Membaca Buku Digital Melalui Readium

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada awal 2017, IDPF diserap ke dalam World Wide Web Consortium (W3C), yang bertanggung jawab untuk HTML dan Standar Web lainnya. Dengan demikian pengembangan standar untuk EPUB dan teknologi penerbitan lainnya untuk Platform Web sekarang terjadi dalam W3C. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Menerbitkan @ W3C .

    Sejumlah anggota dan kontributor Readium Foundation berpartisipasi dalam kegiatan Publishing @ W3C untuk membantu memastikan koordinasi. Tata Kelola Yayasan Readium adalah oleh dewan direktur yang dipilih oleh perwakilan dari organisasi anggotanya.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Proyek ReadiumJS

    Apa status dukungan lintas-peramban dalam solusi berbasis web Readium?

    Implementasi ReadiumJS asli dirancang untuk bekerja pada browser modern (HTML5). Aplikasi Readium Chrome, yang didasarkan pada basis kode itu, hanya berfungsi di browser Google Chrome. Namun, Readium Cloud Reader adalah / adalah implementasi EPUB 3 lengkap yang berjalan di Google Chrome, Firefox, Safari, Microsoft Edge dan Opera pada dasarnya semua platform yang didukung oleh browser tersebut.

    Readium saat ini sedang mengerjakan penggantian untuk fungsionalitas berbasis browser ReadiumJS. Saat ini disebut "Readium Web" (meskipun nama ini dapat berubah). Itu harus siap untuk pengujian dan penyebaran pada paruh pertama 2019.

    Pengembangan Aplikasi Readium

    Apakah "aplikasi uji" Readium dimaksudkan untuk menjadi sistem membaca EPUB tingkat konsumen?

    Tidak, aplikasi yang dikembangkan sebagai bagian dari dukungan untuk berbagai platform dimaksudkan hanya untuk pengujian dan demonstrasi. Mereka tidak dimaksudkan sebagai aplikasi komersial. Setiap orang tentu saja dapat mengkloning / fork basis kode dan mengembangkan aplikasi komersial seperti itu, tetapi ini bukan mandat Readium.

    Bisakah Readium "aplikasi uji" membuka eBook yang dilindungi DRM?

    Iya dan tidak. Aplikasi asli iOS dan Android DO mendukung LCP sehingga mereka dapat membuka publikasi yang dilindungi dengan teknologi itu. Namun, ada banyak infrastruktur yang terkait dengan penjualan / peminjaman eBuku dengan DRM yang berada di luar jangkauan untuk aplikasi pengujian. Infrastruktur ini tidak diterapkan di aplikasi uji.

    Di sisi lain, aplikasi pengujian berbasis browser (yaitu Readium Web dan Readium Desktop) tidak memiliki rencana untuk mendukung DRM. Secara umum, aplikasi JavaScript terlalu mudah untuk dikompromikan, jadi menggunakan DRM di peramban tidak masuk akal dan Readium tidak memiliki rencana untuk mengimplementasikan dukungan tersebut.

    Baca juga : Mempublikasikan Buku Digital di Toko Buku Digital

    Apakah aplikasi pengujian Readium mendukung format publikasi lain selain EPUB?

    Ya, dengan beberapa peringatan. Di luar kotak, Readium SDK dan utilitas mendukung EPUB (2.x - 3.x). Mereka juga memiliki dukungan bawaan untuk manifes WebPub dan telah dirancang untuk membuat dukungan untuk format lain menjadi lebih mudah. Yang mengatakan, format lain ini saat ini bukan rekomendasi W3C sehingga mereka adalah sesuatu yang menjadi target yang bergerak. Tetapi desain Readium sedemikian rupa sehingga mendukung standar baru ini harus jelas. Beberapa prototipe telah dikembangkan.

    Apakah aplikasi pengujian Readium mendukung format publikasi lain seperti PDF?

    Tidak saat ini. Kami telah mempertimbangkan untuk mendukung PDF, tetapi sebagai upaya open-source kami bergantung pada sukarelawan untuk menyediakan sumber daya untuk melakukan hal tersebut. Saat ini, upaya semacam itu tidak ada dalam ruang lingkup kami.

    Apakah aplikasi uji Readium dapat diakses?

    Iya! Dukungan aksesibilitas dasar telah diterapkan. Kami terus bekerja secara aktif untuk meningkatkan dukungan itu. Readium menyambut semua laporan tentang area di mana kami dapat meningkatkan dukungan kami dan terutama menyambut setiap kontribusi untuk pengembangan dan pengujiannya.

    Apakah aplikasi uji Readium dilokalkan ke bahasa selain bahasa Inggris?

    Iya dan tidak. Ini sepenuhnya dimaksudkan bahwa semua aplikasi akan memberikan kemampuan untuk dilokalkan. Namun, dukungan ini belum lengkap. Readium bekerja keras untuk menyediakan dukungan ini dan, tentu saja, mengujinya.

    Yang mengatakan, salah satu aspek yang lebih sulit dari upaya pelokalan tersebut adalah lokalisasi sebenarnya dari string itu sendiri. Untuk ini, Readium sangat menghargai kontribusi dari siapa pun dan semua. Jadi tolong bantu kami jika Anda bisa.

    Apakah aplikasi pengujian membagikan kode sumber?

    Sebagian tetapi terbatas pada kode lem platform-independen untuk sebagian besar. Ketika generasi Readium (kedua) saat ini dirancang, kami membuat keputusan eksplisit (setelah banyak diskusi) untuk mengimplementasikan SDK dan utilitas yang berbeda dengan cara khusus platform. Ini didorong oleh keinginan untuk menghindari semua kompromi dan peretasan yang diperlukan untuk kode Readium generasi pertama karena sifatnya yang lintas platform.

    Bisakah saya menggunakan pembaca Web Readium di situs saya sendiri?

    Iya! Dan itu akan relatif mudah. Namun, seperti yang disebutkan di atas, Readium Web sedang dalam proses. Jika Anda ingin membantu, silakan hubungi kami dan bergabunglah!

    Baca juga :  Tempat Wisata di Pekanbaru

    Kode Sumber Readium

    Apakah saya harus mendapatkan lisensi komersial untuk menggunakan kode sumber Readium?

    Benar-benar tidak. Efektif Januari, 2018 semua perangkat lunak Readium dilisensikan secara permisif, sepenuhnya gratis di bawah lisensi BSD 3 bagian dan lisensi berbasis biaya sebelumnya tidak lagi ditawarkan.

    Namun, pengadopsi didorong untuk membantu mendukung pengembangan dan pemeliharaan Readium dengan membayar biaya dukungan tahunan opsional .(Fykral)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Membaca Buku Digital Melalui Readium
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar