Perbedaan Algoritma dan Flowchart

Daftar Isi

    LancangKuning - Algoritma dan flowchart sudah hal yang umum di ketahui oleh anak kuliahan yang mengambil jurusan Teknik Informatika, dimana mata kuliah ini telah ada pada semester awal, kadang di SMK juga belajar algoritma dan flowchart jika kamu mengambil jurusan Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL ). Karena algoritma ( Algorithm )dan flowchart ( Diagram alir ) merupakan langkah dasar yang harus di ambil untuk meningkatkan kemampuan dalam jurusan teknik informatika.

    Pasti pada bingung Apa itu Algoritma ? , apa itu Flowchart ?, Seperti apa Contoh dari algoritma ? dan Seperti apa contoh dari Flowchart ?. Dari pada bingung mari kita bahas sambil memahami apa itu  algoritma dan flowchart sebelum kita membahas perbedaan antra algoritma dan flowchart dibawah ini.

    Apa itu Algoritma ?

    Secara umum algoritma atau algorithm adalah suatu urutan dari beberapa langkah logis dan sistematis yang digunakan untuk menyelesaikan masalah tertentu. Dan ada juga pendapat lain algoritma adalah proses dari beberapa serankgaian aturan yang harus di ikuti dalam perhitungan atau operasi pemecahan masalah tertentu.

    Jadi dapat di simpulkan, Algoritma atau algorithm adalah serangkaian susunan yang logis yang di urutkan secara sistematis yang digunakan untuk menyelesaikan masalah.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Sebelum membuat program. Langkah pertama yang harus di lakukan yaitu menuliskan atau membuat algoritma. Karena dengan menuliskan atau membuat algoritma dapat memudahkan untuk memodifikasi program atau apabila terjadi kesalah bisa dengan mudah di perbaiki.

    Contoh Algoritma

    Berikut salah satu contoh dari algoritma yaitu cara membuat mie rebus :

    1. Beli mie rebus di toko terdekat.
    2. Siapkan peralatan yang di perlukan seperti kompor, mangkok, panci, air, gunting, serta sendok dan garpu.
    3. Masukkan atau tuangkan air kurang lebih tiga gelas air ke panci.
    4. Nyalakan kompor.
    5. Taruh panci yang telah di isi air di atas kompor, kemudian tunggu sampai air mendidih.
    6. Buka bungkus mie rebus yang sudah di beli.
    7. Kemudian masukkan mie rebus ke dalam panci yang airnya sudah mendidih.
    8. Lalu gunting atau buka bungkus bumbu mie rebus. Kemudian masukkan ke dalam panci yang telah berisi mie rebus dan air yang mendidih, lalu mengaduk dan menunggu hingga kurang lebih 3 menit.
    9. Tuangkan mie rebus yang berada dalam panci ke mangkok, kemudian sajikan dalam keadaan hangat.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Bandar Lampung

    Apa itu Flowchart ?

    Secara umum Flowchart atau diagram alir adalah bagan – bagan yang memiliki simbol – simbol tertentu yang menggambarkan langkah – langkah urutan dan proses secara mendetail untuk menyelesaikan suatu masalah. Dan ada juga pendapat lain Flowchart adalah sebuah metode untuk menggambarkan tahap – tahap penyelesaian masalah, serta dengan aliran data dan simbol – simbol yang mudah di pahami.

    Jadi dapat disimpulkan, Flowchart atau diagram alir adalah Sebuah metode yang menggunakan simbol – simbol yang mengambarkan langkah – langah untuk menyelesaikan suatu masalah.

    Tujuan dalam menggunkan flowchart yaitu untuk menyederhanakan rangkaian proses yang digunakan unutk mempermudah pemahaman user terhadap informasi tersebut. Oleh sebab itu, design sebuah flowchart harus ringkas, jelas dan logis.

    Contoh Flowchart

    Berikut salah satu contoh dari algoritma yaitu cara membuat mie goreng :

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Perbedaan Algoritma dan Flowchart

    Dari pembahasan di atas kamu dapat mengetahui perbedaan dari Algoritma dan flowchart. Berikut perbedaan Algortima dan flowchart :

    Algoritma merupakan prosedur langkah demi langkah untuk menyelesaikan masalah, Sedangkan Flowchart merupakan diagram yang mewakili dari suatu algoritma.

    Algoritma di tampilkan atau direpresentasikan menggunakan diagram alur atau kode semu, sedangkan Flowchart di tampilkan atau direpresentasikan menggunakan simbol.(Diandri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Algoritma dan Flowchart
    Sangat Suka

    38%

    Suka

    30%

    Terinspirasi

    7%

    Tidak Peduli

    15%

    Marah

    7%

    Komentar