Perbedaan Hub dan Switch dan Router

Daftar Isi

    LancangKuning - Diantara ketiganya HUB adalah perangkat yang paling mudah dan paling sederhana. Adapun fungsi dari hub itu sendiri yaitu untuk menghubungkan antara port satu dengan yang lain, segala hal yang dikirimkan kepada semua port yang lain, inilah mengapa hub seringkali dikatakan yang paling bodoh di antar ketiganya.

    SWITCH

    Switch merupakan versi upgrade dari hub itu sendiri dimana switch memberikan alternatif-alternatif yang dapat mengatasi kekurangan-kekurangan di hub. Switch dapat menentukan alamat port yang dituju dalam komunikasi antara jaringan, sehingga hanya port tersebut yang menerima transmisi data. Switch data mac address dari tiap port yang terhubung dengannya, contoh jaringan telepon. 

    ROUTER

    Router merupakan perangkat yang berbeda dengan ke dua perangkat yang sudah di sebutkan router dikatakan lebih pintar hub maupun switch karena router dapat melakukan hal-hal yang keduanya tidak dapat di lakuan. Router mengarahkan transmisi tersebut benar-benar sampai pada tujuannya. Sebagai perangkat, router memang tidak bisa di pisahkan saat istalasi jaringan. Keberadaan router sangat membuat jaringan agar dapat bekerja secara maksimal dan efisien. Berbagai paket data yang dikirim bisa lebih mudah terkirim entah itu antara jaringan atau berbeda jaringan. Karena router sekarang sudah semakin canggih, kita juga sudah bisa menghubungkan router dengan pc, laptop atau gadget agar bisa tersambung ke dalam jaringan computer.

    Router adalah perangkat komputer anda dan penyedia jasa layanan internet anda. router ditempatkan di gateways, dalam contoh ini maka router ditemapatkan di titik pertemuan sambangan jaringan computer anda dan penyedia jasa internet. contoh untuk router berupa hardware adalah mikrotik, cisco, TPLINK, junipor dan masih banyak lain nya, sedangkan contoh untuk router berupa software adalah menggunakan system operasi linux, aplikasi pfsense, iptebles hub untuk memindahkan informasi-informasi yang ada pada instrument cluster mobil ke jendela depan , sehingga pengemudi tidak perlu repot bolak-balik melihat ke arah instrument cluster

    Fungsi switch paling utama sebagai perhubungan sejumlah perangkat Komputer demi dapat melakukan pertukaran paket serta meneruskan data ke berbagai perangkat tujuan.

    Fungsi router adalah untuk mengirimkan paket data atau suatu informasi melalui internet atau jaringan lainnya. Perangkat ini diperlukan untuk mengarahkan paket data tersebut ke jaringan dan dengan rute yang sesuai. Router menggunakan header dan tabel forwarding untuk menentukan jalur terbaik untuk meneruskan paket,dan mereka menggunakan protokol untuk berkomunikasi satu sama lain dan mengkonfigurasi rute terbaik antara dua host.

    Fungsi hub adalah titik koneksi umum untuk perangkat dalam jaringan. Hub menghubungkan segmen LAN. Ini berisi beberapa port sehingga ketika sebuah paket tiba di satu port, port tersebut disalin ke port lain sehingga semua semen LAN dapat melihat semua paket.

    Kelemahan Hub

    1. Tidak bisa mengidentifikasi computer mana yang mengirim data dan kemana datanya harus dikirim
    2. Hub tidak dapat melakukan dua proses mengirimkan dan menerima data dalam waktu yang berkesamaan

    Kelebihan switch

    1. Dapat mengidentifikasi komputer mana yang mengirimkan data dan kemana datanya harus dikirim.
    2. Performanya lebih bagus dari hub

    Bedanya router dengan switch dan hub adalah router dapat menghubungkan jaringan computer yang berbeda

    Switch dan hub tidak dapat menghubungkan jaringan computer yang berbeda,jadi hanya pada jaringan yang sama.

    Contohnya menghubungkan computer dalam jaringan LAN rumah atau kantor ke jaringan internet menggunakan modem yang dihubungkan ke router menggunakan modem yang di hubungkan ke router atau router yang sudah memiliki built in modem.

    Perbedaan antara perangkat ini jaringan saat ini kebanyakan router telah menjadi semacam pisau swiss army, menggabungkan fitur dan fungsionasitis router, switch dan hub ke dalam satu unit. Jadi percakepan ini bisa sedikit menyesatkan terutama bagi seseorang yang baru mengenal jaringan komputer.(Aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Hub dan Switch dan Router
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar