Ruang Lingkup Desain Komunikasi Visual

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Komunikasi visual adalah proses kreatif yang memadukan seni dan teknologi untuk mengkomunikasikan ide dan informasi secara visual. Seorang perancang visual bekerja dengan berbagai media dan alat komunikasi untuk menyampaikan pesan kepada audiens.

    Sebuah buku dengan gambar berwarna menarik lebih banyak perhatian daripada buku dengan teks sederhana sederhana. Komunikasi Visual adalah tentang mengkomunikasikan ide-ide dengan bantuan alat bantu visual, membuat komunikasi menarik dan mudah dipahami.

    Desainer komunikasi visual adalah desainer grafis khusus yang menggunakan aplikasi perangkat lunak grafis untuk membuat elemen desain visual untuk penerbit, pengembang situs web, dan perusahaan multimedia lainnya. Perusahaan kemudian menggunakan bahan-bahan ini di situs web mereka, bahan cetak, kemasan dan media visual lainnya.

    Perancang komunikasi visual bertanggung jawab untuk merancang desain visual yang mewakili konsep dan tujuan pemasaran perusahaan. Menggunakan program perangkat lunak grafik canggih dan teknologi lainnya, seorang perancang komunikasi visual mampu menciptakan sesuatu yang mendasar seperti brosur atau serumit animasi berdurasi penuh.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Persyaratan Pendidikan

    Gelar Associate 2 tahun di bidang komunikasi visual, seni rupa, atau gelar desain teknis bisa cukup untuk memulai di bidang desain komunikasi visual. Dengan gelar sarjana 4 tahun, Anda dapat meningkatkan peluang kerja Anda. Sekitar 4 tahun, sekolah seni mengharuskan siswa untuk memiliki satu tahun kursus seni dan grafik untuk masuk ke program sarjana mereka. Program gelar desain komunikasi visual sering mencakup kursus dalam bidang seni, desain grafis, pemasaran, tipografi dan aplikasi multimedia.

    1. Dibutuhkan Keterampilan

    Kemampuan untuk menyulap banyak proyek, menjadi pemecah masalah yang kreatif dan bakat konseptual adalah keterampilan yang diperlukan untuk desainer komunikasi visual. Perusahaan tempat mereka bekerja mengharapkan perancang komunikasi visual untuk terbiasa dengan perangkat lunak dan teknologi desain canggih.

    1. Karir dan Pandangan Ekonomi

    Perusahaan yang menawarkan jasa desain khusus, penerbit dan perusahaan periklanan mempekerjakan mayoritas orang yang bekerja di bidang desain grafis. Biro Statistik Tenaga Kerja AS (BLS) mendaftarkan gaji rata-rata untuk desainer grafis sebagai $ 48.700 pada tahun 2017. Pekerjaan desainer grafis diharapkan untuk melihat pertumbuhan lebih lambat dari rata-rata 4% dari 2016 hingga 2026, menurut BLS.

    Baca Juga : Akreditasi Jurusan Kampus Universitas Islam Negeri Alauddin

    1. Karir Alternatif

    Opsi karier serupa meliputi:

    • Artis Multimedia

    Melakukan beberapa tugas desain yang sama sebagai desainer komunikasi visual, seorang seniman multimedia mengkhususkan diri dalam mengembangkan efek dan seni khusus untuk media seperti video, televisi, film dan permainan komputer. Dengan bantuan profesional desain lainnya, mereka membuat sketsa adegan dan membuat gambar, grafik dan animasi menggunakan perangkat lunak komputer khusus.

    Karena portofolio pekerjaan diperlukan untuk ditunjukkan kepada calon pemberi kerja, mendapatkan gelar sarjana dalam bidang seni grafis, grafik komputer atau bidang terkait umumnya diperlukan oleh pengusaha.

    BLS memperkirakan bidang seni dan animasi multimedia akan tumbuh secepat rata-rata, sebesar 8%, selama dekade 2016-2026, sebagian besar didorong oleh permintaan efek khusus film dan video game. Berdasarkan data BLS dari Mei 2017, artis multimedia memperoleh penghasilan rata-rata $ 70.530.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    • Direktur Seni

    Bagi mereka yang tertarik mengoordinasi dan merancang tampilan visual majalah, kemasan produk, surat kabar, dan media lain, menjadi art director mungkin cocok. Direktur seni membantu merencanakan konsep proyek, menetapkan pekerjaan untuk desainer dan seniman, menentukan gambar dan elemen apa yang harus digunakan, mengelola waktu dan anggaran, mengawasi pekerjaan staf dan mengkomunikasikan ide-ide desain kepada klien.

    Untuk memasuki profesi ini, gelar dalam desain atau seni diperlukan, dan pengalaman bekerja sebagai editor, desainer grafis atau bidang terkait lainnya umumnya diperlukan. BLS mengharapkan pertumbuhan pekerjaan rata-rata 5% untuk direktur seni antara 2016 dan 2026. Direktur seni menerima $ 92.500 dalam upah rata-rata, seperti yang dilaporkan oleh BLS pada Mei 2017.(Fauzan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ruang Lingkup Desain Komunikasi Visual
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar