Manfaat Ambil Jurusan Ilmu Komunikasi

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Ilmu komunikasi adalah salah satu jurusan atau program studi yang diminati calon mahasiswa ketika melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Ilmu komunikasi secara umum mempelajari proses penyampaian pesan, baik berupa ide maupun pendapat dari penyampai pesan yakni komunikator kepada komunikan yaitu penerima pesan melalui media, sehingga dapat menimbulkan umpan balik (feed back) atau reaksi tertentu.

    Dalam sejarahnya, ilmu komunikasi mulai berkembang dalam bentuk retorika, yakni seni atau teknik membujuk dengan persuasif sehingga menghasilkan berbagai reaksi baik dalam bentuk argumen maupun emosional. Seiring perkembangannya pula, saat ini ilmu komunikasi bentuk dan teknik penyampaiannya semakin luas, terutama di tengah pesatnya pertumbuhan media.

    Bagian sebagian orang, ilmu komunikasi mungkin dianggap sebagai program studi atau jurusan yang mudah. Padahal, yang dipelajari dalam jurusan ilmu komunikasi bukan sekedar cara berbicara dan menulis dengan baik, melainkan lebih luas daripada itu. Beberapa di antaranya, jurusan ilmu komunikasi memiliki cabang-cabang lainnya seperti jurnalistik, desain grafis, periklanan, fotografi, broadcasting, public speaking, dan lain sebagainya.

    Selain memberikan prospek pekerjaan yang luas, manfaat lain masuk mengambil jurusan ilmu komunikasi untuk dipelajari membantu memudahkan dalam memahami setiap hal yang terjadi saat proses penyampaian pesan berlangsung. Tak hanya itu, ada beberapa manfaat lainnya yang diperoleh jika mengambil jurusan ilmu komunikasi sebagai program studi, di antaranya adalah sebagai berikut ini:

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    Open Minded

    Umumnya, mahasiswa jurusan ilmu komunikasi senang berbicara dan menyampaikan pendapatnya untuk membentuk hubungan maupun relasi. Sebab itu, jurusan ilmu komunikasi memberikan manfaat kepada mahasiswanya untuk berpikiran terbuka dengan menerima dan memberikan pendapat untuk menciptakan suatu hubungan yang baik.

    Aktualisasi Diri

    Tidak sedikit orang yang sukses di dunia karena kemampuan dalam mengkomunikasikan diri dengan baik di tengah masyarakat. Dengan demikian, jurusan ilmu komunikasi memberikan manfaat dalam mengkomunikasikan diri sebagai aktualisasi diri. Tidak hanya dalam bentuk perkataan, namun termasuk dengan tindakan secara nyata.

    Manfaat Ciptakan Hubungan Berkualitas

    Putusnya suatu hubungan seringkali disebabkan oleh sedikitnya intensitas komunikasi. Akibatnya, kesalahpahaman sering terjadi hingga menyebabkan sebuah hubungan terputus. Dengan menjadi mahasiswa jurusan ilmu komunikasi, kamu mendapat manfaat dalam menciptakan relasi maupun hubungan pribadi yang berkualitas karena adanya kemampuan berkomunikasi yang baik secara verbal maupun non verbal.

    Jadi Pembicara dan Pendengar yang Baik

    Tidak hanya mengajarkan tentang menulis dengan baik melalui teknik 5W1H, dengan mengambil jurusan ilmu komunikasi kamu akan mendapatkan manfaat untuk menjadi pembicara maupun pendengar yang baik di kehidupan sosial dalam keseharian kamu.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Stkip Bina Bangsa Meulaboh

    Paham Teori Sebab Akibat (Cause and Effect)

    Ilmu komunikasi bukan cuma mengajarkan segala hal terkait media, melainkan juga tentang memahami sesuatu berdasarkan alasan dan fakta. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan manfaat berpikir secara kritis melalui teori sebab yang mengakibatkan sesuatu hal terjadi yang berguna ketika kamu berkarir di dunia kerja.

    Melek Teknologi

    Meski tidak mempelajari secara khusus, namun mahasiswa jurusan ilmu komunikasi diharuskan melek dan tidak gagap teknologi. Sebab, teknologi merupakan bagian dari media dalam proses penyampaian pesan. Nah, dengan mengambil jurusan ilmu komunikasi, kamu akan jadi seseorang yang melek teknologi.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    Jadi Narasumber Terpercaya

    Mengambil jurusan ilmu komunikasi sebagai program studi yang dipelajari di perguruan tinggi akan memberikan manfaat menjadi narasumber yang selalu dapat dipercaya. Sebab, jurusan ilmu komunikasi mengajarkan mahasiswanya untuk selalu melakukan double check terkait setiap informasi yang diperoleh. Sehingga, ketika kamu menjadi narasumber, kamu akan dikenal sebagai sumber yang dapat dipercaya dan seimbang.

    Peka Terhadap Lingkungan dan Sekitar

    Selain berbagai hal di atas, dengan mengambil jurusan ilmu komunikasi, kamu akan mendapatkan manfaat menjadi lebih peka dan peduli dengan lingkungan serta kehidupan di sekitar kamu. Rasa peka terhadap lingkungan dan sekitarnya ini akan kamu peroleh ketika mempelajari ilmu jurnalistik yang mengharuskan kamu melakukan peliputan langsung di lokasi terjadinya suatu peristiwa. Dengan begitu, secara tidak langsung, kamu akan merasakan duka dari korban dari suatu peristiwa.

    Nah, demikian beberapa manfaat yang bisa diperoleh jika kamu mengambil jurusan ilmu komunikasi untuk ditekuni di perguruan tinggi. Sebenarnya, ada banyak manfaat lainnya yang bisa diperoleh jika mengambil jurusan ilmu komunikasi. Namun, manfaat utama yang bisa kamu peroleh adalah berbagai skill dan berdialog dengan benar hingga menjalin relasi hingga menjaganya.(V0l1-Yl)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Ambil Jurusan Ilmu Komunikasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar