Ciri Dan Peranan Bakteri Dalam Bidang Agribisnis Dan Agroteknologi

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Mikrobiologi pertanian adalah bidang studi yang berkaitan dengan mikroba terkait tanaman. Ini bertujuan untuk mengatasi masalah dalam praktik pertanian yang biasanya disebabkan oleh kurangnya keanekaragaman hayati di komunitas mikroba. Pemahaman tentang strain mikroba yang relevan dengan aplikasi pertanian berguna dalam peningkatan faktor-faktor seperti nutrisi tanah, ketahanan tanaman-patogen, ketahanan tanaman, efisiensi penyerapan pupuk, dan banyak lagi.

    Banyaknya hubungan simbiosis antara tanaman dan mikroba pada akhirnya dapat dieksploitasi untuk produksi makanan yang lebih besar yang diperlukan untuk memberi makan populasi manusia yang semakin bertambah, selain teknik pertanian yang lebih aman demi meminimalkan gangguan ekologis.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Simbiosis Tanaman-Mikroba

    Strain bakteri hidup bebas, aktinomisetes, jamur, dan protozoa telah bergabung bersama dengan berbagai tanaman untuk menghasilkan hubungan simbiosis yang sering menguntungkan satu atau lebih organisme yang terlibat. Sebagian besar organisme yang mempromosikan pertumbuhan tanaman ini menjajah permukaan akar tanaman, yang dikenal sebagai rhizosfer. Di antaranya, ada tiga kelompok utama inokulan mikroba yang digunakan pada tanaman pertanian:

    1. Jamur Mikoriza Arbuskular (AMF)

    Spesies AMF menghasilkan struktur seperti arbuscules dan vesikel (masing-masing merupakan lokasi transfer dan penyimpanan nutrisi). Mereka juga membangun perancah jaringan hifa di sekitar akar tanaman yang mereka jajah. Spesies AMF sangat berlimpah dan memainkan peran penting dalam ekosistem mereka dengan mempromosikan pertumbuhan tanaman melalui berbagai mekanisme. Simbiosis AMF meningkatkan penyerapan nitrogen dan fosfor oleh tanaman inang. Mereka paling sering ditemukan di tanah atas yang diangin-anginkan dan diolah. Genera umum termasuk Aspergillus, Mucor, Penicillium Trichoderma, Alternaria, dan Rhizopus.

    2. Rhizobacteria Pemacu Pertumbuhan Tanaman (PGPR)

    Kelompok bakteri tanah yang luas ini menjajah akar tanaman yang berkembang. Pertumbuhan tanaman dipromosikan dalam berbagai mode; beberapa bakteri mensintesis hormon pertumbuhan tanaman seperti asam indoleacetic dan auksin lainnya, sementara yang lain memasok tanaman dengan nutrisi dari tanah. Ekspresi fitohormon oleh PGPR juga telah diusulkan untuk mempromosikan pertumbuhan akar melalui peningkatan penyerapan air dan mineral.

    Baca juga :  Besaran Besarann Fisis Gelombang Bunyi

    3. Rhizobia Pengikat Nitrogen

    Nitrogen diatomik rangkap tiga, yang membentuk sekitar 78% dari atmosfer kita, sangat stabil dan tidak dapat digunakan oleh tanaman. Rhizobia simbiotik membentuk nodul anaerob pada akar polong-polongan dan mengekspresikan gen untuk enzim seperti nitrogenase untuk memperbaiki nitrogen menjadi senyawa yang tersedia untuk tanaman inangnya. Nitrogen adalah unsur yang ditemukan di mana-mana dalam asam amino, protein, dan banyak komponen seluler lainnya; bioavailabilitasnya sangat penting untuk pertumbuhan tanaman

    Bakteri Bermanfaat Yang Penting Bagi Pertanian.

    Rizosfer adalah interfase akar tanaman-tanah dan dalam praktiknya terdiri dari tanah yang melekat pada akar di samping tanah yang lepas di sekitarnya. Rhizobacteria pemacu pertumbuhan tanaman (PGPR) adalah agen potensial untuk kontrol biologis patogen tanaman. Strain biokontrol harus mampu melindungi tanaman inang dari patogen dan memenuhi persyaratan untuk kolonisasi yang kuat.

    Sejumlah senyawa yang beracun bagi patogen, seperti HCN, phenazine, pyrrolnitrin, dan pyoluteorin serta, enzim lain, antibiotik, metabolit dan fitohormon adalah cara PGPR bertindak, seperti penginderaan kuorum dan kemotaksis yang sangat penting untuk kompetensi rhizosfer. dan kolonisasi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kehadiran eksudat akar memiliki efek nyata pada rhizosfer di mana mereka berfungsi sebagai sumber energi, mempromosikan pertumbuhan dan mempengaruhi sistem akar untuk rhizobacteria. Dalam kasus tertentu mereka memiliki produk yang menghambat pertumbuhan patogen yang ditularkan melalui tanah untuk keuntungan dari akar tanaman.

    Sumber utama kekhawatiran adalah reproduksibilitas di lapangan karena interaksi yang kompleks antara tanaman (spesies tanaman), mikroba dan lingkungan (kesuburan dan kelembaban tanah, panjang hari, intensitas cahaya, panjang musim tanam, dan suhu). Tinjauan ini mencantumkan sebagian besar genera PGPR yang didokumentasikan dan membahas eksploitasinya.(Bagas)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ciri Dan Peranan Bakteri Dalam Bidang Agribisnis Dan Agroteknologi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar