Apa Itu Web Phising

Daftar Isi

    LancangKuning - Seiring perkembangan jaman dan juga teknologi yang semakin maju, saat ini sangat banyak kasus cybercrime yang terjadi, diantaranya yaitu Phising. Phising merupakan suatu metode kejahatan dunia internet yang mana target dihubungi melalui telepon, email, atau pesan teks dari seseorang yang menyamar sebagai suatu lembaga yang sah untuk mempengaruhi orang lain agar menyerahkan data sensitif seperti informasi yang dapat diketahui secara pribadi, rincian kartu kredit dan perbankan, begitu juga kata sandi.

    Di dalam email yang diberikan tersebut biasanya akan terdapat sebuah tautan link yang mengarah ke halaman palsu yang bentuk tampilannya dibuat menyerupai persis seperti website yang asli untuk menjebak seseorang.

    Informasi yang didapat kemudian dipakai untuk mengakses akun-akun penting dan dapat menyebabkan pencurian identitas dan kerugian finansial. Kasus pertama phishing diajukan pada tahun 2004 terhadap sala seorang remaja dari California yang menciptakan tiruan dari website “America Online”. Dengan menggunakan web palsu ini, remaja tersebut dapat mengambil informasi sensitif dari pengguna dan mengetahui detail kartu kredit untuk mengambil uang dari akun bank mereka.

    Berdasarkan penjelasan dari Wikipedia, Web Phising merupakan suatu tindakan penipuan yang dibuat oleh peretas dengan maksud untuk mendapatkan informasi atau data penting dari sesorang yang akan ditipunya, seperti informasi kartu kredit, password, dan data penting lainnya.

    Biasanya, peretas yang memakai metode web phising bertujuan untuk melakukan perpindahan akun-akun media sosial dari seseorang atau perusahaan sehingga dirinya bisa mengetahui data penting mengenai orang atau perusahaan tersebut dan mencoba melakukan tindakan kejahatan digital dengan memakai informasi tersebut untuk mengambil alih kartu kredit orang lain atau akun mobile bankingnya.

    Tindakan phising  ini banyak memakan korban dari sektor social media, hal itu dikarenakan social media adalah akun harian yang sangat sering digunakan oleh setiap orang, tanpa sadar orang tersebut memasuki halaman jebakan yang mengakibatkan dia bisa saja terjebak ke dalam halaman palsu tersebut.

    Bukan hanya itu, phising juga bisa saja  terjadi untuk manipulasi dimana komputer yang terinfeksi bisa saja memanipulasi beberapa hal yang membuat halaman palsu  menjadi halaman aslinya, sehingga perlu memerhatikan komputer anda tidak terkena virus untuk menghindari kasus seperti ini.

    Cara kerja Web Phising

    Serangan phishing paling dasar mencoba menipu pengguna untuk menginputkan data pribadi atau informasi yang dirahasiakan, dan email merupakan metode paling umum untuk menjalankan serangan ini. Diperkirakan sebanyak 3,7 miliar orang mengirim sekitar 269 miliar email pada setiap hari. Para peneliti di Symantec mengatakan bahwa hampir satu dari setiap 2.000 email yang dikirim ini merupakan email phishing, yang artinya sebanyak 135 juta serangan phishing dilakukan setiap hari.

    Biasanya orang tidak memiliki waktu untuk menganalisis setiap email yang masuk ke kotak masuknya, dan inilah yang diperkirakan oleh pelaku phising untuk  menggunakan beberapa cara. Metode kampanye phishing yang umum seperti penawaran hadiah yang dimenangkan dalam event palsu seperti lotere ataupun perlombaan oleh suatu pihak yang menawarkan ‘hadiah pemenang’.

    Penipuan phising lain yang lebih besar yaitu diperntukan untuk pengguna bisnis. Di sini pelaku dapat menyamar sebagai seseorang yang ada di dalam organisasi yang sama atau salah satu client dan akan meminta kamu untuk mengunduh berkas yang mereka klaim memuat informasi mengenai kontrak kerja atau kesepakatan.

    Dalam banyak kasus file berkas yang mereka kirimkan akan memasang perangkat lunak berbahaya ke dalam sistem komputer kita dan akan mangambil data pribadi. Tetapi  dalam beberapa kasus file yang dikirimkan itu juga dipakai untuk menyebarkan virus ransomware.

    Di masa ini banyak sekali kasus kejahatan web phising yang dapat ditemukan, terlebih lagi sekarang jaman terus berubah sedikit demi sedikit,kegiatan  masyarakat menjadi lebih modern dan memiliki akses digital sehingga memberikan potensi tindak kejahatan digital semakin tinggi. Oleh sebab itu kita harus berhati – hati saat memakai internet, mengakses situs web, membuka pesan email dan lain-lain.(Surya)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Apa Itu Web Phising
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar