Manfaat Pernapasan Diafragma

Daftar Isi

    LancangKuning - Seperti yang kita ketahui bernafas sangatlah penting bagi makhluk hidup terutama manusia, bernafas adalah salah satu alasan manusia dapat hidup. Mekanisme pernapasan sendiri terbagi menjadi dua jenis yaitu: pernafasan dada (pernafasan diafragma) dan pernafasan perut, nah mungkin bagi kalian atau mereka yang memiliki pekerjaannya sebagai penyanyi ataupun guru vocal pasti mereka sudah mengetahui banyak tentang mekanisme pernafasan tersebut, karena dalam bernyanyi kedua jenis mekanisme pernafasan ini sering dipakai agar nafas si penyanyi tidak sesak saat bernyanyi.

    Disini kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai pernafasan diafragma atau yang dikenal juga dengan pernafasan dada, mari kita simak penjelasan berikut.

    Pengertian Diafragma

    Diafragma adalah organ yang berada diantara rongga dada dan rongga perut yang berfungsi ataupun bertujuan sebagai organ yang membantu sistem pernapasan manusia. Diafragma sendiri merupakan otot penting yang berguna untuk memisahkan rongga dada (berisi organ – organ yang penting) dengan rongga perut. Biasanya saat kita berbicara soal diafragma, maka yang langsung terpikirkan adalah diafragma thoraks (Diafragma Dada) namun sebenarnya masih ada beberapa diafragma lain di dalam tubuh manusia contohnya diafragma panggul, diafragma urogenital serta diafragma mata.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Fungsi dan Manfaat Dari Diafragma

    • Fungsi utama dari diafragma ialah berguna dalam proses pernapasan, yaitu mengatur masuk dan keluarnya udara dari dalam tubuh dan luar tubuh melalui kontraksi dan relaksasinya.
    • Diafragma memiliki fungsi non-pernapasan, yang berguna membantu mengeluarkan urin, muntah, feses serta kegiatan-kegiatan lain yang memerlukan peningkatan tekanan pada rongga perut.
    • Diafragma dapat mencegah pengaliran cairan asam dari lambung ke esofagus serta kerongkongan.
    • Kontraksi diafragma secara tiba-tiba dapat menyebabkan kejadian yang biasa kita sebut dengan cegukan. Kejadian tersebut merupakan hasil dari pita suara yang semakin menutup karena banyaknya udara yang masuk ke dalam paru-paru. Cegukan tidak menyebabkan bahaya untuk tubuh manusia dan hanya bersifat sementara.
    • Untuk membantu kita dalam buang air kecil, buang air besar, dan muntah dengan cara meningkatkan tekanan intra-abdomen. Terutama kontribusi dari diafragma ini dalam kesehatan, kecil namun berharga.

    Struktur Diafragma

    Diafragma merupakan sekat otot berserat yang memiliki bentuk seperti kubah. Permukaan atas dari diafragma berbentuk cembung (pada rongga dada) serta memiliki bentuk cekung pada permukaan bawah rongga perut. Karena terdiri dari jaringan-jaringan otot, maka diafragma bisa melakukan kontraksi dan relaksasi.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Diafragma disusun oleh otot rangka (Otot Lurik) sehingga seluruh pergerakannya bisa kita sadari (volunter). Saraf yang mengatur seluruh pergerakan diafragma ialah saraf frnikus. Diafragma memiliki beberapa lubang yang berfungsi sebagai tempat lewatnya organ-organ penting dari bagian dada menuju ke bagian perut.

    Diafragma memiliki 3 lubang utama, berikut lubang-lubang diafragma:

    • Lubang Aortic adalah lubang yang dilewati atau dilalui oleh Aorta.
    • Lubang Esophageal adalah lubang yang dilalui atau dilewati oleh esofagus.
    • Lubang Caval adalah lubang yang dilalui atau dilewati oleh vena kava inferior.

    Cara Kerja Diafragma

    Saat proses inspirasi terjadi atau saat kita menarik nafas maka diafragma akan berkontraksi serta bergerak ke bawah. Lalu paru-paru akan mengembang sesuai dengan banyaknya volume udara yang masuk. Kontraksi atau pergerakan dari diafragma membuat rongga dada menjadi lebih luas sehingga proses inhalasi dapat berjalan lancar. Perluasan rongga dada dan munculnya tekanan negatif akan menambah kekuatan untuk menghirup udara masuk ke dalam paru-paru.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Lalu setelah selesai melakukan proses pertukaran oksigen dengan karbondioksida oleh sistem sirkulasi tubuh. Selanjutnya diafragma akan berelaksasi sampai rongga dada semakin sempit, dengan kemampuan elastisnya, saat paru-paru mengempis atau mengecil disitu ia akan mengeluarkan udara kotor atau yang disebut dengan karbondioksida. Pengeluaran udara tersebut akan dibantu oleh otot-otot yang berada di sekitaran rongga dada.

    Nah teman-teman sekian penjelasan dari kami mengenai manfaat dan uraian mengenai pernafasan diafragma, bila ada kesalahan kata mohon dimaafkan ya teman­-teman, sekian dan terimakasih telah mengunjungi website kami.(Mayor)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Pernapasan Diafragma
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar