Macam-Macam Media Komunikasi Grafis

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Pada zaman yang milenial ini sudah berbagai macam untuk berkomunikasi. Seperti media komunikasi dengan grafis. Namun apa yang dimaksud dengan media? Media ialah suatu sarana untuk menyampaikan pesan atau bisa juga informasi kepada seseorang ataupun ke publik. Lalu Komunikasi itu apa?

    Komunikasi ialah menyampaikan pesan dari pihak yang satu kepada pihak yang lain yang akan diungkapkan melalui bahasa lisan, tulisan, gambar, isyarat, bunyian dan juga bentuk kode yang mengandung suatu arti dan bisa dimengerti oleh orang lain.

    Lalu apa itu Media Komunikasi Grafis ialah suatu kebutuhan yang tidak dapat untuk dipisahkan dari kehidupan, terutama untuk mereka yang basic nya pada bidang industri dan juga bagian teknologi.  Untuk peranan komunikasi ini yang diembanpun makin beragam seperti informasi umum, pendidikan dan pemantapan identitas.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Macam-macam Media Komunikasi Grafis

    1. Poster
      Ialah yang memuat suatu unsur teks dan gambar atau ilustrasi yang akan dipasang ataupun dipajang pada dinding dan sebagainya. Pada visualisasi untuk setiap unsurnya harus jelas, terperinci, realis, sederhana, dan juga singkat dengan warna yang mencolok sesuai tujuannya, dan gambar yang juga menarik perhatian.
    2. Stiker
      Ialah merupakan produk, jasa, atau juga identitas bahan yang juga dapat untuk dipajang untuk di berbagai tempat. Pada umumnya stiker ini menggunakan bahan kertas vinyl yang mengandung perekat.
    3. Cover Buku
      Ialah merupakan perwajahan atau tampilan awal dari buku yang untuk keterangan isi dan juga bertujuan untuk menarik perhatian masyarakat. Pada umumnya untuk unsur-unsurnya yang akan menggunakan warna, gambar, ilustrasi, pengarang, judul, dan juga penerbit. Ada banyak buku yang dilengkapi dengan unsur teks atau tulisan yang akan memberikan penjelasan singkat tentang isi pada buku.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung

    1. Pembungkus
      Pembungkus ini berfungsi atau digunakan untuk pengaman atau pelindung namun  juga ada berfungsi untuk menjadi daya tarik pada produk.
    2. Selipat / Folder
      Ialah suatu produk atau jasa yang mempunyai beberapa bentuk lipatan. Folder biasanya dilipat untuk bisa menjadi 2 bagian dan di dalamnya yang berisikan leaflet atau brosur yang lainnya untuk sebagai material promosi.
    3. Selebaran atau Leaflet
      Ialah yang dapat dibuat dengan ukuran yang relative kecil dan hanya 1 lembar. Dan untuk penyebarannya akan dilakukan dengan cara dibagikan.
    4. Kop Surat
      Ialah media yang berfungsi untuk sarana surat-menyurat yang di dalamnya akan ada identitas suatu perusahaan atau lembaga tertentu.
    5. Tas Belanja
      Tas belanja ini dilakukan untuk kebutuhan belanja yang pada umumnya yang bersifat sementara, mengidentifikasi identitas untuk perusahaan, toko, dan lembaga, selain untuk daya tarik. Untuk bagian yang luar biasanya akan berisi sebuah logo atau simbol pada perusahaan, yang akan diikuti dengan teks alamat maupun via perusahaan.
    6. Katalog
      Ialah merupakan yang berbentuk sebuah buku yang di dalamnya akan berisi aneka berbagai jenis produk, harga, formulasi, dan juga cara penggunaannya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Iklan surat kabar
      Ialah yang akan dipasang untuk surat kabar. Yang dibuat dengan kolom yang ada pada surat kabar dan akan ditampilkan dengan sangat singkat. Untuk unsur-unsur yang dipergunakan ialah warna, teks, gambar, serta juga informasi yang dimuat dengan secara terperinci.
    2. Iklan Majalah
      Ialah merupakan media komunikasi grafis yang akan dipasang pada sebuah majalah dan akan dibuat sesuai dengan koran yang ada pada majalah tersebut. Untuk unsur-unsur yang digunakan ialah warna, teks, gambar, dan dengan informasi yang dibuat dengan detail.
    3. Spanduk
      Ialah media komunikasi yang bahannya dari kain yang panjang dan akan dipakai dengan dipajang di atas atau di tepi jalan dengan secara horizontal. Untuk pesannya sangat singkat, untuk format lebih relative sempit, dan harus bisa di baca cepat oleh masyarakat. Huruf nya besar dan dengan warna yang lebih mencolok dan komunikatif.
    4. Baliho
      Ialah merupakan yang dibuat dengan bahan triplek yang format nya yang relative besar dan berkonstruksi dengan kayu atau bisa juga dengan bambu. Baliho ini merupakan suatu unsur-unsur yakni warna teks, warna, dan juga ilustrasi singkat dan sederhana dengan waktu tayang lebih relative yang singkat.
    5. Billboard
      Ialah merupakan yang dibuat dari plat ezer yang dengan format nya relative lebih besar dengan konstruksi besi atau permanen yang gunanya untuk menginformasikan produk atau jasa, yang akan menggunakan unsur-unsur warna, teks dan ilustrasi yang singkat dan juga sederhana. Untuk tayang nya lebih relative lama.

    Jadi media grafis tersebut dapat didefinisikan sebagai media yang untuk mengkomunikasikan yang fakta dan gagasan yang secara terperinci dan kuat dengan melalui suatu kombinasi.(Nada)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Macam-Macam Media Komunikasi Grafis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar