Kelebihan Dan Kekurangan Lit

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Kelebihan dan kekurangan yang terdapat dari lit ada beberapa. Namun, sebelum mengetahui kelebihan dan kekurangannya terdapat penjelasan mengenai lit. Lit sendiri ialah seperti sebuah cara atau metode yang dilakukan untuk mendapatkan informasi kelautan baik data, persentase, dan info lainnya. Umumnya, lit diterapkan atau dimanfaatkan untuk mengetahui jumlah dari spesies ikan dan pertumbuhan atau perkembangannya.

    Untuk mengetahui jumlah dan data tersebut perlu melakukan pengambilan informasi dari beberapa komponen di sekitarnya. Karena, sebagian besar ikan bertempat tinggal pada terumbu karang, maka untuk dapat mengetahui perkiraan dari jumlah atau banyaknya ikan pada sebuah kawasan dapat dilihat dari jumlah atau banyaknya terumbu karang pada kawasan tersebut.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Ikan tumbuh dan berkembang pada kawasan karang. Jika terumbu karang pertumbuhannya terganggu akan mengakibatkan penurunan jumlah ikan. Dan sebaliknya jika terumbu karang sebagai tempat tinggal ikan mengalami pertumbuhan yang baik maka jumlah ikan disekitarnya akan bertambah atau perkembangan dari ikan yang terdapat pada kawasan tersebut akan terus meningkat.

    Cara lit menjadi sebuah solusi dari masalah dalam mengetahui perkembangan dan juga pertumbuhan ikan pada suatu kawasan. Dari penjelasan tersebut kita juga dapat mengetahui bahwa, terumbu karang memiliki sebuah fungsi atau kegunaan yang bermanfaat untuk perkembangan dan pengambilan informasi dan data dengan cara lit. Lit memiliki sebuah kelebihan dan kekurangan yaitu sebagai berikut ini. Kelebihan dari lit yaitu data yang didapatkan lengkap dan tentunya akurat, kelebihan ini menjadi sebuah alasan metode lit banyak yang menggunakan.

    Baca juga : Menyisipkan File Audio MP3 Ke Dalam Aplikasi Buku Digital

    Kemudian kelebihan yang lainnya yakni lit dapat kita gabungkan dengan cara yang sama atau mirip. Misalnya seperti belt dan juga sensus ikan. Selanjutnya info mengenai ukuran dan jumlah dari sensus atau koloni ikan dapat diketahui. Cara lit juga dapat bermanfaat untuk dapat menghitung dan memperkirakan  sebuah kerapatan secara relatif. Cara lit menjadi cara yang mudah dan tepat untuk mendapatkan data persen untuk penutupan kuantitas. Jika kita ingin mengulang data yang didapat pada waktu sama, cara lit ini akan menyediakan atau mempersiapkan info baru dari perubahan data yang diulang.

    Cara lit dapat digunakan untuk mengetahui ukuran atau kapasitas dari sekumpulan karang. Karena, karang menjadi tempat tinggal dari sejumlah ikan maka, karang dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui ukuran dan jumlah dari banyak atau sedikitnya ikan. Cara lit juga dapat digunakan untuk mendapatkan data mengenai pola dengan lengkap salah satu pola tersebut ialah pola spasial.

    Selain memiliki kelebihan setiap cara tentunya memiliki kekurangan atau kelemahannya tersendiri. Kelebihan dari cara lit ialah untuk mendapatkan beberapa data dan informasi mengenai kelautan. Sedangkan kekurangan dari cara lit dapat diketahui dari penjelasan berikut ini. Cara lit hanya memiliki tujuan tertentu yang artinya tujuan dari cara lit terbatas. Tujuan dari cara li salah satunya ialah bergantung dengan data persen penutupan maupun kelimpahan yang relatif.

    Karena cara lit merupakan cara yang memanfaatkan pengamatan maka, untuk mendapatkan informasi perlu adanya sesorang yang mencari tahu. Dan untuk mendapatkan informasi tersebut tentunya perlu menyelam kedalam laut. Penyelam yang mencari data tersebut haruslah terlatih. Meskipun penyelam terlatih banyak hal yang dapat merugikan penyelam tersebut selain resiko yang besar penyelam juga perlu berhati-hati terhadap ancaman lainnya. Hal ini menjadi  kekurangan dari cara lit.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Selanjutnya ialah cara lit tidak dapat digunakan atau diterapkan untuk hal-hal seperti perkembangan atau pertumbuhan penduduk. Karena perlu mencari data dengan mengandalkan seorang penyelam maka, perlu waktu yang cukup lama untuk mendapatkan informasi atau data. Dengan demikian memerlukan biaya atau pengeluaran yang lumayan besar. Cara lit tidak baik atau tidak tepat untuk digunakan pada perkiraan persentase untuk spesies kecil.

    Untuk menggunakan cara lit kita memerlukan sebuah keterampilan atau keahlian yang khusus, jika kita menginginkan data sesuai dengan keakuratan tertentu.(Rendy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan Dan Kekurangan Lit
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar