Honda Setop Pasok Mesin F1

Daftar Isi

     

    Lancang KuningHonda mengumumkan mengakhiri keikutsertaannya dalam Kejuaraan Dunia FIA Formula One (F1) World Championship pada akhir musim 2021. Keputusan ini diambil karena Honda akan fokus pada pengembangan mesin ramah lingkungan dalam upaya mengurangi polusi karbon.

    Honda memulai kontribusinya untuk F1 sejak 1964, sebagai tim balap, constructor, dan penyuplai mesin. Namun perusahaan asal Jepang ini berulang kali pergi dan kembali.

    Honda terakhir kembali sebagai pemasok mesin kepada beberapa tim pada 2015. Pada musim 2020, Honda memasok mesin RA620H, 1.600 cc, V6 hybrid untuk dua tim sekaligus, yaitu Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri.

     

    Bersama kedua tim tersebut, Honda mampu meraih tiga kemenangan pada musim lalu serta dua kemenangan sejauh ini pada musim 2020.

    "Di ajang F1, Honda telah sukses mencapai tujuan kami untuk meraih kemenangan. Dan sekarang, kami akan menyalurkan kekuatan kami untuk mencapai inovasi di bidang baru dalam menciptakan unit tenaga dan energi bebas karbon serta mewujudkan pengimbangan karbon," kata Takahiro Hachigo, Representative Director and CEO of Honda, mengutip keterangan tertulisnya, Senin (5/10).

    "Ini akan menjadi tantangan yang berat dan sulit seperti berkompetisi di F1, dan juga akan menjadi tantangan besar yang harus dihadapi Honda bersama masyarakat."

    Honda disebut telah membuat keputusan mengenai realisasi pengimbangan karbon pada 2050. Dikatakan untuk mencapai tujuan ini sumber daya perusahaan akan difokuskan dalam penelitian dan pengembangan ke bidang unit daya dan teknologi energi, termasuk teknologi kendaraan sel bahan bakar (FCV) dan baterai EV (BEV).

    Saat ini, Honda membuat keputusan untuk mempercepat inisiatif tersebut dengan target mewujudkan dua per tiga dari seluruh penjualan unit mobil globalnya pada 2030 yang terdiri dari mobil listrik.

     

    Disebutkan juga pada April, Honda telah membuat penelitian yang disebut Innovative Research Excellence, Power Unit & Energy untuk merealisasikan rencananya itu.

    "Di ajang F1, untuk memenuhi ekspektasi para penggemarnya, Honda akan tetap bekerja sama dengan Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri untuk terus bersaing meraih lebih banyak kemenangan hingga akhir musim 2021," ucapnya.

     


    Sumber : https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20201006122318-383-554890/honda-setop-pasok-mesin-f1

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Honda Setop Pasok Mesin F1
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar