Sanitasi Kandang, Peralatan dan Lingkungan Ternak

Daftar Isi

    Lancang Kuning Kegiatan sanitasi ini menjadi bentuk usaha pencegahan dari suatu penyakit. Caranya dengan menghilangkan beberapa rantai lingkungan yang ada hubungannya dengan penyakit tersebut. Karena, terdapat pada lingkungan ternak maka, faktor yang akan mempengaruhinya tentunya berasal dari ternak.

    Sanitasi kandang dan beberapa peralatan yang ada pada peternakan adalah salah satu dari bentuk tindakan yang perlu dilakukan sebagai bentuk pencegahan berjangkitnya suatu penyakit di lingkungan ternak maupun yang terdapat pada peternakan sendiri.

    Sanitasi sendiri ialah, bentuk kegiatan yang mengutamakan unsur kebersihan agar dapat menangani dan mencegah terjadinya suatu penularan maupun masuknya penyakit. Untuk kawasan lingkungan ternak hal ini menjadi suatu hal yang perlu dilakukan dan beberapa wilayah mewajibkannya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Untuk kawasan lingkungannya bisa di sekitar perumahan warga, kebun, dan tempat lainnya yang sesuai untuk ternak. Dengan melakukan hal ini maka hewan ternak akan bersih dan terhindar dari wabah. Sanitasi kandang, peralatan, dan lingkungan ternak dibutuhkan untuk memenuhi suatu standar dan juga undang-undang. 

    Selain untuk memenuhi hal tersebut, terdapat hal utama yang mewajibkan sanitasi dilakukan yakni, agar dapat mengurangi dampak penyakit pada ternak dan manusia akibat beberapa makhluk hidup yang ukurannya sangat kecil dan tidak terlihat yang biasa disebut dengan mikroorganisme. Selain dari adanya faktor tersebut ada faktor lain yang dapat menyebabkan manusia terkena wabah yaitu mulai dari ternak, kemudian lingkungan sekitar.

    Peralatan dari kandang yang perlu dilakukan sanitasi ialah mulai dari tempat minum ternak kemudian tempat makannya. Dilakukan pada saat mengganti dan membersihkan peralatan tersebut.  Ketika kita akan melakukan sanitasi terhadap, peralatan, kandang, dan lingkungan ada hal yang perlu kita perhatikan. Yang pertama yang harus diperhatikan ialah peralatan dengan kandang yang akan diterapkan sanitasi. Berikutnya ialah seperti apa metode yang akan digunakan.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Islam Lampung

    Kemudian, dari apa bahan sanitasi yang akan digunakan. Selanjutnya, harga dari bahan tersebut. Dan yang paling penting ialah pengalaman yang dimiliki pekerja yang menerapkannya. Terakhir ialah memperhatikan seperti apa sifat dari bahan dimana sanitasi akan dilakukan. Banyak hal lain lagi yang perlu diperhatikan dan dilakukan untuk melakukan kegiatan ini.

    Mulai dari sinar matahari, kemudian kandang harus bebas dari yang namanya genangan air, dan terakhir ialah pengaturan untuk masuknya udara. Sinar matahari yang cukup akan menghindarkan ternak dari suatu penyakit. Terutama untuk ternak yang lebih banyak di dalam kandang. Matahari yang mengandung ultraviolet akan dapat membunuh penyakit.

    Dengan mengatur agar sinar tersebut masuk maka kandang dan ternak akan terhindar dari penyakit. Kemudian dengan terbebas dari genangan maka lingkungan ternak tidak akan lembap dan tentunya penyakit tidak akan dapat berkembang. Karena penyakit maupun kuman perlu tempat yang lembap untuk bisa hidup. Dengan memperhatikan hal ini maka, ternak dan orang-orang di sekitarnya akan terhindar dari penyakit. Terakhir ialah pengaturan untuk masuknya udara.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Dengan memperhatikan hal ini maka kemungkinan besar terserang penyakit akan hilang. Karena, udara merupakan bentuk yang tidak terlihat maka, perlu berhati-hati. Sanitasi seperti yang dijelaskan sebelumnya ialah mengutamakan unsur kebersihan. Sedangkan penyakit sendiri biasanya terdapat pada tempat yang tidak bersih. Dengan kata lain unsur dari sanitasi yakni kebersihan merupakan cara yang tepat untuk mengatasi penyakit.

    Oleh karena itu, beberapa kegiatan sanitasi pasti berkaitan dengan kebersihan. Baik kebersihan diri, kemudian kebersihan tempat makan dan juga minum, selanjutnya kebersihan tempat tinggal, dan kebersihan lingkungan sekitarnya. Oleh sebab ini pula, sanitasi dilakukan secara rutin agar dapat menghindari penyakit. Dengan melakukannya setiap hari merupakan salah satu cara menerapkannya secara rutin.

    Dengan melakukan hal ini maka kemungkinan terjadinya penyakit tidak akan ada. Melakukan sanitasi setiap hari akan memberikan kelebihan tersendiri yakni, lingkungan tersebut akan dapat diawasi dengan lebih baik. Dan tentunya perkembangan dari suatu penyakit dapat dilihat jelas. (Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sanitasi Kandang, Peralatan dan Lingkungan Ternak
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    50%

    Komentar