Peranan Protista Dalam Kehidupan Sehari Hari

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Organisme dapat dibagi menjadi prokariota, primitif, bentuk kehidupan bersel tunggal tanpa inti sel, dan eukariota yang memiliki inti sel dan mencakup hewan dan tumbuhan. Protista termasuk dalam eukariota, tetapi membentuk kelompok yang sangat beragam yang mencakup segala sesuatu kecuali binatang, tumbuhan dan jamur.

    Beberapa bersel tunggal, sementara yang lain multiseluler, tetapi dibedakan dari non-protista dengan tidak memiliki organ atau jenis jaringan yang berbeda. Meskipun mereka tampaknya tidak memberikan manfaat langsung yang terbukti kepada manusia, mereka memainkan peran ekologis yang penting, dan tanpa mereka, bentuk kehidupan yang lebih maju tidak mungkin berevolusi.

     Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Mereka juga memiliki sejumlah kegunaan penting. Sebagian besar protista bersifat mikroskopis, tetapi beberapa hanya terlihat dengan mata telanjang, dan yang lain dapat membentuk koloni besar dan struktur.

    Mereka termasuk protozoa organisme bersel tunggal bergerak dan berbagai jenis ganggang, seperti diatom kecil, bentuk kehidupan fotosintesis dengan cangkang silika dan rumput laut yang dapat tumbuh hingga 100 kaki (30,5 meter) panjangnya. Meskipun beberapa protozoa bertanggung jawab atas penyakit manusia yang serius, sebagian besar tidak berbahaya, dan protista secara umum sangat penting bagi ekosistem dunia.

    Peran Ekologis

    Alga dan diatom menggunakan fotosintesis untuk memproduksi makanan, menyerap karbon dioksida dari atmosfer dan melepaskan oksigen. Faktanya, ganggang menghasilkan sekitar setengah dari oksigen yang dihasilkan oleh fotosintesis di planet ini.

    Bersama dengan protista lain, mereka membentuk sebagian besar plankton laut yang merupakan level terendah dari rantai makanan laut, dan karenanya merupakan bagian penting dari ekologi laut. Di darat, protozoa tanah membantu pertumbuhan tanaman dengan mengonsumsi bakteri dan melepaskan nutrisi mereka dalam bentuk yang mudah diserap oleh akar.

    Pengolahan air limbah

    Limbah dan bentuk air limbah lainnya dapat menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan manusia, dan menyebabkan kerusakan besar pada ekosistem. Oleh karena itu dikirim ke pabrik pengolahan untuk menghilangkan bakteri berbahaya, bau menyengat dan bahan organik tersuspensi.

    Protozoa memainkan peran penting dalam proses ini dengan memangsa bakteri, dan mengonsumsi sejumlah besar bahan organik, membantu mengklarifikasi air dan menjadikannya aman untuk dibuang.

    Baca juga : Dampak Positif Dan Negatif Pariwisata Di Bidang Sosial

    Protista sebagai Sumber Makanan

    Banyak jenis rumput laut dapat dimakan, dan merupakan sumber makanan penting di beberapa wilayah pesisir. Rumput laut dibudidayakan di beberapa negara, seperti Indonesia dan Filipina, baik untuk makanan dan karena zat berguna yang dapat diekstraksi darinya. Beberapa di antaranya digunakan sebagai zat tambahan makanan, misalnya, sebagai agen pembentuk gel, dan untuk meningkatkan retensi air.

    Manfaat Langsung

    Mungkin saja protozoa membantu mengendalikan populasi bakteri di usus manusia. Ada berbagai macam bakteri yang biasanya ada di usus manusia, dan sebagian besar, bakteri itu bermanfaat, membantu memecah makanan, atau tidak berbahaya. Namun, diperkirakan bahwa protozoa yang memangsa organisme ini dapat membantu menjaga jumlahnya, dan mencegah ketidakseimbangan antara berbagai jenis.

    Penelitian Ilmiah dan Penggunaan Lain

    Protista telah menjadi subjek dari banyak penelitian, tidak hanya untuk meningkatkan pengetahuan tentang organisme itu sendiri, tetapi juga untuk membantu memahami proses biologis yang lebih umum. Cetakan lendir, misalnya, adalah koloni besar organisme mirip amuba yang merayap serentak di atas tanah, kulit pohon, dan permukaan lembab lainnya, memakan berbagai mikroorganisme saat mereka berjalan.

    Mereka tidak biasa karena bukannya terdiri dari sel-sel yang terdefinisi dengan jelas, mereka hanya memiliki sejumlah besar nuklei yang mengambang di dalam cairan seluler, lebih seperti sel besar dengan banyak nuklei. Pada titik tertentu, fase bergerak, seperti hewan, ini berakhir dan cetakan lendir berhenti bergerak untuk membentuk struktur yang melepaskan spora.

    Ahli biologi mempelajari cetakan lendir untuk mempelajari lebih lanjut tentang cara sel berperilaku dan berdiferensiasi. Sisa-sisa diatom juga berguna bagi para ilmuwan. Ketika organisme ini mati, cangkang silika kecil mereka jatuh ke dasar laut atau danau, membentuk sedimen yang dikenal sebagai tanah diatom.

    Spesies yang berbeda, yang dapat diidentifikasi oleh cangkangnya, memiliki preferensi yang berbeda mengenai suhu air, dan dengan mempelajari sampel purba dari tanah diatom, para ilmuwan dapat belajar banyak tentang iklim masa lalu. Ada sejumlah kegunaan praktis lainnya untuk tanah diatom.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Itu berpori, tetapi ruang di antara partikel-partikel yang dibuatnya sangat kecil, sehingga berguna untuk menyaring air, dan cairan lainnya. Ini digunakan dalam banyak sistem penyaringan, dan memiliki keuntungan secara kimiawi sangat lembam, dan dapat digunakan untuk menyaring cairan yang akan bereaksi dengan kertas saring.

    Karena fragmen diatom keras dan sering bertajam, tanah diatom dapat digunakan sebagai abrasif dalam membersihkan serbuk dan pasta. Ini juga ditambahkan ke pakan hewan untuk membersihkan ternak dari cacingan, efek abrasif merusak jaringan cacing, akhirnya membunuh mereka. ( Rinta )

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peranan Protista Dalam Kehidupan Sehari Hari
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar