Kembangkan Bisnis dengan Memanfaatkan LinkedIn

Daftar Isi

    Lancang Kuning LinkedIn, merupakan salah satu platform jejaring sosial berdiri di bawah naungan LinkedIn Corporation.  Di Indonesia, pengguna LinkedIn memang sebanyak dan sepopuler Instagram, Twitter maupun Facebook. Tapi  menurut Wikipedia, hingga April 2018, pengguna jejaring sosial dengan orientasi bisnis ini sudah mencapai lebih dari 546 juta di 200 negara dan wilayah di dunia.

    Tingkat kepopuleran LinkedIn memang tidak setinggi jejaring sosial lainnya. Namun, pengguna LinkedIn kebanyakan berasal dari kalangan profesional yang berasal dari industri hingga ekonomi. Karena sangat fokus pada bisnis, kebanyakan penggunanya memanfaatkan LinkedIn untuk mengembangkan usaha atau bisnisnya.

    Saat ini, banyak pemilik usaha berbisnis maupun perusahaan besar menggunakan Instagram hingga Facebook. Tapi tahukah Anda? LinkedIn sangat bermanfaat untuk mengembangkan usaha atau bisnis. Seperti media sosial lainnya, LinkedIn membantu Anda untuk membangun jaringan bagi perusahaan. Tak hanya itu, ada beragam manfaat lainnya dari LinkedIn untuk perkembangan bisnis dan perusahaan Anda seperti berikut ini:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Profil Perusahaan

    Membangun citra baik bagi perusahaan dapat diciptakan melalui kesan yang menarik pula. Citra perusahaan yang baik dibutuhkan untuk menarik perhatian, salah satunya melalui profil perusahaan atau company profile.

    LinkedIn dapat dimanfaatkan untuk membuat profil perusahaan Anda jadi lebih menarik perhatian. Anda dapat merincikan profil perusahaan dilengkapi dengan foto untuk memunculkan first impression.

    Tampilan pada profil perusahaan yang detail dan menarik juga dapat memberikan kesan profesional untuk bisnis maupun perusahaan Anda. Dengan kesan pertama yang pertama yang menarik melalui profil perusahaan, Anda akan dengan mudah menambah jaringan bisnis dan membangun kerjasama.

    1. Branding Bisnis

    Memasuki zaman serba digital, banyak pelaku bisnis memanfaatkan media sosial untuk membangun kepercayaan baik sesama pebisnis maupun terhadap konsumen. Kepercayaan dapat dibangun melalui strategi marketing yang menarik, salah satunya melalui branding bisnis dengan LinkedIn.

    Baca Juga : Indikator Pendukung Dalam Meningkatkan Akreditasi Kampus

    Branding merupakan salah satu strategi marketing dengan melalui pesan tentang produk dalam bisnis Anda untuk disampaikan kepada konsumen maupun pemilik bisnis lainnya. Melalui LinkedIn Anda dapat membangun dan memperkenalkan branding bisnis dengan visi dan misi perusahaan Anda.

    Dengan LinkedIn, Anda dapat memantau perkembangan branding bisnis di tengah masyarakat yang menjadi calon konsumen maupun sesame pelaku bisnis lainnya agar dapat melihat peluang untuk menjalin kerjasama.

    1. Marketing B2B

    Setiap bisnis membutuhkan strategi marketing yang tepat untuk mencapai target usaha Anda. strategi pemasaran yang banyak digunakan pelaku bisnis adalah marketing B2B karena dianggap sangat menguntungkan.

    Marketing B2B adalah aktivitas pemasaran yang merujuk pada business to business di antara sesama pelaku bisnis. Dengan demikian, seorang pelaku bisnis maupun perusahaan dapat memasarkan produknya kepada para pelaku bisnis maupun perusahaan lainnya. Biasanya, produk yang dipasarkan melalui marketing B2B adalah barang-barang industri hingga barang-barang modal bisnis.

    LinkedIn dapat dimanfaatkan untuk memasang iklan terkait produk dari bisnis Anda untuk menarik pebisnis lainnya yang juga memanfaatkan media sosial ini. Pasanglah iklan produk semenarik mungkin untuk membuka peluang kerjasama dengan pelaku bisnis lainnya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Media Membuka Lowongan Kerja

    Selain untuk company profile maupun media pemasaran produk bisnis Anda. Melalui LinkedIn Anda dapat membuka lowongan pekerjaan untuk bekerja di perusahaan Anda. Sebab, pengguna LinkedIn juga berasal dari para pencari kerja.

    Anda dapat memanfaatkan LinkedIn untuk mencari tenaga-tenaga fresh graduate dengan ilmu dan keahlian yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Anda harus membuat lowongan pekerjaan yang menarik sehingga dapat bersaing dengan LinkedIn Company Pages lainnya.

    Selain itu, dengan memanfaatkan LinkedIn, Anda dapat dengan mudah menyeleksi lamaran pekerjaan yang masuk ke perusahaan Anda. Terlebih lagi, LinkedIn dilengkapi dengan fitur yang memudahkan Anda dalam menyeleksi para pelamar kerja dari lowongan yang Anda buka. Melalui seleksi yang tepat, Anda dapat menemukan sumber daya manusia terbaik yang dapat bekerjasama dengan baik pula.

    Nah, itu dia sederet keuntungan yang diperoleh jika memanfaatkan LinkedIn untuk mengembangkan bisnis maupun perusahaan Anda. Mengingat generasi pelaku bisnis saat ini kebanyakan berasal dari kaum muda, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan media sosial seperti LinkedIn demi perkembangan bisnis Anda. (Vol1-YL)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kembangkan Bisnis dengan Memanfaatkan LinkedIn
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar