Istana Klaim Jokowi Sediakan Sekolah Gratis hingga Sarjana

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Kantor Staf Presiden (KSP) menyatakan pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf telah menyediakan sekolah gratis dari jenjang sekolah dasar (SD) hingga sarjana. Hal tersebut tertuang dalam 'Laporan Tahunan 2020' yang dirilis KSP, Selasa (20/10).

    "Sekolah hingga sarjana kini bisa dicapai semua kalangan masyarakat. Pemerintah menyediakan bantuannya dengan Kartu Indonesia Pintar. Upaya yang disiapkan untuk siswa SD, SMP, dan SMA," seperti dikutip dalam laporan tahunan tersebut.

    Selain KIP untuk SD, SMP, SMA, pemerintah juga membuat KIP kuliah. Kartu tersebut menjadi salah satu solusi bagi siswa untuk melanjutkan kuliah.

    "Kartu Indonesia Pintar Kuliah juga disiapkan untuk mereka yang terdata sebagai penerima KIP dan ingin melanjutkan pendidikan hingga jadi sarjana," dalam laporan tersebut.

    Dalam laporan tahunan tersebut, alokasi penerima program Indonesia Pintar antara lain, 10,3 juta orang untuk tingkatan SD, 4,6 juta orang untuk tingkatan SMP, dan 3,2 juta orang untuk tingkatan SMA/SMK. Kemudian sebanyak 200 ribu orang penerima KIP untuk kuliah.

    Adapun jumlah bantuan yang diterima untuk tingkatan SD sebesar Rp450 ribu per tahun, SMP sebanyak Rp750 ribu per tahun dan SMA/SMK Rp1 juta per tahun.

    Di sisi lain, pemerintah juga menyiapkan program merdeka belajar. Menurut laporan tersebut, lembaga pendidikan turut direformasi agar merdeka dari tekanan administrasi, prestasi, penerimaan siswa baru, hingga akreditasi.

    Merdeka belajar, dalam laporan itu, menjadi penting agar guru dan siswa mengikuti sekolah dengan menarik dan membahagiakan, namun tetap berorientasi pada peningkatan kualitas pendidikan dan masa depan.

    "Di tingkat kuliah, merdeka belajar memberikan dorongan bagi kampus untuk membuka program studi baru serta akreditasi yang lebih fleksibel. Juga adaptif dengan kebutuhan dunia kerja," tulis laporan tersebut.

    Sejauh ini, dari data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, jumlah guru yang bersertifikat meningkat dari tahun ke tahun.

    Pada 2015 tercatat 1.350.661 guru yang bersertifikat. Kemudian naik menjadi 1.4491.609 guru pada 2016. Pada 2017 sebanyak 1.506.813 guru yang bersertifikat, 2018 ada 1.555.242 guru, dan 2019 sebanyak 1.594.722 guru yang bersertifikat.

    Selain itu, dalam laporan itu disebutkan bahwa pemerintah juga terus melanjutkan program sekolah vokasi degan dunia usaha. Sekolah-sekolah vokasi menyiapkan sumber daya manusia (SDM) sesuai kebutuhan industri.

    Dari data yang dipaparkan, terdapat 14.084 SMK yang melakukan kerja sama, 272.788 jalinan kerja sama SMK dengan industri, 190.842 industri yang menjadi mitra SMK, dan 87 bidang usaha mitra industri SMK.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Istana Klaim Jokowi Sediakan Sekolah Gratis hingga Sarjana
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar