Peran Enzim Dalam Metabolisme

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Saat ini, ketika Anda membaca ini, ada miliaran reaksi kimia yang terjadi di dalam tubuh Anda. Meskipun mereka terjadi dengan kecepatan kilat di dalam sel, ketika reaksi ini dijalankan di dalam tabung reaksi --- di laboratorium, bukannya di tubuh - reaksi terjadi dengan kecepatan siput. Apa yang menjelaskan perbedaan kecepatan ini? Apa yang dimiliki sel kita, yang tidak dimiliki tabung reaksi? Jawabannya adalah: enzim!

    Enzim adalah fasilitator hebat kehidupan. Mereka menciptakan kondisi yang diperlukan agar reaksi biokimia terjadi dengan cepat. Nama umum yang digunakan ahli kimia untuk entitas kimia yang meningkatkan kecepatan reaksi adalah "katalisator." Enzim adalah katalis biologis - mereka mengkatalisasi reaksi kimia yang bisa terjadi pada makhluk hidup.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Definisi Katalisis

    Pertimbangkan reaksi kimia di mana molekul A berikatan dengan molekul B untuk membuat molekul A-B (A menempel pada B). Di bawah serangkaian kondisi tertentu --- suhu reaksi terjadi pada, tekanan atmosfer, dan konsentrasi reaktan A dan B dan produk A-B --- reaksi ini terjadi pada kecepatan tertentu. Sebagai contoh, 3 molekul A dan 3 molekul B menjadi 3 molekul A-B setiap detik.

    Untuk menyebut sesuatu katalis untuk reaksi ini, dua kriteria harus dipenuhi: Pertama, ia harus meningkatkan kecepatan reaksi --- dari 3 A-B yang dibuat per detik hingga 16A-B, molekul yang dibuat per detik, misalnya. Dan kedua, itu tidak dapat digunakan atau diubah dengan cara permanen oleh reaksi --- itu masih harus ada di sana setelah reaksi selesai. Katalis mempercepat reaksi, tetapi tidak dikonsumsi olehnya.

    Bagian kedua dari definisi katalis ini sangat penting. Jika kita membayangkan memulai api unggun, yang pada dasarnya merupakan reaksi kimia antara kayu dan oksigen, kita tentu bisa mempercepat reaksi dengan membuang seember besar bensin di atas api. Tapi kami tidak akan mengkatalisasi reaksi api. Bensin membuat reaksi berjalan lebih cepat --- seperti yang ditunjukkan oleh alis hangus dan rambut hangus dari siapa pun yang mencoba ini di rumah --- tetapi juga digunakan. Tidak ada bensin di sekitar setelah api padam. Dengan kata lain, bensin di atas api bukanlah katalis.

    Enzim Merupakan Katalis Biologis

    Enzim merupakan katalis yang terlibat dalam reaksi kimia biologis. Mereka adalah "gnome" di dalam diri kita masing-masing yang mengambil molekul seperti nukleotida dan menyatukannya untuk membuat DNA, atau asam amino untuk membuat protein, untuk menyebut dua dari ribuan fungsi tersebut. Mereka sangat penting bagi kehidupan sehingga para ilmuwan tidak puas dengan menyebut mereka katalis, dan harus menciptakan nama baru "enzim".

    Baca juga : Konsep Keseimbangan Benda Tegar

    Peran Enzim Dalam Metabolisme

    Enzim mendegradasi karbohidrat, protein, dan lipid dalam makanan menjadi sub-unit sederhana yang selanjutnya akan dipecah menjadi glikolisis atau dalam siklus asam sitrat.

    Semua energi yang digunakan sel dihasilkan melalui serangkaian reaksi eksotermik yang melepaskan energi. Langkah pertama dalam melepaskan energi ini adalah memecah makromolekul besar yang dikonsumsi sebagai makanan menjadi molekul yang lebih kecil yang dapat dimetabolisme. Enzim memecah karbohidrat, protein, dan lipid dari makanan menjadi sub-unit sederhana.

    Molekul yang lebih kecil ini selanjutnya diuraikan baik dalam glikolisis atau dalam siklus asam sitrat. Enzim adalah molekul biologis yang mengkatalisasi reaksi biologis. Seperti semua katalis, enzim menyebabkan laju reaksi kimia meningkat tanpa dikonsumsi oleh reaksi.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Enzim mempercepat reaksi dengan merendahkan energi pada aktivasi reaksi. Reaksi kimia melalui keadaan transisi atau keadaan antara reaktan dan produk, dan \ Delta {\ rm {G}} ΔG antara reaktan dan produk antara biasanya sangat besar dan positif, yang berarti banyak energi diperlukan untuk membentuk produk setengah jadi. Ini membuat reaksi berjalan sangat lambat. Di hadapan enzim, energi aktivasi jauh lebih kecil, dan reaksi terjadi jauh lebih cepat.

    Ini menggeser kesetimbangan reaksi ke kanan, membentuk lebih banyak produk daripada reaktan. Di dalam tubuh, enzim memecah makanan menjadi sub-unit untuk menyiapkan molekul makanan untuk diurai lebih jauh dalam glikolisis atau siklus asam sitrat selama respirasi sel.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peran Enzim Dalam Metabolisme
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar