Penyakit Non Infeksius Pada Ternak

Daftar Isi

    LancangKuning - Penyakit infeksius adalah penyakit yang disebabkan oleh mikroorganisme dapat menular ke sesama hewan bahkan ke manusia, penyakit ini adalah parvovirosis, leptospirosis, feline panleukopenia, pneumonia, dan enteritis sedangkan pada penyakit yang bersifat non infeksius adalah luka (abses) dan shock. Hewan yang memerlukan manajemen perawatan yang baik sehingga mudah terserang penyakit. Apabila hewan terkena atau timbul gejala-gejala penyakit maka harus segera ditangani oleh dokter hewan yang dibantu oleh paramedis.

    Dalam menangani pasien penderita penyakit infeksius maupun non infeksius paramedis bertugas untuk membersihkan pada bagian kandang, membersihkan tempat pada pakan, melakukan klinis dan kontrol pada pasien, serta membantu tugas dokter pada hewan untuk memberikan obat.

    Ketosis pada ayam ternak adalah sejenis penyakit yang terjadi pada sapi perah, ketosis terjadi pada akibat kekurangan glukosa di dalam darah tubuh, peristiwa ini sering terjadi pada sapi yang sudah tua

    Penyakit Ternak bisa disebabkan oleh banyaknya hal seperti manajemen pada perkandangan yang kurang bagus, serangan pada agen infeksius virus, bakteri, parasit, jamur. Bahkan juga ditemukan pada penyakit di sapi yang disebabkan oleh prion, yaitu sejenis pada molekul protein yang telah berubah susuannya menjadi konfigurasinya. Beberapa jenis penyakit pada ternak diketahui dapat menular pada manusia.

    Baca Juga : Guru Les Privat Ngaji di Siak

    Pencegahan pada serangan penyakit hewan adalah salah satu hal yang terbaik yang bisa dilakukan. Faktor kebersihan, serta nilai pada sanitasi pada kandang untuk memegang peranan utama sebagai penghalau serangan penyakit. Pemberian berbagai pakan ternak dengan mengkomposisi nutrisi yang bagus dapat berimbang untuk diperlukan untuk menunjang kesehatan pada ternak. Vaksinasi juga digunakan untuk penyakit yang menular yang memiliki resiko yang tinggi, baik itu resiko terhadap hewan itu sendiri maupun resiko menular kepada manusia

    Berikut adalah Beberapa Jenis Penyakit Pada Ternak sebagai berikut:

    1. Penyakit karena bakteri
    2. Brucellosis
    3. Radang Hati Nekrotik Menular
    4. Leptospirosis
    5. Infeksi Salmonella
    6. Penyakit Antraks
    7. Penyakit karena virus
    8. Penyakit jembrana
    9. Penyakit PMK atau yang dikenal dengan sebutan penyakit mulut dan kuku
    10. Demam Tiga Hari ( BEF )
    11. Bovine Viral Diarrhea
    12. Penyakit karena Prion
    13. BSE atau penyakit sapi gila
    14. Scrapie pada domba dan kambing

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Jenis dan Penyebab Penyakit Infeksi

    Infeksi dapat disebabkan menjadi 4 bagian dalam organisme yang berbeda, yakni pada virus, pada bakteri, pada parasit, dan pada jamur. Masing-masing organisme yang dapat menimbulkan masalah pada kesehatan yang berbeda.

    Berikut adalah contoh pada penyakit dengan berdasarkan organisme yang menyebabkannya:

    • Virus. Adalah organisme yang dapat menyerang dengan sel yang dalam di tubuh. Human immunodeficiency virus (HIV) adalah salah satu contoh pada jenis virus yang menyebabkan penyakit HIV/AIDS.
    • Bakteri. Merupakan organisme yang dapat melepaskan racun untuk menyebabkan penyakit. E. coli adalah dengan salah satu cara yang mempunyai contoh dengan jenis bakteri yang menyebabkan infeksi pada saluran kemih.
    • Jamur. Dermatophytes adalah salah satu contoh dengan jenis pada jamur yang dapat juga menjadi salah penyebab dari kutu air. Jamur juga dapat berkembangbiak dengan cepat di pada lingkungan yang bersuhu hangat dan lembap.

    Baca Juga : Guru Les Privat Ngaji di Bangkinang, Kampar

    • Parasit. Parasit juga hidup dengan bergantung pada organisme lain. Plasmodium adalah salah satu contoh dengan jenis parasit yang bergantung hidup di nyamuk dan menjadi penyebab pada malaria.

    Penyebaran organisme adalah salah satu penyebab dari infeksi yang dapat terjadi dengan berbagai cara, baik secara kontak langsung, melainkan dengan melalui hewan atau benda yang terkontaminasi. Diare, demam, dan badan yang terasa lemas adalah gejala umum penyakit infeksi. Jika mengalami gejala tersebut, maka akan lebih baik untuk melakukan konsultasi dengan dokter.(Yoki)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penyakit Non Infeksius Pada Ternak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    100%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait