Objek Wisata Alam yang Ada di Kampar

Daftar Isi

    LancangKuning.com, Pekanbaru - Objek wisata adalah tempat sasaran yang tepat untuk menghabisi waktu liburan. Apalagi untuk para pekerja yang ingin menikmati libur panjang minggu ini.

    Objek wisata alam adalah salah satu tempat yang cocok untuk dikunjungi guna melepas penat setelah lelah bekerja. Seperti beberapa objek wisata alam yang ada di Kabupaten Kampar ini bisa kamu jadikan salah satu tujuan untuk menghabiskan waktu liburan minggu ini.

    1. Ulu Kasok

    Ulu Kasok adalah salah satu tempat wisata yang berada di daerah Kampar dan menjadi tren akhir-akhir ini. pasalnya view yang ditampilkan saat berada di puncak Ulu Kasok disebut sebagai raja ampat versi Kampar. Sehingga banyak masyarakat yang mengunjungi tempat ini untuk menyaksikan Raja Ampat versi Kampar-Riau.

    1. Sungai Hijau

    Sungai Hijau bisa dikatakan dengan wisata andalan Kampar, tempatnya terletak di Desa Salo Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar. Sungai ini dinamai sungai hijau bukan karena airnya yang berwarna hijau melainkan banyaknya pohon-pohon dan aliran Sungai yang tampak kehijauan dan bening hasil dari penampakan lumut dan ganggang di dalam air.

    1. Candi Muara Takus

    Saat liburan Candi Muara Takus akan ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing. Terletak di Desa Muara Takus, Kecamatan Tigabelas Koto Kampar Provinsi Riau atau menempuh jarak sekitar 3-4 jam dari kota Pekanbaru. Selain itu, disekitar daerah Candi Muara Takus menyediakan tempat kemping jika para wisatawan ingin melakukan kemah atau bermalam.

    1. Air Terjun Batang Kapas

    Air Terjun Batang Kapas terletak di wilayah Desa Lubuk Bigau, Kenegerian Pangkalan Kapas, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Air terjun yang indah ini berada di hutan desa yang masih perawan dengan jalur pendakian berupa jalan setapak di dalam hutan.

    1. Air Terjun Panisan

    Objek Wisata Air Terjun Panisan ini terletak di Desa Tanjung, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar. Keunikan Air Terjun Panisan ini memiliki tiga spot dengan tingkatan yang berbeda, Air Terjun tingkatan pertama memiliki tinggi 25 meter kemudian pada tingkatan kedua memiliki tinggi 30 meter dan tingkatan ketiga memiliki tinggi 7 meter yang di mana anda akan di sambut terlebih dahulu dengan air terjun tingkatan ketiga saat anda sampai di lokasi.

    1. BoomBara WaterPark

    Boombara Waterpark menjadi objek wisata yang ramai di Pekanbaru. Objek Wisata Boombara Waterpark ini terletak di Jl. Raya Pasir Putih KM.5, Desa Baru, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

    Terdapat berbagai macam wahana yang ada pada Boombara Waterpark yang dibangun diatas lahan seluas 10 Ha. Seperti Kids Pool (kolam bermain anak-anak), Octopus, Seluncur, Kolam Ombak ,Olympic, Kolam Standar, Family Slide, kolam Arus serta wahana Slider dan Sctopus Slider.

    Untuk masuk ke Boombara waterpark ini, di kenakan biaya sebesar Rp. 35.000,-/ orang (senin-jum’at). Untuk hari sabtu, minggu dan hari libur nasional dikenakan biaya sebesar Rp. 50.000,-/orang. 

    1. Bukit Naang

    Bukit Naang yang berlokasi sekitar 8 km dari pusat Ibu Kota Kabupaten Kampar, Bangkinang. Bukit Naang ini, ramai dikunjungi pada saat liburan. merupakan objek wisata sekaligus tempat rekreasi keluarga dengan kondisi alam yang masih asri. Objek wisata ini merupakan panggung wisata outbond pertama di Kabupaten Kampar.

    Untuk masuk ke lokasi wisata ini, kenakan biaya karcis masuk sebesar Rp.10.000,- untuk dewasa dan Rp.5.000,- untuk anak-anak. Dan tak lupa pula biaya karcis parkir kendaraan yang di bandrol Rp.15.000,- untuk bus, Rp.5.000,- bagi yang bawa mobil dan untuk pengendara motor cukup membayar Rp.2.000,- saja

    1. Museum Kandil Kemilau Emas

    Museum Kandil Kemilau Emas adalah sebuah rumah yang dibangun sekitar tahun 1900 oleh Almarhum Haji Hamid yang berbentuk rumah Adat Lima Koto Kampar. Museum ini diresmikan penggunaannya pada tanggal 22 Mei 1988.

    Para wisatawan yang datang mengunjungi museum ini untuk mengetahui dan mendalami tentang kebudayaan Kampar. Pesona Kabupaten Kampar akan ditemukan pada museum ini. Tidak hanya itu, berbagai macam barang peninggalan bersejarah yang ada di Kampar juga tersimpan di museum ini.

    Ada sekitar dua ratus lima puluh macam barang antik yang ada di  Museum Kandil Kemilau Emas, barang-barang ini merupakan koleksi warisan turun temurun sebagai barang pusaka. Kampar yang memiliki banyak potensi alam juga menyimpan beragam khasanah kebudayaan daerah yang berkaitan dengan kebudayaan suku melayu yang terdapat di Provinsi Riau.

    Itulah beberapa objek wisata alam yang ada di Kabupaten Kampar Provinsi Riau yang dapat kamu jadikan sebagai tujuan akhir pekan ini. Happy Holiday dan semoga bermanfaat. (Ulti)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Objek Wisata Alam yang Ada di Kampar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar