Peluncuran Humanity Food Truck 3.0 dan 4.0 Serta ICS

Daftar Isi

    Foto: Peluncuran Humanity Food Truck 3.0 dan 4.0 Serta ICS yang disediakan oleh ACT

    LancangKuning.com, JAKARTA - Pasca banjir dan longsor yang menerjang Kabupaten Lebak, Banten di awal tahun 2020, beberapa wilayah lainnya masih menyisakan duka dan kerusakan parah. Beberapa jembatan hancur sehingga memutus akses yang menghubungkan dua kampung. Tempat tinggal korban juga sudah tidak bisa dihuni kembali.

    Baca Juga: Cegah Virus Corona, Kejati Riau Berlakukan Cek Suhu Badan di Gerbang Masuk

    Untuk memenuhi kebutuhan pangan serta tempat tinggal yang layak bagi warga terdampak, Aksi Cepat Tanggap (ACT) menyiapkan Huntara atau Integrated Community Shelter (ICS). Proses peletakkan batu pertama di ICS sebagai bentuk komitmen ACT dilaksanakan di Desa Sukarame, Kecamatan Sajira, Lebak, Banten (03/03).

    Foto: Peluncuran Humanity Food Truck 3.0 dan 4.0 Serta ICS yang disediakan oleh ACT

    Ibnu Khajar selaku Presiden ACT menyebutkan, “Kami akan membangun hunian-hunian sementara sampai mereka bisa mendapatkan tempat yang layak untuk tinggal, sebagaimana yang kami lakukan untuk korban bencana Lombok dan Palu.”

    Baca Juga: Media Asing: Pemerintah Indonesia Berusaha Tutupi Bahaya Corona dengan Kebohongan

    Sebanyak 52 KK ditargetkan dapat segera menempati hunian sementara yang dibangun dari hasil perhimpunan kepedulian publik. Apabila prosesnya berjalan lancar sesuai rencana, ICS dari ACT ditargetkan rampung dalam kurun waktu sekitar 3 minggu untuk warga terdampak lengkap dengan fasilitas umum seperti mushola, dapur umum, MCK, dan layanan kesehatan. Penghuni ICS dapat menempati huntara dalam jangka waktu 2 tahun hingga maksimal 3 tahun lamanya.

    Foto: Peluncuran Humanity Food Truck 3.0 dan 4.0 Serta ICS yang disediakan oleh ACT

    Selain penyediaan hunian, dalam kesempatan ini ACT juga meluncurkan Humanity Food Truck 3.0 dan Humanity Food Truck 4.0 yang dapat memproduksi hingga dua ribu porsi makanan siap santap. Armada ini semakin melengkapi armada kemanusiaan sebelumnya yaitu Humanity Food Truck 1.0 dan Humanity Food Truck 2.0. Perbedaan dari generasi sebelumnya dilihat dari adanya perubahan suplai dari tabung gas ke alat masak. Penyempurnaan suplai gas dilakukan agar tiap alat dapur dapat maksimal dalam mengolah bahan makanan.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Ahyudin selaku Ketua Dewan Pembina ACT menyampaikan bahwa penambahan armada tersebut diharapkan dapat menjangkau lebih banyak penerima manfaat. Kapasitas yang terus meningkat dari generasi 1 hingga 4 ini juga menjadi komitmen tersendiri dari ACT untuk terus meluaskan kebaikan. Jumlah porsi yang dapat disediakan pun diperbanyak untuk memenuhi kebutuhan pangan, baik untuk warga prasejahtera maupun korban bencana.

    Foto: Peluncuran Humanity Food Truck 3.0 dan 4.0 Serta ICS yang disediakan oleh ACT

    "Humanity Food Truck dari awal hingga sekarang kapasitas masaknya terus bertambah. Kami berharap dapat melayani kebutuhan pangan masyarakat yang lebih luas juga. Dibutuhkan dukungan dari semua pihak termasuk masyarakat umum untuk saling bergandengan tangan membantu para korban banjir di Lebak untuk proses pemulihan dan rehabilitasi mereka pascaberncana.Berbagai aksi kemanusiaan kini telah menunggu Humanity Food Truck 3.0 dan 4.0," pungkas Ahyudin.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Sebelumnya, ACT telah mendistribusikan paket makanan siap santap dari Humanity Food Truck 1.0 dan 2.0 ke beberapa wilayah, salah satunya ke Kampung Seupang, Desa Pajagan, Sajira Lebak. Distribusi menggunakan kendaraan berpenggerak empat roda karena medan yang harus dilalui ke Kampung Seupang tak dapat dijangkau truk berdapur dari ACT ini. Sedangkan proses masak dilakukan di Humanity Food Truck yang diparkir tak jauh dari Alun-alun Sajira.

    Lewat IndonesiaDermawan.id/BangunLebakKembali, ACT mengajak publik seluas-luasnya untuk membangun kembalu kehidupan saudara sebangsa yang terdampak bencana di Lebak, Banten. (LK/Rls)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peluncuran Humanity Food Truck 3.0 dan 4.0 Serta ICS
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar