Pemograman Berorientasi Objek

Daftar Isi

    LancangKuning - Oriented Programming (OOP) adalah sebuah paradigma di dalam pemrograman yang menyelesaikan suatu masalah pada program dengan menyediakan objek-objek (terdiri dari beberapa bagian attribute dan method) yang saling berkaitan yang disusun dalam satu kelompok atau yang disebut dengan class. Karena objek-objek tersebut akan saling berinteraksi dalam menyelesaikan dalam suatu masalah di dalam program yang rumit.

    Konsep yang mungkin lebih mudah dipahami berikut ini adalah contoh nyata dalam kehidupan. Misalkan saat duduk di bangku sekolah, pasti akan  ditempatkan di dalam satu kelas yang berisikan siswa lainnya, dapat menyimpulkan bahwa kelas itu sama dengan class yang digunakan dalam OOP dan siswa-siswi yang berada di dalam kelas yang sama dengan objek-objek yang ada di dalam class.

    Untuk memahami topik sedikit lebih baik, memiliki konsep dasar yang dapat dipahami dengan sedikit penjelasan,

    Ada beberapa konsep-konsep sebagai berikut:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Encapsulation

    Encapsulation merupakan konsep di dalam proses yang menciptakan sebuah objek dimana terdapat beberapa bagian antara attribute yang terbagi berdasarkan sifat yang disebut public (umum) dan private (khusus). Sebagaimana yang diketahui dalam definisi OOP, objek akan selalu berinteraksi kepada objek lain yang akan  menyelesaikan masalah dengan mengakses proses  objek tersebut.

    Untuk menghindari redundansi, maka akan diberikan batasan akses setiap objek terhadap objek lain. Saat mengakses method dari objek lain, disebut dengan menyebutkan  method bersifat public. Sedangkan attribute diakses di dalam  objek, maka akan disebut sebagai attribute bersifat private.

    Di ambil dalam contoh tubuh manusia terdiri dari beberapa class seperti tangan (hand), kaki (leg) dan sebagainya. Class hand memiliki beberapa objek seperti lengan, siku, dan jari. Dilihat dari satu objek yang memiliki beberapa attribut private yaitu seperti tulang, pembuluh darah, dan kulit. Selain itu, jari juga memiliki aktivitas pada umumnya ialah public method menggenggam(), menyentuh(), dan menulis (). Pemisahan tersebut merupakan tujuan utama encapsulation.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Inheritance

    Membuat objek-objek di dalam sebuah class, mungkin memiliki sifat yang sama antara objek dengan penulis yang bersifat berulang kali. Hal ini merepotkan waktu yang lebih lama. Oleh karena itu terdapat suatu konsep di dalam OOP mampu membantu dalam mengatasi masalah tertentu. Inheritance merupakan hubungan antara dua objek yang dimana akan bersifat memiliki objek utama yang mewariskan attribute pada method yang dimilikinya dengan objek lain, akan bisa melakukan keseluruhan di dalamnya.

    Bentuk sederhana dan inheritance sebagai berikut:

    Saat membuat sistem informasi kampus yang diakses oleh Dosen dan Mahasiswa. Kedua objek tersebut pasti memiliki attribut yang sama seperti nama, umur, alamat, dan lainnya. Untuk menghindari penulisan ulang ketiga attribut tersebut di setiap objek, akan membuat objek baru yang menyimpan ketiga attribute yang nantinya akan diwariskan kepada objek dosen dan mahasiswa. Lalu objek Person mengetahui apakah objek Dosen atau objek Mahasiswa yang mengaksesnya? Untuk menghindari kebingungan dalam pengaksesan maka Objek Dosen dan Mahasiswa memiliki attribute pembeda yang didefinisikan dalam masing-masing objek yaitu IdDosen dan NIM mahasiswa. Pengaksesan memiliki keterkaitan dengan Polymorphism adalah objek yang diakses pengguna dengan konsep inheritance dan attribute-attribute pembeda yang mengidentifikasi objek.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Abstraction

    Abstraction adalah konsep yang terbagi menjadi objek yang sejenis, namun pada saat impelementasi yang berbeda-beda. bisa mengambil sebuah objek dari contoh seperti objek pada dosen. dosen memiliki kepentingan yang berbeda dengan matakuliah yang beda pula di dalam satu semester akademik, namun suatu entitas yang sama memiliki kepentingan yang berbeda-beda.

    Composition

    Composition adalah sebuah class yang terdiri dari beberapa bagian objek yang terpisah di dalamnya yang memiliki fungsi berbeda-beda. Contoh paling mudah adalah kembali pada contoh pertama. Tubuh manusia disusun oleh beberapa class seperti tangan, kaki, kepala dan sebagainya. Class tangan terdiri dari beberapa objek seperti Jari, Siku, dan Lengan. Kumpulan dari beberapa objek akan memiliki sebuah class yang memiliki beberapa class pada program yang di  inginkan.(Riska)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pemograman Berorientasi Objek
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar