Ciri Ciri Dan Klasifikasi Makhluk Hidup

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Biologi adalah ilmu yang mempelajari makhluk hidup. Ini berhubungan dengan apa yang semuanya hidup hal-hal dapat dilakukan, bagaimana mereka melakukannya dan mengapa mereka melakukannya. Dalam biologi, ada selalu hubungan antara struktur suatu organisme, itu fungsi, dan adaptasinya dengan fungsi atau lingkungannya. Biologi juga menangani topik-topik penting seperti populasi, masalah lingkungan serta masalah kesehatan.

    Dalam kursus ini, Anda akan belajar mengidentifikasi berbagai jenis kehidupan hal-hal dan cara mengklasifikasikannya. Sebagian besar dari enam aktivitas dalam hal ini unit hanya akan memakan waktu lima hingga sepuluh menit. Unit ini dibagi menjadi lima bagian Karakteristik organisme hidup B Klasifikasi organisme hidup C Sistem klasifikasi hierarkis D Sistem binomial spesies penamaan

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Kunci dikotomi sederhana

    Ketika Anda telah mempelajari unit ini, Anda harus dapat:

    • buat daftar dan jelaskan karakteristik organisme

    • mendefinisikan istilah nutrisi, ekskresi, respirasi, sensitivitas, reproduksi, pertumbuhan dan pergerakan

    • menguraikan penggunaan sistem klasifikasi hirarkis untuk organisme hidup

    • mengklasifikasikan organisme hidup ke dalam kerajaan, tatanan, kelas, keluarga, genera dan spesies

    • mendefinisikan dan menggambarkan sistem penamaan spesies binomial

    • membuat kunci dikotomis

    • menggunakan kunci dikotomis sederhana berdasarkan fitur yang mudah diidentifikasi.

    Karakteristik organisme hidup

    Aktivitas 1 akan membantu Anda berpikir tentang apa yang membuat makhluk hidup berbeda dari makhluk tidak hidup. Jelas bahwa manusia adalah makhluk hidup. Sebagian besar dari kita menyadarinya tanaman hidup juga, tetapi bagaimana dengan mobil? Mobil butuh bahan bakar, dan bisa lakukan banyak hal yang dapat dilakukan hewan dan tumbuhan. Makhluk hidup individu, seperti binatang atau tumbuhan, disebut sebuah organisme.

    Istilah 'organisme hidup' biasanya digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang menampilkan semua karakteristik makhluk hidup. Aktivitas ini akan memakan waktu sekitar lima hingga sepuluh menit. Apa yang membuat makhluk hidup berbeda dari makhluk tidak hidup? Lihatlah Gambar 1. Lihatlah hal-hal yang hidup dan tidak hidup yang Anda bisa lihat di gambar.

    Karakteristik organisme hidup

    Ada tujuh kegiatan yang membuat organisme berbeda benda tidak hidup. Inilah tujuh karakteristik kehidupan organisme

    1. Nutrisi

    Makhluk hidup mengambil bahan dari lingkungan mereka gunakan untuk pertumbuhan atau untuk menyediakan energi. Nutrisi adalah proses oleh dimana organisme mendapatkan energi dan bahan baku dari nutrisi seperti protein, karbohidrat dan lemak.

    2. Respirasi

    Respirasi adalah pelepasan energi dari semua zat makanan sel hidup. Makhluk hidup memecah makanan dalam sel mereka melepaskan energi untuk melakukan proses berikut.

    Baca juga : Perbedaan Pernapasan Hewan Vetebrata dan Invertebrata

    3. Gerakan

    Semua makhluk hidup bergerak. Sangat jelas bahwa macan tutul bergerak tetapi bagaimana dengan pohon duri tempatnya? Tanaman juga bergerak dalam berbagai variasi cara yang berbeda. Gerakannya mungkin sangat lambat sehingga sangat sulit dilihat.

    4. Ekskresi

    Semua makhluk hidup mengeluarkan. Akibat banyaknya bahan kimia reaksi yang terjadi dalam sel, mereka harus membuang produk limbah yang mungkin meracuni sel. Ekskresi didefinisikan sebagai penghapusan bahan beracun, produk limbah metabolisme dan zat melebihi dari tubuh suatu organisme.

    5. Pertumbuhan

    Pertumbuhan terlihat di semua makhluk hidup. Ini melibatkan penggunaan makanan untuk menghasilkan sel baru. Peningkatan jumlah dan ukuran sel secara permanen disebut pertumbuhan.

    6. Reproduksi

    Semua organisme hidup memiliki kemampuan menghasilkan keturunan.

    7. Sensitivitas

    Semua makhluk hidup dapat merasakan dan merespons rangsangan di sekitar mereka seperti cahaya, suhu, air, gravitasi dan bahan kimia zat. Pelajari tujuh karakteristik organisme hidup ini. Mereka terbentuk dasar studi Biologi. Masing-masing dari karakteristik ini akan dipelajari secara rinci selama kursus. Sementara banyak lainnya hal-hal melaksanakan satu atau lebih dari proses di atas, hanya hidup organisme memiliki semua karakteristik ini.

    Klasifikasi organisme hidup Jika Anda pernah ke perpustakaan, Anda akan tahu betapa lebih mudahnya adalah untuk menemukan buku tentang subjek tertentu jika buku tersebut diatur dalam kelompok subjek. Ketika pustakawan memiliki buku baru untuk ditambahkan ke perpustakaan, ia akan mengelompokkannya dengan buku-buku dengan topik yang sama, sesuai dengan sistem klasifikasi.

    Penggunaan sistem klasifikasi hirarkis

    Para ilmuwan selalu berusaha mengatur dan mengklasifikasikan objek, termasuk organisme hidup, di sekitar mereka. Klasifikasi dapat didefinisikan sebagai organisme pengelompokan menurut kesamaan struktural mereka. Ini berarti organisme yang berbagi fitur serupa ditempatkan dalam satu grup.

    Kelompok-kelompok ini diatur dari kelompok organisme terbesar ke kelompok organisme terkecil. Grup, dari yang terbesar hingga yang terkecil, diatur sebagai berikut: kerajaan, filum (filum jamak), kelas, urutan, keluarga, genus (jamak genera) dan spesies.

    Spesies ini adalah kelompok organisme terkecil. Saat Anda melewati hierarki klasifikasi, Anda akan melihatnya para ilmuwan telah menggunakan fitur yang lebih luas untuk memasukkan organisme ke dalam kerajaan, yang merupakan kelompok organisme terbesar.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Ketika Anda bergerak turun menuju spesies, yang merupakan kelompok terkecil dari organisme, fitur menjadi spesifik. Dengan kata lain, dua organisme milik spesies yang sama memiliki lebih banyak fitur daripada yang ada di kerajaan yang sama tetapi dalam spesies yang berbeda.

    Suatu spesies dapat didefinisikan sebagai kelompok organisme yang serupa fitur, dan organisme ini mampu berkembang biak dan menghasilkan keturunan subur. Anda mungkin menyadari fakta bahwa kuda dan kuda keledai milik kerajaan yang sama, filum, kelas, ketertiban, keluarga serta genus tetapi mereka berasal dari spesies yang berbeda.

    Karena itu, jika a keledai dan kudanya berkembang biak, mereka menghasilkan keturunan disebut bagal. Bagal itu infertil, artinya ia tidak dapat mereproduksi keturunan karena merupakan produk organisme yang berbeda jenis.(Dika)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ciri Ciri Dan Klasifikasi Makhluk Hidup
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar