Cara Melindungi Komputer dari Peretasan

Daftar Isi

    LancangKuning - Melindungi komputer ini penting, agar komputer terlindungi dari serangan hacker. Ada beberapa step yang bisa dilakukan para khalayak, agar komputer terlindungi dari serangan hacker. Supaya komputer anda lebih baik dari sebelumnya.

    1. Update selalu windows

    Ini adalah langkah pertama melindungi komputer kamu. Menjaga windows sangat penting agar terhindar dari adanya serangan virus yang dapat mengganggu sistem kerja komputer.

    1. Update Software

    Selalu mendapatkan update versi aplikasi favorit kamu yang terbaru agar tidak memberikan celah bagi hacker untuk menemukan kesempatan untuk menyerang.

    1. Software antivirus

    Menggunakan software antivirus, apalagi kalau kamu sering memakai atau menghubungkan komputer kamu dengan internet wajib bagi kamu untuk memasang antivirus.

    1. Software Anti-Spyware

    Software tetap menjadi salah satu ancaman yang terus menerus bagi pengguna komputer di mana-mana.

    1. Firewall

    Aktifkan Windows Firewall guna untuk membantu melindungi anda dari akses kerja yang tidak sah ( dan ini tersedia pada semua versi windows dari XP ke atas).

    1. Email Spam

    Sebuah pesan yang tidak di minta atau email mencurigakan, jangan sampai mengklik email ini.

    1. Buat kata sandi yang kompleks. 

    Kata sandi yang digunakan untuk mengakses akun pada aplikasi atau situs web harus memuat kombinasi angka, huruf besar dan kecil, dan karakter spesial yang sulit ditebak. Langkah ini bertujuan mengurangi resiko jika sewaktu-waktu seseorang berhasil meretas salah satu kata sandi anda.

    1. Gunakan program pengelola kata sandi (password manager). 

    Program ini menyimpan entri-entri kata sandi dan mengisi formulir informasi pribadi pada beragam situs secara otomatis. Dengan begitu, disini dapat membuat kata sandi yang kompleks dan unik untuk setiap situsnya, tanpa harus memasukkan kata sandi sendiri secara berulang.

    1. Jangan sebarkan kata sandi anda

    Jangan pernah sekalipun memberikan kata sandi kepada administrator situs supaya ia dapat mengakses akun, kecuali untuk beberapa layanan sekolah.  Aturan yang sama berlaku untuk petugas TI dan perwakilan layanan seperti Microsoft atau Apple.

    Selain itu, jangan sebarkan kombinasi PIN atau koda sendi ponsel dan tablet kepada orang lain. Teman Anda bisa saja tidak sengaja membocorkan kode sendi Anda kepada orang lain.

    Jika Anda perlu memberitahukan kata sandi kepada seseorang karena alasan tertentu, ubah kata sandi setelah orang yang bersangkutan menggunakannya untuk mengakses akun Anda.

    1. Ganti kata sandi secara berkala. 

    Kata sandi pada beragam akun dan perangkat perlu sering diubah minimal enam bulan sekali. Jangan gunakan kata sandi yang sama dua kali (kata sandi akun Facebook harus berbeda dari kata sandi akun rekening bank, dan lain-lain). Saat mengganti kata sandi, lakukan perubahan secara menyeluruh. Jangan sekadar mengganti satu huruf dengan angka.

    1. Aktifkan autentikasi dua faktor.

    Dalam sistem autentikasi ini diperlukan untuk memasukkan kode yang dikirimkan melalui pesan singkat atau layanan lain agar akun dapat diakses setelah nama pengguna dan kata sandi dimasukkan. jika peretas berhasil mengetahui kata sandi yang anda punya, sistem autentikasi akan menyulitkannya untuk mengakses informasi akun.

    Sebagian besar situs web, termasuk situs jejaring/media sosial populer menerapkan sistem autentikasi dua faktor. Buka pengaturan akun untuk mengetahui cara mengaktifkan sistem/fitur tersebut.

    Untuk akun Google, Anda bisa mengaktifkan verifikasi dua langkah (two-step verification).

    Beberapa aplikasi alternatif yang cukup populer untuk menerima pesan singkat antara lain: Google Authenticator, Microsoft Authenticator, dan Authy. Beberapa program pengelola kata sandi pun memiliki aplikasi autentikator bawaan.

    1. Jangan berikan jawaban yang tepat untuk pertanyaan keamanan.

    Saat membuat pertanyaan keamanan, jangan jawab pertanyaan tersebut secara tepat. Para peretas bisa saja mencari tahu nama gadis ibu atau jalan/kawasan tempat tinggal Anda saat kecil dengan mudah. Oleh karena itu, berikan jawaban yang salah. Masukkan jawaban yang menyerupai kata sandi dan juga jangan memberikan jawaban sesuai dengan pertanyaan yang ada.

    Sebagai contoh, untuk pertanyaan keamanan seperti "What is your mother’s maiden name?" (“Siapa nama gadis ibu Anda?”), gunakan jawaban seperti “Nanas”.

    Agar lebih baik, gunakan kombinasi angka, huruf, dan simbol secara acak seperti "Ig690HT7@".

    Anda perlu mencatat jawaban pertanyaan keamanan dan menyimpannya di tempat yang aman agar bisa memulihkan akun jika sewaktu-waktu melupakan jawaban tersebut.(Pinta).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Melindungi Komputer dari Peretasan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar