Klasifikasi  Perhotelan

Daftar Isi

    Lancang Kuning  - Perhotelan diambil dari kata dasar “hotel”, yang dapat kita artikan sebagai sebuah ruangan atau bahkan kamar yang akan kita tempati selama beberapa waktu dengan membayar sejumlah uang yang telah ditentukan. Sekilas memiliki makna yang sama seperti kos – kosan atau pun kontrakan, tapi kita semua tahu bahwa hotel berbeda dengan kedua hal tadi. Hotel merupakan kamar yang sudah memiliki fasilitas lengkap, sesuai dengan budget yang kita miliki.

    Fasilitasnya terdiri dari AC(Air Conditioner), Televisi, dan masih  banyak lagi. Sedangkan kos – kosan dan kontrakan, ada juga yang dilengkapi dengan peralatan, dan ada pula yang hanya rumah atau ruangan kosong tanpa ada apa – apa. Hotel sangat membantu para pekerja atau seseorang yang sedang bepergian ke luar kota hanya untuk menetap beberapa hari saja, karena ia tak perlu menyewa kontrakan jika hanya satu atau dua hari saja disana. Harga yang ditawarkan setiap hotel pastinya berbeda – beda, ada yang low budget hingga yang paling termahal.

    Tentunya harga yang paling mahal menawarkan fasilitas yang lebih lengkap dan pelayanan yang lebih baik. Dan jika kita menginap di hotel, kita tidak perlu pusing soal konsumsi, karena fasilitas untuk ini pun telah tersedia. Dan juga untuk hotel yang memiliki harga tinggi, mereka tak segan memberikan fasilitas seperti kolam renang.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Mendirikan hotel juga memberikan banyak manfaat, diantaranya yaitu untuk pemilik atau owner hotel tersebut, hotel bisa menjadi ladang penghasilan untuk meningkatkan profit bagi si pemilik hotel. Selain itu, dengan adanya hotel, tentu membuka lapangan pekerjaan. Banyak orang berpikir, bahwa uang sewa atau uang inap di hotel itu mahal padahal harganya sangat inovatif dari yang termurah hingga yang paling mahal. Klasifikasi atau pengelompokan hotel kali ini ialah sebagai berikut :

    Berdasarkan Kelas

    • Hotel Berbintang Satu (*), jenis hotel ini tergolong cukup kecil, karena minimum ruangan atau kamarnya ialah lima belas kamar.
    • Hotel Berbintang Dua (**), jenis yang satu ini lebih besar dan memiliki ruangan minimum yaitu dua puluh kamar.
    • Hotel Berbintang Tiga (***), dan jenis hotel ini memiliki minimum ruang kamar yaitu tiga puluh kamar.
    • Hotel Berbintang Empat (****), hotel dengan bintang empat ini memiliki kamar minimum sebanyak lima puluh ruangan.
    • Hotel Berbintang Lima (*****), ini merupakan hotel terbanyak ruangannya, karena minimum kamarnya ialah seratus ruangan.

    Berdasarkan Besar Hotel

    • Large Hotel, seperti namanya hotel ini berukuran besar dan ruangan kamarnya berjumlah lebih dari enam ratus kamar.
    • Medium Hotel, terbagi menjadi dua bagian, yaitu :
    • Average Hotel
    • Above Hotel

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Sekolah Tinggi Teknologi Nusantara Lampung 

    • Small Hotel, memiliki jumlah kamar kurang dari seratus lima puluh kamar.

    Berdasarkan Lokasi Hotel

    • Di daerah Perkotaan, biasanya hotel jenis ini banyak ditempati oleh para businessman yang sedang memiliki pekerjaan diluar kota.
    • Resort (Pedesaan), biasanya hotel ini digunakan oleh para wisatawan yang sedang melakukan kegiatan berwisata ataupun traveling.

    Berdasarkan Jangka Waktu Penginapan

    • Transit Hotel, biasanya lama penginapan hanya satu hari.
    • Semi Redential Hotel, lama penginapannya mulai dari satu minggu hingga satu bulan.
    • Residential Hotel, biasanya tamu menginap di hotel ini cukup lama, paling sebentar yaitu satu bulan.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Berdasarkan Bentuk Bangunan

    • Motor Hotel alias Motel, jenis hotel satu ini mungkon lebih besar dibanding hotel lain pada umumnya, karena hotel jenis ini difalisitasi oleh garasi untuk setiap kendaraan tamu yang menginap.
    • Cottage, biasanya jenis hotel ini dilengkapi dengan fasilitas penyewaan sepeda, dan mendayung.
    • Pondok Wisata, kalau hotel ini, biasanya sang pemilik akan berbagi ruangan kamarnya dengan tamu yang menginap, dan sistem pembayarannya yaitu harian.

    Setiap hotel memiliki fasilitas yang berbeda – beda, dan kita tinggal menyesuaikan dengan isi dompet pribadi kita. Saya rasa sekian artikel dari saya, Terimakasih.(Rita)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Klasifikasi  Perhotelan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar