Prinsip Sanitasi Kandang dan Peralatannya

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Proses sanitasi dapat kita artikan sebagai proses pembersihan atau strerilisasi pada kandang hewan atau ternak. Kegiatan ini dapat kita lakukan dengan berbagai tujuan, salah satunya yaitu agar mencegah tumbuhnya kuman akibat kotoran hewan tersebut. Karena banyak hewan termasuk hewan ternak yang menjadikan rumah atau tempat tidurnya sebagai tempat pembuangan kotoran, karena hewan tidak memiliki akal seperti kita manusia.

    Dan sebagai pemilik hewan ternak tersebut, kita harus rajin membersihkan kandangnya, dan tentunya juga akan berdampak pada kesehatan kita. Banyak sekali penyakit yang diakibatkan oleh hewan, misalnya seperti flu burung. Burung merupakan hewan yang hidup di sangkar, bagaimana ia bisa dilepaskan begitu saja karena ia akan bisa terbang dan pergi ke alam bebas.

    Di dalam sangkar itu pula lah ia membuang kotorannya. Sehingga sangkar burung harus rajin dibersihkan, juga untuk menyelamatkan si hewan ternak tersebut. Kuman atau bibit penyakit itu dapat menyerang hewan tersebut dan jika tidak segera ditangani oleh sang ahli, maka bukannya tak mungkin nyawa hewan tersebut akan hilang. Hewan ternak lainnya seperti sapi perah.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Sapi ini menghasilkan susu yang akan diolah dan dikonsumsi oleh masyarakat, hal ini tentunya menambah tingkat kewaspadaan si pemilik ternak, karena susu sapi sangat mudah menarik aroma yang ada di daerah tempat ia tinggal. Selain itu melakukan sanitasi kandang ini juga memberikan manfaat kepada kita manusia, terutama si pemilik ternak.

    Dengan adanya pembersihan atau pensterilan kandang maka hasil dari hewan ternak itu akan lebih baik, dan pastinya hal ini akan menekan harga hasil dari ternak tersebut, misalnya susu sapi tadi. Selain itu tentunya akan meningkatkan kenyamanan si pemilik ternak dan juga masyarakat di sekitarnya, karena bau tak sedap dari kotoran hewan akan hilang, dan udara kembali bersih.

    Untuk memastikan hewan ternak tetap sehat, kita juga harus melakukan serangkaian kegiatan medis atau medical checkup khusus untuk binatang ternak. Dan kita akan membahas prinsip dari sanitasi kandang dan juga peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan sanitasi kandang. Ternyata ada dua prinsip sanitasi kandang yaitu, bersih secara fisik dan bersih secara kimia.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Lampung

    Maksudnya, bersih secara fisik ialah kandang nya telah bersih setelah dilakukan sanitasi, termasuk juga si hewan ternak jadi proses sanitasi ini sebenarnya tidak hanya pembersihan pada kandang tetapi juga pada hewan ternak tersebut.

    Sementara yang kedua, bersih secara kimia artinya bahan atau pun alat yang digunakan untuk melakukan sanitasi ini harus bebas dari bahan kimia yang berbahaya, yang sekiranya memiliki potensi untuk menyakiti hewan ternak tersebut atau bahkan membunuhnya. Jadi sebelum melakukan sanitasi terlebih dahulu kita harus bisa memilih mana bahan yang akan kita gunakan dan juga membersihkan alat – alat yang hendak dipakai agar tidak membawa kuman ketika melakukan sanitasi kandang.

    Dan selanjutnya mari kita bahas peralatan yang digunakan untuk proses sanitasi ini, diantaranya :

    1. Skop
      Yang pertama kita membutuhkan skop, yang nantinya akan kita gunakan untuk mengangkat atau membuang kotoran dari hewan ternak.
    2. Sapu Lidi
      Selanjutnya ialah sapu lidi, alat ini digunakan untuk menyapu kandang dan dapat digunakan untuk membersihkan kotoran hewan yang telah mongering.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Ember
      Ember digunakan untuk menampung air yang nantinya air tersebut akan kita siramkan ke kandang agar menghilangkan bau tak sedap tadi.
    2. Selang Air
      Tentunya selang air ini nantinya akan disiramkan lagi ke kandang untuk yang kedua kalinya, selain itu selang air juga dapat digunakan untuk membersihkan peralatan kandang atau pun peralatan yang digunakan untuk membersihkan kandang.
    3. Sikat

    Jadi dalam kegiatan sanitasi ini, kita juga harus membersihkan hewan ternak tersebut. Dan sikat digunakan untuk membersihkan badan hewan tersebut.

    1. Sabit
    2. Kereta dorong
    3. Cangkul
    4. Tali, digunakan untuk mengikat hewan ternak, agar ketika dibersihkan ia tidak lari.
    5. Semprotan Disinfektan atau Anti-Bacterial

    Itulah tadi artikel tentang prinsip serta peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan sanitasi, semoga bermanfaat. Terimakasih.(Rita)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prinsip Sanitasi Kandang dan Peralatannya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait