Prosedur Kerja Pembuatan Larutan

Daftar Isi

    LancangKuning.comPersiapan solusi standar 1,Metode ini menggunakan labu volumetrik untuk menyiapkan solusi standar. Semua wadah larutan harus dengan hati-hati dilabeli dengan nama Anda, tanggal produksi dan apa yang ada dalam larutan dan konsentrasi.

    Solusi standar: Solusi konsentrasi yang diketahui secara akurat, disiapkan menggunakan zat standar. Konsentrasi dapat dinyatakan dalam kmol / m – 3, mol / dm – 3, atau ppm (ppb).

    Solusi stok: Solusi terkonsentrasi yang digunakan untuk menyiapkan solusi standar encer yang digunakan untuk mengkalibrasi analisis. Anda harus selalu memeriksa apakah ini telah disimpan dengan tepat.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    SOP ini mencakup produksi solusi umum tetapi bukan bahan kimia. Anda harus melakukan penilaian risiko untuk bahan kimia (solusi stok) yang Anda gunakan sebelum mulai bekerja.

    Protokol untuk membuat solusi standar dari solusi stok

    Selalu gunakan peralatan gelas "A" pembersih asam dan pipet bersertifikat. Merupakan praktik yang baik untuk memeriksa volume barang pecah belah dan jumlah yang dikirim oleh pipet menggunakan air Milli-Q dan keseimbangan. Ini terutama benar jika Anda menggunakan pipet variabel. Ini juga merupakan ide bagus untuk membuat volume besar karena ada margin of error yang lebih tinggi. Gunakan bahan kimia reagen analitik (mis. Aristar atau Analar atau yang setara).

    1. Pra-bilas labu volumetrik 3 kali menggunakan air Milli-Q. Simpan sumbat di atas labu kecuali saat menambahkan air atau reagen. Jangan pernah menaruh sumbat tergeletak di atas meja.

    2. Tambahkan air Milli-Q ke dalam labu volumetrik (sekitar 2/3 penuh).

    3. Bilas cangkir gelas kimia dengan larutan stok 2 kali dan kemudian tambahkan larutan stok. Jangan pernah memasukkan pipet ke dalam larutan stok. Jika larutan stok telah disimpan dalam lemari es, berikan waktu untuk mencapai suhu kamar.

    4. Pra-bilas pipet atau tip pipet 2 kali dengan larutan stok yang diambil dari gelas kimia.

    5. Ambil persis jumlah yang dibutuhkan ke dalam labu volumetrik dan sentuh ujung pipet ke dinding labu volumetrik saat dikirim selesai.

    6. Tambahkan air Milli-Q sampai tepat di bawah garis meniskus dan kemudian buat volume dengan bagian bawah meniskus larutan pada garis meniskus menggunakan pipet Pasteur.

    Baca juga : Sifat dan Karakteristik Limbah Non B3

    7. Aduk sampai rata.

    8. Simpan larutan standar dalam botol reagen berlabel (bukan dalam labu ukur).

    9. Keluarkan semua solusi stok sesuai kebutuhan. Jangan pernah memasukkannya kembali ke botol larutan stok.

    Protokol untuk membuat solusi stok dari pereaksi padatan murni berkualitas tinggi

    1. Keringkan reagen padat pada kaca arloji yang bersih, kering oven, pada suhu 105 ºC selama 2 jam dan dinginkan dalam desikator.

    2. Pra-bilas labu volumetrik 3 kali menggunakan air Milli-Q. Simpan sumbat di atas labu kecuali saat menambahkan air atau reagen. Jangan sekali-kali meletakkan 'sumbat' hidung di atas meja.

    3. Beratkan jumlah persisnya dalam kapal pembobot yang lusuh (pertimbangkan nilai kemurnian akun dalam perhitungan). Konsentrasi larutan stok harus ditentukan dalam metode.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    4. Pindahkan bahan kimia tertimbang dengan hati-hati ke corong yang diletakkan di labu ukur. Cuci perahu pemberat dengan porsi kecil air Milli-Q.

    5. Tambahkan air Milli-Q ke dalam labu volumetrik hingga setengah volume dan aduk agar larut. Jangan pernah memanaskan labu volumetrik untuk membantu pembubaran. Jika reagen membutuhkan panas maka lakukan langkah ini dalam gelas kimia yang bersih atau setara.

    6. Lanjutkan penambahan air Milli-Q sampai tepat di bawah garis meniskus dan tingkatkan volume menggunakan pipet Pasteur (seperti di atas).

    7. Aduk sampai rata.

    8. Simpan larutan standar dalam botol reagen berlabel (bukan dalam labu ukur). Kondisi penyimpanan harus ditentukan dalam metode.

    SOP ini tidak relevan dalam kondisi berikut:

    1. SOP tidak mencakup risiko eksperimental spesifik yang harus dicakup oleh penilaian pengguna

    2. Situasi lain di mana prosedur ini dapat membahayakan diri sendiri atau orang lain.(Faisal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prosedur Kerja Pembuatan Larutan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar

    Berita Terkait