Penyakit pada Unggas yang disebabkan oleh Protozoa

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Ternak pada unggas secara tradisional mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Di satu pihak, ternak unggas memiliki arti sebagai sumber pendapatan dan di lain pihak sebagai sumber bahan pangan bermutu tinggi bag masyarakat. Ternak unggas merupakan harapan untuk penyediaan daging dan telur yang relatif murah, cepat dihasilkan dan terjangkau dibandingkan komoditas ternak lainnya.

    Salah satu ternak unggas yang banyak dikenali masyarakat adalah ayam, yang merupakan salah satu sumber protein hewani yang sangat dinikmati oleh masyarakat. Sistem pemeliharaan ayam saat ini sudah mengalami perkembangan yang lebih baik, namun kondisi lingkungan yang bersifat tropis sangat menunjang perkembangan bibit penyakit. Oleh karena itu, masih dapat ditemukan infeksi oleh berbagai jenis penyakit, baik yang disebabkan oleh bakteri, virus, cacing, maupun protozoa.

    Protozoa adalah organisme atau sel dengan bagian-bagian sel yang lengkap. Beberapa protozoa juga dapat menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan termasuk hewan unggas. Kehadiran protozoa dalam tubuh ayam merupakan salah satu faktor yang menentukan tingkat kesehatan ayam dan lebih lanjut dalam menentukan kelayakan ayam tersebut untuk dikonsumsi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Cara makan ayam yang bersifat omnivora menyebabkan ayam mempunyai parasit yang sangat banyak. Protozoa yang bersifat parasit dapat menimbulkan penyakit pada ayam. Penyakit yang disebabkan protozoa pada unggas antara lain sebagai berikut.

    1. Koksidiosis

    Koksidiosis merupakan penyakit pada unggas yang disebabkan oleh protozoa yang dapat menyebabkan gangguan proses pada pencernaan atau adsorpsi zat makanan, dehidrasi, hilangnya darah dan meningkatnya kepekaan terhadap agen penyakit lain. Penularan penyakit yang merugikan ini dapat melalui kontak secara langsung maupun tidak langsung seperti kontak dengan droplet dari unggas yang terinfeksi oleh penyakit ini.

    Pada saat unggas memakan koksidia, organisme pada protozoa yang menyebabkan penyakit ini akan menginvasi usus dan mengakibatkan kerusakan dan kemudian mulai berkembang biak. Bentuk inilah yang dapat menyebabkan infeksi pada unggas. Berat tidaknya penyakit ini tergantung dari jumlah protozoa yang dimakan oleh unggas maupun ayam. Di dalam peternakan, penyakit ini sangat mudah ditularkan melalui alas kaki, baju, burung liar, peralatan, dan tempat pakan.

    Baca Juga : Indikator Pendukung Dalam Meningkatkan Akreditasi Kampus

    Gejala klinis yang dapat dilihat adalah turunnya nafsu makan, turunnya berat badan, konversi pakan rendah, ayam tampak kurus, pucat, bulu kusam dan kemudian diikuti dengan berak darah. Vaksin untuk pencegahan penyakit ini telah dikembangkan dari oosit yang dilemahkan.

    Vaksin ini dapat diberikan melalui makanan atau minuman. Pencegahan dalam meredakan penyakit ini dapat dilakukan dengan cara memberikan vaksinasi pada ayam pada usia 4 hari. Biasanya dalam memberikan vaksinasi ini dapat dilakukan dengan penyemprotan pada pakan. Selain itu harus dilakukan sanitasi yang baik pada kandang DOC. Pilihlah pakan yang sudah mengandung koksidiostat yaitu preparat pembunuh protozoa Eimeria.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Leucocytozoonosis

    Leucocytozoonosis merupakan penyakit yang didapat oleh protozoa yang menyerang darah dan sel jaringan organ dari ternak unggas. Leucocytozoonosis disebabkan oleh parasit protozoa dari genus Leucocytozoon. Gejala-gejala Klinis yang dapat disebabkan oleh penyakit ini adalah
    ayam-ayam yang terserang dapat ditandai dengan nafsu makan yang mulai menurun, depresi, anemia, leleran dari mulut, lumpuh, diare dengan tinja berwarna kuning kehijauan, muntah darah dan produksi telur serta daya tetas menurun. Pemberian pyrimethamine 1 ppm dicampur dengan sulfonamide 10 ppm efektif untuk mencegah L. simondi.

    1. Ascariasis

    Ascariasis merupakan salah satu dari protozoa yang dapat menyebabkan penyakit parasit cacing nematode yang sangat merugikan pada ayam. Ascariasis disebabkan oleh Ascaridia galli dari family Ascaridiidae. Gejala Klinis Ayam terinfeksi Ascaridia galli menunjukkan gejala kurus, berat badan turun dan produksi telur menurun, pertumbuhan terhambat, diare. Pada kasus yang berat dapat terjadi kematian. Melakukan pengobatan dengan memberikan vitamin dan obat cacing seperti piperazin.(Redho)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Penyakit pada Unggas yang disebabkan oleh Protozoa
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    50%

    Komentar