Langkah Langkah Konversi File Epub

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mungkin diantara kalian belum mengetahui bagaimana cara melakukan konversi suatu file kedalam sebuah epub. Dan sebelumnya epub merupakan sebuah jenis buku yang mempunyai file standar yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan yang bernama international digital forum. 

    Singkat untuk publikasi elektronik, EPUB adalah format e-book gratis terbuka yang paling banyak didukung, dengan pembaca e-book populer seperti Barnes dan Noble's Nook, perangkat yang didukung Apple iOS seperti iPad dan iPhone, Sony Reader dan lebih banyak mendukung standar. Dari pembaca e-book utama di pasaran saat ini, hanya Kindle Amazon yang tidak memiliki dukungan bawaan untuk format EPUB.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Saat ini dalam versi 3.0, standar EPUB pada awalnya dibuat oleh International Digital Publishing Forum (IDPF) pada tahun 2007. Selain EPUB didukung oleh pembaca e-book paling populer, formatnya juga dapat dibaca di perangkat Android melalui aplikasi seperti Moon + Pembaca dan WordPlayer, Windows Phone 7 melalui aplikasi seperti Freda, dan Mozilla Firefox melalui add-on browser seperti EPUBReader dan Okular.

    File EPUB menggunakan ekstensi file .epub. EPUB memungkinkan konten dibuat oleh penulis atau penerbit sekali, melalui berbagai alat dan layanan, didistribusikan melalui banyak saluran, dan dilihat, online atau offline, menggunakan banyak perangkat dan aplikasi yang berbeda. Spesifikasi EPUB membentuk semacam "kontrak" antara pembuat konten dan sistem membaca untuk memungkinkan interoperabilitas ini.

    Itu semua terdengar hebat, tetapi ada beberapa format terkenal lainnya yang memberikan janji interoperabilitas yang serupa; yaitu, PDF dan HTML. Kami memiliki PDF untuk dokumen portabel dan HTML untuk situs web - jadi mengapa kami juga membutuhkan EPUB? Jawaban singkatnya: PDF terbatas pada meniru kertas dan karenanya terlalu membatasi bagi pembaca digital dalam dunia yang semakin multi-layar. Ini juga merupakan silo teknologi terisolasi yang tidak selaras dengan HTML5 dan Platform Web modern (misalnya menggunakan teknologi formulir unik yang dapat diisi dan API skrip).

    Di sisi lain, situs web terlalu umum, tidak dibangun dengan cara apa pun untuk menghasilkan distribusi yang andal, penggunaan offline, atau aksesibilitas yang andal. EPUB memberikan abstraksi dokumen portabel dari PDF berdasarkan Standar Web modern tetapi tanpa batasan PDF untuk hanya mewakili halaman bentuk akhir. Dokumen portabel tidak akan hilang dan EPUB menjadikannya bagian kelas pertama dari Platform Web Terbuka.

    Keuntungan lain EPUB atas PDF dan HTML sewenang-wenang adalah kemudahannya untuk dimanipulasi. EPUB memiliki arsitektur penyimpanan (ZIP) yang sepenuhnya terpisah dari arsitektur kontennya (HTML, CSS, XML, dll.) Sedangkan PDF menjerat konten dan pengemasan bersama dalam format biner lama. ZIP, Web, dan alat XML yang tersedia dapat digunakan untuk membuat dan memanipulasi EPUB.

    Baca juga : Membaca Buku Digital Melalui Readium

    Dibandingkan dengan HTML, EPUB memberikan struktur dan prediktabilitas yang lebih signifikan. Situs web sewenang-wenang tidak memiliki urutan pembacaan yang mapan (tidak ada awal, tengah, dan akhir), tidak ada daftar isi yang dapat dibaca mesin, tidak ada metadata yang terdefinisi dengan baik, dan tidak ada jaminan bahwa semua bagian penyusunnya ada dan dipertanggungjawabkan.

    Itulah kekuatan Web sebagai arsitektur hypertext - arsitektur REST Web didasarkan pada pengiriman konten dinamis "tepat waktu" dan penemuan tautan dinamis. Tetapi itu berarti bahwa menavigasi situs web sewenang-wenang agak seperti menavigasi bangunan yang rumit tanpa peta - sebuah bangunan di mana beberapa "pintu" (tautan) mengarah ke bangunan lain (situs), dan beberapa di antaranya bahkan mungkin tidak terwujud sampai Anda masukkan ruangan (halaman) yang diberikan.

    EPUB memaksakan "peta" tertentu pada publikasi yang memastikan bahwa isinya dapat digunakan secara andal sebagai dokumen portabel. Ini dengan mengorbankan meminimalkan sifat dinamis dari konten, tradeoff penting yang harus dipertimbangkan dalam menentukan apakah akan menyusun konten sebagai dokumen portabel di tempat pertama.

    Ketika Anda akan menerima konten dari berbagai sumber, dan / atau mengirimkannya melalui beberapa saluran, nilai portabilitas tingkat dokumen EPUB bersinar. Tentu saja, jika konten Anda semuanya hidup dalam sistem Wiki atau CMS, kemungkinan strukturnya lebih teratur yang dipaksakan oleh sistem tersebut.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Jika itu OK untuk kebutuhan Anda, maka keuntungan EPUB ini mungkin tampak tidak membantu. Dan untuk mengkonversikan sebuah file ke dalam Epub bisa dilihat seperti berikut:

    • Install terlebih dahulu aplikasi Calibre (pembuat buku)
    • Simpan file dengan format docx/pdf
    • Masuk ke dalam aplikasi Calibre
    • Pilih Add books
    • Klik menu Add Metadata
    • Tunggu hingga selesai
    • Lalu pilih Convert Books
    • Klik Ok, dan tunggu proses selesai(Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Langkah Langkah Konversi File Epub
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar