Rudal Armenia Lawan Azerbaijan, Andalan Rusia Ancam Eropa

Daftar Isi

    LancangKuning -Tentara Armenia menggunakan rudal buatan Rusia, Iskander dalam konflik dengan Azerbaijan. Konflik antara Armenia dan Azerbaijan memanas setelah pertempuran di wilayah sengketa Nargono-Karabakh pada Senin (28/9).

    CNNIndonesia.com merangkum beberapa fakta peluru kendali buatan Rusia yang jadi andalan Armenia melawan Azerbaijan.

    1. Mampu hancurkan musuh berjarak 280 km

    Varian Iskander-E memiliki jangkauan 280 km dan kapasitas hulu ledak 480 kg. Rudal mampu membawa hulu ledak hingga 700 kilogram dengan menggunakan kendaraan maneuverable re-entry vehicle (MaRV).

    Baca Juga : Bupati Inhil Menjadi Keynote Speaker Webiner Nasional LP3M


     

    Hulu ledak konvensional yang dapat dilengkapi oleh Iskander termasuk hulu ledak cluster, bahan peledak bahan bakar udara, penghancur bunker, dan hulu ledak electromagnetic pulse (EMP).

    Rudal Iskander memiliki dua varian, yaitu Iskander-M dan Iskander-E. Rudal Iskander-E tidak digunakan oleh Rusia, namun diekspor ke luar negeri.
    2. Punya dua varian

    Iskander-M dioperasikan oleh Angkatan Darat Rusia sejak tahun 2006. Rudal memiliki jangkauan 400 hingga 500 kilometer dan memiliki sistem panduan serta optik.

    3. Diekspor ke berbagai negara

    Pada 2016, Armenia menjadi pembeli pertama Iskander-E dan memamerkannya pada akhir tahun itu. Aljazair kemudian membeli 4 resimen Iskander-E, dengan total 48 TEL dan 120 kendaraan pendukung

    4. Pertama kali diuji pada 2006

    Rudal itu pertama kali diuji tempur pada tahun 2008 selama Perang Rusia-Georgia. Saat itu beberapa Iskander dilengkapi secara konvensional digunakan oleh Angkatan Darat Rusia untuk menyerang sasaran di Gori, Georgia.

    Iskander telah menjadi senjata pilihan Moskow saat membuat ancaman di seluruh Eropa. Pada tahun 2012, Penjabat Menteri Pertahanan Anatoly Serdyukov memperingatkan bahwa Iskander dapat digunakan untuk menargetkan sistem pertahanan rudal di Eropa.

    Baca Juga : Zulaikhah Wardan Serahkan Piagam Penghargaan kepada GenRe Inhil


    5. Jadi senjata utama Rusia

    Termasuk ancaman untuk menyebarkan beberapa rudal ke Kaliningrad yang berbatasan dengan anggota NATO Baltik, Polandia dan Lituania.

    Konflik antara Armenia dan Azerbaijan yang terjadi di wilayah sengketa Nagorno-Karabakh pada Senin (28/9) dini hari sejauh ini menewaskan puluhan tentara dan warga sipil, serta ratusan lainnya luka-luka.

    Hingga saat ini belum diketahui motif yang memicu pertempuran antara kedua negara. Namun konflik kali ini disebut sebagai bentrokan terbesar yang pernah terjadi sejak 2016.

    Berdasarkan catatan otoritas Nagorno-Karabakh, penembakan tepatnya terjadi di ibu kota wilayah Stepanakert dan kota Martakert dan Martuni.

    Infografis Perbandingan Militer Armenia-AzerbaijanInfografis Perbandingan Militer Armenia-Azerbaijan

    Melansir CNN, Armenia mengatakan pihaknya menanggapi serangan rudal yang diluncurkan Azerbaijan pada Minggu (27/9). Sementara Azerbaijan menyalahkan Armenia atas bentrokan tersebut.

    Baca Juga : Angka Persentase Pasien Sembuh Covid-19 di Riau Meningkat


     

    Menanggapi dugaan penembakan proyektil oleh Azerbaijan, Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan menulis di Twitter-nya bahwa negaranya telah "menembak jatuh dua helikopter dan tiga UAV, (juga) menghancurkan tiga tank".

    Sebagai akibat dari ketegangan yang meningkat, pemerintah Armenia memutuskan memberlakukan darurat militer dan memerintahkan "mobilisasi umum".
    Keputusan serupa turut diambil Azerbaijan.

    Parlemen memutuskan memberlakukan darurat militer, yang efektif mulai tengah malam dan Presiden Ilham Aliyev menyetujui keputusan itu.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Rudal Armenia Lawan Azerbaijan, Andalan Rusia Ancam Eropa
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar