Macam Macam Power Tools

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Mugkin diantara kalian mengetahui jenis-jenis dari power tools, power tools adalah sebuah peralatan yang memiliki di saat menggunakannya membutuhkan energi listrik dan juga udara, power tools merupakan sebuah alat yang dapat meringankan suatu pekerjaan karena nantinya akan menghemat waktu dan juga tenaga saat dalam pemakaiannya.

    Dan tanpa adanya sebuah energi listrik power tools tidak akan berjalan dengan normal dan mesin di dalam power tools juga menggunakan sifat pemanasan seperti mesin uap yang nantinya akan di lakukan proses pembakaran yang menggunakan sebuah bahan bakar. Jenis-jenis power tools dapat di lihat seperti berikut:

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    • Bor Listrik

    Bor listrik yang dijalin dgn tali digunakan untuk mengebor lubang di logam, plastik, kayu, batu bata, batu, beton, kaca, dan ubin. Berbagai jenis dan panjang mata bor tersedia tergantung pada bahan yang dibor; HSS (Baja Kecepatan Tinggi) bit untuk logam, bit datar untuk kayu, dan bit batu untuk beton. Bit dipegang dalam perangkat penjepit di ujung poros bor yang disebut chuck.

    Beberapa latihan dilengkapi dengan chuck yang tanpa kunci dan dapat dikencangkan dengan tangan, yang lain dilengkapi dengan chuck yang perlu dikencangkan dengan kunci chuck. Hal ini memungkinkan mata bor dikencangkan lebih aman dan bit besar cenderung tidak tergelincir, tetapi chuck pengencangan tangan tanpa kunci lebih nyaman.

    Sebagian besar bor model DIY akan memiliki chuck 1/2 inci (13mm) yang dapat mengakomodasi bor hingga diameter ini, tetapi chuck 5/8 inci (16mm) juga tersedia. Bor ini berkisar daya sekitar 500 hingga 800 watt. 650 hingga 700 watt memberikan daya yang memadai untuk sebagian besar pekerjaan. Jika Anda perlu mengebor lubang di tempat-tempat yang canggung, Anda bisa mendapatkan adaptor chuck miring kanan yang cocok dengan chuck bor.

    Alternatif lain, drive fleksibel juga tersedia. Latihan mungkin memiliki pengaturan kecepatan tetap, 2 pengaturan kecepatan, atau kecepatan variabel tergantung pada seberapa keras Anda menekan pelatuk. Kecepatan variabel paling nyaman karena memungkinkan lubang bor untuk dimulai lebih mudah tanpa sedikit bergerak di semua tempat. Kecepatan yang lebih rendah juga harus digunakan dengan bit berdiameter lebih besar untuk menghindari kepanasan karena gesekan.

    • Bor tanpa kabel

    Alat ini dapat digunakan untuk mengebor lubang pada logam, plastik, kayu, batu dan juga digunakan sebagai obeng listrik untuk sekrup penggerak. Bor tanpa kabel, seperti alat listrik nirkabel lainnya, memiliki kenyamanan bebas dari kabel listrik. Ini berarti tidak ada kabel yang tersandung atau memindahkan kabel ekstensi untuk membuat kendurnya kabel.

    Baca juga : Macam Macam Alat Ukur Hidrolik

    Bor tanpa kabel juga dapat digunakan di tempat-tempat yang canggung, menaiki tangga, dan di atap tanpa ketidaknyamanan dari kelenturan daya dalam segala hal. Keuntungan lainnya adalah bor tanpa kabel lebih seimbang dan mudah digunakan dengan satu tangan, terutama untuk sekrup penggerak. Latihan yang dijalin dengan tali cenderung lebih berat dan sulit digunakan dengan satu tangan.

    Bor tanpa kabel biasanya memiliki chuck pengencangan tangan 3/8 inci (10mm) atau 1/2 inci (13mm). Bor kombinasi memiliki fungsi aksi palu yang memfasilitasi pengeboran lubang pada pasangan bata. Bor tanpa kabel tersedia dengan voltase baterai dari 10,8 hingga 36 volt. Tegangan lebih tinggi berarti lebih banyak tenaga dan torsi untuk mengebor lubang berdiameter lebih besar. Namun, kelemahan dari voltase yang lebih tinggi adalah bor yang lebih berat.

    Gergaji ukir dapat digunakan untuk memotong kayu, logam, plastik, dan bahan lainnya. Berbagai jenis pisau tersedia sesuai dengan bahan yang sedang dipotong.

    • Gergaji Bundar

    Gergaji bundar adalah gergaji bertenaga tinggi (1000 watt hingga 1800 watt) dengan bilah berdiameter 7 1/4 inci (184 mm) atau lebih besar, yang dapat dengan cepat memotong kayu dengan ketebalan hingga 3 1/2 inci (90mm), dan merupakan alat kekuatan penting untuk memotong lembaran kayu. Gergaji bundar akan memberikan potongan lebih "persegi" daripada gergaji karena pisau lebih kaku.

    Gigi besar pada bilah juga membuat pemotongan papan jauh lebih cepat daripada dengan jigsaw yang lebih cocok untuk potongan pendek atau potongan melengkung pada bahan yang lebih tipis. Pagar rip yang dapat disesuaikan dapat dipasang pada gergaji, dan ini berfungsi sebagai panduan untuk memungkinkan papan dipangkas sesuai ukuran.

    Pisau yang memiliki jumlah gigi relatif kecil memberikan potongan yang cepat tetapi lebih kasar. Pisau yang memiliki jumlah gigi kecil yang lebih besar dipotong lebih lambat, tetapi menghasilkan potongan yang lebih halus.

    • Gerinda tangan

    Sudut atau gerinda tangan adalah alat yang sangat berharga untuk memotong logam, plastik, lembaran atap, batu (batu, bata, beton), dan ubin. Anda juga dapat menggunakannya untuk menggiling bahan-bahan ini. Bahan lembaran dan panjangnya bisa dipotong. Alat ini menggunakan disk berputar pada RPM tinggi untuk melakukan aksi pemotongan. Untuk memotong logam, disk yang dapat digunakan yang terbuat dari bahan abrasif digunakan.

    Baca juga : Tempat Wisata di Riau

    Ini tersedia dalam ukuran dari 4 hingga 9 inci dengan diameter sesuai dengan penggiling tertentu. Untuk memotong batu, beton dan ubin, cakram abrasif atau intan dapat digunakan. Disk berlian memiliki umur yang lebih panjang, tetapi lebih mahal. Penggiling sudut bisa berguna untuk memotong barang untuk dibuang di tempat sampah Anda (seperti kursi dan meja dari logam). Pastikan Anda menggiling ujung yang tajam.(Daru)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Macam Macam Power Tools
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar