Jenis-Jenis Sanitasi dan Hygiene

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Sanitasi, Tanpa sanitasi yang lebih baik - fasilitas yang secara aman memisahkan kotoran manusia dari kontak manusia - orang tidak punya pilihan selain menggunakan toilet umum yang tidak memadai atau untuk melakukan buang air besar sembarangan. Bagi wanita dan anak perempuan, menemukan tempat untuk pergi ke toilet di luar, sering harus menunggu sampai gelap gulita, dapat membuat mereka rentan terhadap pelecehan dan kekerasan seksual.

    Di lingkungan terdekat, kotoran hewan yang terpapar akan ditransfer kembali ke sumber makanan dan air orang, membantu menyebarkan penyakit serius seperti kolera. Di luar masyarakat, kurangnya pembuangan limbah atau sistem pembuangan limbah yang efektif dapat mencemari ekosistem dan berkontribusi pada pandemi penyakit.

    • Sanitasi Dasar

    Pada 2017, JMP menetapkan istilah baru: "layanan sanitasi dasar". Ini didefinisikan sebagai penggunaan fasilitas sanitasi yang ditingkatkan yang tidak dibagi dengan rumah tangga lain. Tingkat layanan yang lebih rendah sekarang disebut "layanan sanitasi terbatas" yang mengacu pada penggunaan fasilitas sanitasi yang lebih baik yang dibagi antara dua rumah tangga atau lebih.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Sanitasi Berbasis Wadah

    Sanitasi berbasis wadah (CBS) mengacu pada sistem sanitasi di mana kotoran manusia dikumpulkan dalam wadah (atau kartrid) yang dapat dilepas yang diangkut ke fasilitas perawatan. Sanitasi berbasis wadah biasanya disediakan sebagai layanan yang melibatkan penyediaan toilet portabel jenis tertentu, dan pengumpulan kotoran dengan biaya yang ditanggung oleh pengguna.

    Dengan pengembangan, dukungan, dan kemitraan yang berfungsi dengan baik, CBS dapat digunakan untuk menyediakan pengumpulan, transportasi, dan perawatan kotoran masyarakat berpenghasilan rendah di perkotaan dengan biaya lebih rendah daripada memasang dan memelihara saluran pembuangan. Dalam kebanyakan kasus, CBS didasarkan pada penggunaan toilet kering pengalih urin.

    • Sanitasi Kering

    Istilah "sanitasi kering" tidak digunakan secara luas dan tidak didefinisikan dengan baik. Biasanya mengacu pada sistem yang menggunakan jenis toilet kering dan tidak ada selokan untuk mengangkut kotoran. Seringkali ketika orang berbicara tentang "sanitasi kering" yang mereka maksudkan adalah sistem sanitasi yang menggunakan toilet kering pengalih urin.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Kristen Indonesia Maluku

    • Sanitasi Ekologis

    Sanitasi ekologis, yang biasa disingkat ecosan, adalah pendekatan, bukan teknologi atau perangkat yang dicirikan oleh keinginan untuk "menutup lingkaran" (terutama untuk nutrisi dan bahan organik) antara sanitasi dan pertanian dengan cara yang aman . Dengan kata lain: "Sistem Ecosan dengan aman mendaur ulang sumber daya tinja (nutrisi tanaman dan bahan organik) untuk produksi tanaman sedemikian rupa sehingga penggunaan sumber daya tidak terbarukan diminimalkan".

    Ketika dirancang dan dioperasikan dengan baik, sistem ecosan menyediakan sistem loop yang aman secara higienis, ekonomis, dan tertutup untuk mengubah kotoran manusia menjadi nutrisi untuk dikembalikan ke tanah, dan air untuk dikembalikan ke tanah. Ecosan juga disebut sanitasi berorientasi sumber daya.

    Kebersihan

    Di beberapa bagian dunia ada sedikit atau tidak ada kesadaran akan praktik kebersihan yang baik dan peran mereka dalam mengurangi penyebaran penyakit. Namun, sering terjadi bahwa bahkan ketika orang memiliki pengetahuan tentang perilaku kebersihan yang baik, mereka tidak memiliki sabun, air bersih dan fasilitas mencuci yang mereka butuhkan untuk membuat perubahan positif untuk melindungi diri mereka sendiri dan komunitas mereka.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Jenis Kebersihan

    Kebersihan Pribadi

    Tujuan dari kebersihan pribadi adalah untuk mempromosikan standar kebersihan pribadi, dalam pengaturan kondisi di mana orang tinggal. Kebersihan pribadi termasuk mandi, pakaian, mencuci tangan dan toilet, perawatan kuku, kaki, gigi, meludah, batuk, bersin, penampilan pribadi, dan penanaman kebiasaan bersih ketika muda.

    Kebersihan Lingkungan

    Ini lagi diklasifikasikan menjadi dua jenis:

    • Kebersihan rumah tangga: kebersihan rumah tangga terdiri dari rumah, penggunaan sabun, kebutuhan udara segar, cahaya, ventilasi, kebersihan dalam penyimpanan makanan, pembuangan limbah, penghindaran hama rumah tangga, tikus, tikus, serangga.
    • Kebersihan Masyarakat: Ini termasuk pembuangan kotoran manusia yang aman, pengendalian vektor yang bertanggung jawab atas penularan penyakit, pengendalian polusi udara dan air.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jenis-Jenis Sanitasi dan Hygiene
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar