Persamaan Archaebacteria dan Eubacteria

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Archaebacteria adalah organisme yang bersel tunggal yang sangat berbeda dari bentuk-bentuk lain dari kehidupan modern sehingga mereka menantang para ilmuwan cara hidup mengklasifikasikan. Sampai munculnya genetika dan studi biologi molekuler canggih memungkinkan para ilmuwan untuk melihat perbedaan biokimia utama antara arkaebakteri dan bakteri "normal", keduanya dianggap sebagai bagian dari kerajaan organisme bersel tunggal yang sama.

    "The Kingdom," bagaimana bentuk set hidup berdasarkan struktur sel mereka, secara tradisional termasuk Animalia, Planitia, Fungi, Protista (untuk eukariota-sel tunggal), dan Monera (yang pernah dianggap memiliki semua prokariota). Eubacteria (bakteri) adalah satu organisme mikroskopis bersel satu yang berkembang dalam lingkungan yang beragam. Organisme ini dapat hidup di darat, laut dan di usus manusia.

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Hubungan manusia dengan bakteri sangat kompleks. Kadang-kadang bakteri membantu kami, karena dengan susu Gumpal ke yoghurt atau membantu pencernaan kita. Dalam kasus lain, bakteri yang merusak, menyebabkan penyakit seperti pneumonia dan methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA).

    Karakteristik archaebacteria

    Archaebacteria memiliki sejumlah karakteristik yang tidak terlihat pada jenis sel yang lebih "modern". Ini termasuk:

    1. Kimia membran sel yang unik.

    Archaebacteria memiliki membran sel yang terbuat dari fosfolipid yang terhubung dengan eter, sedangkan bakteri dan eukariota membuat membran sel mereka fosfolipid terkait dengan ester. Archaebacteria menggunakan gula yang mirip dengan, tetapi tidak tidak sama dengan, gula yang digunakan peptidoglikan dalam membran sel bakteri.

    2. Transkripsi gen yang unik.

    Archaebacteria memiliki satu, bulat sebagai kromosom bakteri, tetapi mereka mirip dengan transkripsi gen yang terjadi di dalam inti sel eukariotik. Ini mengarah ke situasi yang aneh bahwa sebagian besar gen yang melibatkan sebagian besar fungsi kehidupan, seperti produksi membran sel, lebih dekat dimiliki oleh Eukarya dan bakteri - tetapi gen yang terlibat dalam proses transkripsi gen terdekat dimiliki oleh Eukarya dan Archaea.

    Hal ini menyebabkan beberapa ilmuwan telah menyarankan bahwa sel-sel eukariotik timbul dari kombinasi archaebacteria dengan bakteri, mungkin ketika archaebacteria mulai hidup endosymbiotic dalam sel bakteri. Ilmuwan lain percaya bahwa eukariota berasal langsung dari archaebacteria, berdasarkan spesies temuan archaebacteria, Lokiarcheota, yang berisi beberapa hanya ditemukan pada eukariota, yang pada eukariota kode untuk gen eukariotik dengan kemampuan unik.

    Diperkirakan Lokiarcheota mungkin merupakan bentuk peralihan antara Archaea dan Eukariota.

    3. Hanya archaebacteria yang mampu melakukan metanogenesis - bentuk respirasi anaerobik yang menghasilkan metana.

    Archaebacteria yang menggunakan bentuk-bentuk lain dari respirasi seluler juga ada, tetapi sel-sel yang memproduksi metana tidak ditemukan dalam Bakteri atau Eukarya.

    4. Perbedaan dalam RNA ribosom yang menyarankan mereka menyimpang dari bakteri dan Eukarya di beberapa titik di masa lalu.

    Karakteristik Eubacteria

    Eubacteria (bakteri) adalah organisme bersel tunggal. Eubacteria tidak mempunyai organel seperti kloroplas dan mitokondria, dan mereka tidak mempunyai inti tetap ditemukan dalam sel-sel eukariotik. Sebaliknya, DNA mereka, ganda untai terus menerus dan melingkar, terletak di nucleoid. Nucleoid yang berbentuk tidak teratur daerah yang tidak memiliki membran inti. Bakteri juga memiliki dinding sel dan membran sel sering terbuat dari peptidoglikan. Bersama-sama, membran sel dan sel dinding yang disebut amplop sel. Banyak bakteri membutuhkan dinding sel untuk bertahan hidup.

    Reproduksi terjadi melalui pembelahan , yang merupakan pemisahan sel bakteri setelah mencapai ukuran tertentu. Bakteri bereproduksi secara aseksual, sehingga dua sel anak yang dihasilkan dari pembelahan biner memiliki DNA sama dengan sel induk. Namun, beberapa bakteri juga dapat bertukar materi genetik satu sama lain dalam proses yang diketahui sebagai mentransfer gen horizontal. Metode ini melibatkan dua bakteri yang sudah ada; itu bukan bentuk transmisi dari orang tua untuk anak-anak.

    Jenis Eubakteri

    Dinding sel juga memungkinkan pewarnaan Gram. Gram adalah metode pewarnaan bakteri yang melibatkan kristal violet pewarnaan, yodium, dan safranin. Banyak bakteri dapat diklasifikasikan ke dalam salah satu dari dua jenis: gram positif, yang menunjukkan noda dan muncul ungu di bawah mikroskop, dan gram negatif, yang hanya menunjukkan counterstains, dan muncul merah. bakteri gram positif muncul violet karena memiliki dinding sel tebal yang perangkap kristal violet-yodium kompleks.

    Baca juga : Sistem Endokrin Pada Hewan Invertebrata Dan Vertebrata

    Dinding sel tipis bakteri gram negatif tidak dapat menahan violet-yodium kompleks, tetapi mereka dapat menahan safranin. Hal ini membuat gram negatif bakteri muncul merah di bawah pewarnaan Gram. Pewarnaan Gram digunakan untuk identifikasi umum bakteri atau untuk mendeteksi keberadaan bakteri tertentu; itu tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi bakteri dengan cara tertentu, seperti di tingkat spesies. Contoh bakteri gram positif termasuk genera Listeria, Streptococcus, dan Bacillus, sedangkan bakteri gram negatif termasuk Proteobacteria, bakteri sulfur hijau dan cyanobacteria.

    Jenis archaebacteria

    Ada tiga jenis utama dari archaebacteria. Hal ini diklasifikasikan berdasarkan hubungan filogenetik mereka (seberapa dekat mereka terkait satu sama lain), dan anggota masing-masing jenis cenderung memiliki karakteristik tertentu. Jenis utama adalah:

    1. crenarchaeota - crenarchaeota sangat toleran terhadap panas.

    Mereka memiliki protein khusus dan biokimia lain yang dapat terus berfungsi pada suhu setinggi 230 ° Fahrenheit! Banyak Chrenarchaeota juga dapat bertahan hidup di lingkungan yang sangat asam.

    2. euryarchaeota mampu bertahan di habitat yang sangat asin. Mereka juga dapat menghasilkan metana, yang tidak dapat dilakukan oleh makhluk hidup lainnya di Bumi!

    Euryarchaeota adalah satu-satunya bentuk kehidupan yang dikenal untuk melakukan respirasi sel menggunakan karbon sebagai akseptor elektron.

    3. Korarchaeota adalah yang paling dipahami, dan dianggap sebagai garis keturunan tertua archaebacteria. Hal ini membuat mereka mungkin organisme tertua di Bumi!

    Korarchaeota dapat ditemukan di lingkungan hidrotermal seperti crenarchaeota. Namun, Korarchaeota memiliki banyak gen yang ditemukan di crenarchaeota dan Euryarcheaota, dan juga gen yang berbeda dari kedua kelompok. Bagi para ilmuwan, ini menunjukkan bahwa kedua jenis archaebacteria mungkin berasal dari nenek moyang yang sama dengan Korarchaeota.

    Persamaan Archaea dan Eubacteria

    Baca juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Meskipun di antara archaea Eubacteria dan memiliki banyak perbedaan yang telah disebutkan di atas. Namun, dua bakteri ini juga memiliki beberapa kesamaan. Catatan di bawah ini.

    1. Keduanya belum memiliki inti / core adalah prokariota

    2. Sama-sama organisme uniseluler (sel tunggal)

    3. Kedua mereka memiliki dinding sel

    4. Kedua mereproduksi dengan membagi sendiri

    5. Sama-sama mempunyai filamen yang sama.(Faisal)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Persamaan Archaebacteria dan Eubacteria
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    16%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    16%

    Marah

    16%

    Komentar