjadi salah satu platform yang banyak diminati para seller untuk memajang produk yang dijual.

    Bukalapak merupakan salah satu perusahaan di Indonesia. Dan didirikan juga oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid pada tahun 2010, Bukalapak awalnya merupakan toko daring yang memungkinkan para pelaku  untuk merambah ke dunia maya. Perubahan ini telah melakukan berbagai bisnis termasuk membantu meningkatkan penjualan para warung tradisional lewat layanan mitra Bukalapak pada tahun 2017 Bukalapak menjadi salah satu startup unicorn asal tanah air.

    Kelebihan Tokopedia

    1. Keunggulan marketplace ini yang pertama adalah aplikasi ini mempunyai tampilan yang ringan dan mudah digunakan.
    2. Situs ini merupakan salah satu yang dapat diunduh dengan cuma-cuma.
    3. Waktu loadingnya pun tergolong singkat terutama saat mengakses laman-laman toko untuk mencermati produk-produk yang dijual.
    4. Pada bagian pendaftar produk terlihat sangat jelas dengan serta kategorinya beragam termasuk keberadaan fitur harga grosir.

    Tokopedia ini juga menyediakan fitur untuk perkiraan harga total yang harus dibayar. Contohnya jumlah keseluruhan harga belanjaan termasuk dalam kelipatan, termasuk prediksi ongkos kirim hingga beberapa alternative jasa pengiriman barang yang tersedia di marketplace ini memiliki fitur untuk barang-barang impor. Tetapi umumnya membutuhkan waktu yang agak lama.

    1. Pentransferan dana pun cukup cepat, untuk pemindahan dana dibutuhkan waktu sekitar dua hingga tiga jam atau maksimal empat jam ke seluruh bank-bank terkemuka di tanah air.
    2. Tokopedia menggunakan kode OTP sehingga system keamanan cukup baik.
    3. Setelah  masuk untuk memproses order waktunya lebih fleksibel yaitu antara lima hingga tujuh hari.
    4. Tokopedia juga menyediakan fitur tersendiri dengan konten-konten yang bervariasi, mulai dari informasi hingga tips-tips bermanfaat yang berhubungan dengan penjualan hingga optimasi online shop.

    Kakurangan Tokopedia

    1. Satu kelemahan Tokopedia ini sering juga dikeluhkan oleh pelanggan adalah terlalu sering akibatnya kegiatan belanja atau berjualan menjadi terhambat dan menimbulkan ketidak nyaman.
    2. Sering disebabkan oleh error yang sering terjadi pada situs resmi serta.
    3. Setelah maintenance juga masih sering terjadi error yang memakan waktu hingga satu atau dua hari dan dalam masa tersebut terjadi gangguan yang bermacam-macam.
    4. Para seler sering melakukan perang harga pada ini sehingga produk yang dijual sedikit lebih tinggi sudah pasti berpeluang lebih kecil untuk dinikmati.
    5. Marketplace ini sayangnya belum memiliki fitur dengan baik untuk penjual atau pembeli.
    6. Tokopedia juga belum menyediakan fitur diskon dengan batas yang tertentu.

    Bukalapak ini merupakan startup karya anak bangsa yang naik daun dengan waktu relative singkat. Salah satunya karena system marketingnya yang cukup baik.

    Kelebihan Bukalapak

    1. Marketplace ini hadir dengan inovasi terkini berbasis teknologi canggih, yang cukup adalah tampilannya yang baik dan untuk menambahkan gambar bisa hingga lima  gambar sekaligus dengan system drop dan drag.
    2. Bukalapak dapat mengatasi masalah seperti penjual online. Jadi saat produk sedang menunggu pembayaran dari pembeli secara otomatis jumlah stok akan berkurang. Dan bila transaksi dibatalkan jumlah stoknya secara otomatis akan kembali seperti semula.
    3. Bukalapak juga menyediakan fitur pilihan ongkos kirim yang disediakan oleh beragam jasa pengiriman barang.
    4. Marketplace yang satu ini juga menyediakan fitur diskon untuk produk yang dijual. Untuk menarik  pelanggan tak jarang diselenggarakan promo diskon.
    5. Proses uang dari Bukalapak juga cukup cepat dengan tampilan yang praktis.
    6. Sama seperti Tokopedia, Bukalapak juga menerapkan sistem OTM demi keamanan.
    7. Fitur-fitur premium yang disediakan oleh perusahaan juga sangat menarik dan tentu saja tak berbayar.

    Kekurangan Bukalapak

    1. Sayangnya warna dasar yang dipilih sebagai tema tampilan terlihat sangat mengganggu karena menyolok.
    2. Saat dicari dengan search engine Bukalapak cukup sulit ditemukan karena kurangnya optimasi.
    3. Pencairan dana dari Bukadompet bukalapak tergolong cukup lama, bahkan membutuhkan waktu lebih dari satu hingga lebih.
    4. Banyak penjual yang mengeluhkan bayaran karena tak dapat mengontrol pelanggan secara langsung.
    5. Bukalapak juga tak menyediakan fitur pre order.
    6. Seler ini hanya memiliki waktu dua hari untuk mengirimkan nomor resi pengiriman sehingga waktu pemrosesan order yang terlalu singkat bisa sangat merepotkan.

    Seler atau pun pembeli yang bermasalah sebenarnya permasalahan ini sama dengan marketplace Tokopedia.(aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tokopedia Vs Bukalapak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar