RI soal Embargo Senjata Iran hingga Israel Setop Aneksasi

Daftar Isi

     

    Lancang Kuning - Sejumlah peristiwa terjadi pada Kamis (14/8) dirangkum dalam kilas internasional. Mulai dari Indonesia mempertimbangkan usul AS untuk memperpanjang embargo senjata Iran hingga Israel dipastikan setop aneksasi di wilayah Palestina.

    Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Presiden Dewan Keamanan perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) menyatakan akan memfasilitasi pembahasan resolusi usulan Amerika Serikat untuk memperpanjang embargo senjata terhadap Iran.

    Hal itu disampaikan oleh Direktur Keamanan Internasional dan Perlucutan Senjata, Grata Endah Werdaningtyas, dalam jumpa pers Kementerian Luar Negeri, Kamis (13/8).

     


    Indonesia akan memfasilitasi pembahasan semua rancangan resolusi yang diajukan oleh negara anggota DK PBB. Termasuk dalam hal ini rancangan resolusi usulan AS bagi perpanjangan embargo senjata terhadap Iran," ujar Grata.

    "Sebagai diketahui bersama, rancangan resolusi AS difokuskan pada perpanjangan limitasi transfer senjata dan travel banned terhadap Iran yang rencananya memang akan berakhir pada 18 Oktober 2020. Diusulkannya perpanjangan ini tanpa batasan waktu dan hanya dapat diakhiri oleh keputusan DK PBB," tambahnya.

    Israel dikabarkan setuju untuk menghentikan lebih jauh upaya aneksasi wilayah Palestina. Komitmen tersebut tertuang di bawah perjanjian perdamaian antara Israel, Amerika Serikat dan Uni Emirat Arab.

     


    "Selama pertemuan dengan Presiden Trump dan Perdana Menteri Netanyahu, kesepakatan dicapai untuk menghentikan aneksasi Israel lebih lanjut atas wilayah Palestina," tulis Putra Mahkota UEA, Sheikh Mohammed bin Zayed Al-Nayhan dalam pertemuan tersebut, dicuitkan melalui akun Twitter, Kamis (13/4).

    Dilansir AFP, Presiden AS Donald Trump mengatakan perjanjian damai antara tiga negara menandai "hari bersejarah" tentang upaya perdamaian di Timur Tengah. Hal tersebut juga diakui PM Israel, Benjamin Netanyatahu.

    Presiden AS Donald Trump, dalam pengumumannya mengatakan pada Kamis Israel dan Uni Emirat Arab telah mencapai kesepakatan damai.

    "Normalisasi hubungan antara UEA dan Israel adalah "terobosan besar"," cuit Trump.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel RI soal Embargo Senjata Iran hingga Israel Setop Aneksasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar